GIGABYTE X570S AORUS MASTER : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

GIGABYTE kini punya seri motherboard terbaru, yaitu X570S AORUS MASTER . Ada banyak hal seru yang bisa ditawarin perangkat ini. Estetika juga bisa menawan, nilai premiumnya kerasa dan potensi performa bisa berharga.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Steam Deck Valve, Hal Yang Perlu Kalian Ketahui : Harga, Spesifikasi & Ketersediaan

Suka atau enggak, seri AORUS selalu bawa nilai lebih bagi konsumen. Dan itu berlaku buat mobo baru X570S AORUS MASTER. Bahkan, kita rasa mobo ini bakal memberikan performa jauh lebih nendang ketika dipasangin dengan Ryzen 5000 series dan GPU Radeon 6000 Series.

X570S AORUS Master

Kalo urusan harga, kita belum tau sih. Cuma pasti enggak datang dengan murah. Enggak ada istilah budget buat perangkat gaming AORUS. Bisa sepadan, dan kita rasa mobo ini lebih ideal buat mereka yang enggak terbatas dengan anggaran.

SPESIFIKASI GIGABYTE X570S AORUS MASTER
CPU Socket AMD Socket AM4
Chipset AMD X570
Memory  4 x DDR4 DIMM sockets supporting up to 128 GB (32 GB single DIMM capacity) of system memory
Support for DDR4 5400(O.C.)
Audio Realtek® ALC1220-VB audio CODEC
ESS SABRE9118 DAC chip
LAN Intel® 2.5GbE LAN chip (2.5 Gbps/1 Gbps/100 Mbps)
Wireless Module Intel® Wi-Fi 6E AX210
BLUETOOTH 5.2
Expansion Slots 1 x PCI Express x16 slot (PCIEX16), integrated in the CPU:
1 x PCI Express x16 slot (PCIEX8), integrated in the CPU:
1 x PCI Express x16 slot (PCIEX4), integrated in the Chipset:
Storage Interface 1 x M.2 connector (M2A_CPU), integrated in the CPU, supporting Socket 3, M key, type 2242/2280/22110 SSDs:
1 x M.2 connector (M2B_SB), integrated in the Chipset, supporting Socket 3, M key, type 2242/2280/22110 SSDs:
2 x M.2 connectors (M2C_SB/M2D_SB), integrated in the Chipset, supporting Socket 3, M key, type 2242/2280/22110 SSDs:
6 x SATA 6Gb/s connectors, integrated in the Chipset:
Back Panel Connectors 1. 1 x Q-Flash Plus button
2. 1 x Clear CMOS button
3. 2 x SMA antenna connectors (2T2R)
4. 1 x USB Type-C® port, with USB 3.2 Gen 2×2 support
5. 5 x USB 3.2 Gen 2 Type-A ports (red)
6. 2 x USB 3.2 Gen 1 ports
7. 4 x USB 2.0/1.1 ports
8. 1 x RJ-45 port
9. 1 x optical S/PDIF Out connector
10. 5 x audio jacks
Form Factor ATX Form Factor; 30.5cm x 24.4cm

Desain

Ok, ada beberapa poin penting yang ditawarin X570S AORUS MASTER ini. Pertama dari desain, AORUS selalu bawa nilai lebih buat nambah estetika. Seperti  advanced thermal guard dihampir semua bagian, termasuk bagian belakang mobo.

X570S AORUS Master

Enggak cuma nambah estetika semata, tapi juga punya fungsi extra kayak melindungi komponen inti. Bahan materinya pun enggak sembarangan, bahkan kita rasa seri ini jadi salah satu mobo terbaik buat urusan ketahanan ketika ngeliat bahan materi yang dibawa

Kemudian hadir pula RGB lighting. Bisa jadi bonus tambahan, bikin mobo makin ganteng gitu. Meskipun preferensi bisa beda sih. Btw, Size mobo ini ATX.

Konektivitas, Slot RAM & Fitur Extra

Poin penting lainnya datang dari konektivitas. X570S AORUS MASTER lengkap banget. Ada total 12 port USB dibagian back panel, termasuk interface USB Type C 3.2 Gen 2 atau standar USB 3.2 Gen 1. Kalian juga bisa pasang USB tambahan di bagian front panel lewat header dengan total USB nyampe 9 port. Lan 2.5 G dan WiFi 6 juga hadir. Bluetooth 5.2 juga ada. Jadi, mobo ini ready buat user modern yang butuh kinerja bandwith besar kayak koneksi 5G tentunya.

X570S AORUS Master

Kalian juga bisa pasang RAM 4 slot dengan total kapasitas nyampe 128GB. Tipe memori ECC juga ngedukung, max dual channel. Dan speed OC memori bisa nyampe 5400 Mhz. Jadi, ketika butuh performa superior, mobo ini bisa ideal.

Ada tombol extra juga dibagian back panel, termasuk tombol Q-Flash Plush dan Clear CMOS Bios. Q-Flash Plush bisa ideal buat update bios tanpa prosesor atau GPU.

Sedangkan Clear CMOS Bios bisa ideal ketika ada masalah pada PC, kayak PC enggak mau boot misal. Lalu ada tombol power juga di mobo. Jadi, kalian bisa nyalain mobo tanpa perlu switch casing.

Storage, PCIe Slot & Fitur Extra

Dukungan storage juga luas, kalian bisa masang M.2 SSD Gen4 nyampe 4 slot. Jadi, enggak ada lagi alesan kalo slot M.2 SSD enggak cukup, karena mobo ini udah bisa segalanya, bahkan kompatibel juga buat M.2 SSD NVMe Gen3 lama. Itu juga termasuk port SATA nyampe 6 slot.

Btw, storage M.2 juga punya cooling bawaan extra, dimana produsen nyebutnya sebagai M.2 Thermal Guard III. Keliatannya menarik buat ngejaga suhu storage tetep ok, meskipun kita perlu ngebongkarnya lebih dalam.

Sedangkan buat slot PCIe, 3 opsi PCIe udah tersedia. Dua slot PCIe x16 tersedia dan dukung multi GPU AMD Crossfire. Satu opsi PCIe x8 juga hadir, dan semua pilihan udah siap dukung PCIe 4.0 dengan kinerja bandwith besar.

Audio

Audio yang ditawarin mobo ini juga enggak kalah menariknya. Chipset ESS Sabre setidaknya bisa ngejamin kalo mobo ini bakal ngasi kualitas audio yang baik. Bahkan ngedukung High-Res musik 32 bit atau Rentang Dinamis Hyperstream nyampe 125dB.

Meskipun, itu bisa relatif ketika punya kebutuhan atau pandangan yang berbeda

Spesifikasi Inti

Hingga pada akhirnya, poin penting yang hadir pada X570S AORUS MASTER ada di spesifikasi inti. Pertama, mobo ini bawa power phase 14+2 dan VRM dengan Power Stage 70A yang enggak bisa dilewatin begitu aja. Jadi, ada isyarat kalo user bisa maksimalin performa prosesor seolah tanpa batasan. OC tinggi bisa jadi tantangannya, meskipun kalian butuh daya besar lewat konektor CPU 8 pin x2.

Tapi jangan khawatir kalo suhu mobo tinggi. Itu karena mobo ini udah punya solusi thermal yang canggih, kayak Fins-Array II, Direct Touch Heatpipe II, dan Thermal Backplate. Setidaknya itu bisa jadi jaminan saat menginginkan banyak hal pada mobo.

Bios juga friendly, mudah buat ngaturnya. Ada beberapa fitur yang ideal buat user, seperti tombol buat ngaktifin XMP, OC tuner buat ngatur OC secara otomatis, atau update bios manual lewat Q-Flash. TPM 2.0 juga ready, jadi kalian bisa upgrade ke Windows 11 nanti dengan mudah.

Ada juga software extra juga, yaitu Gigabyte APP Center. Software ini boleh dibilang command centernya perangkat Gigabyte AORUS. Banyak benefit, kayak update driver atau software extra lainnya. Btw, Update bios sama OC prosesor juga bisa dilakukan pake software ini. Ada juga software OC Easy Tune. Kalian bisa lakuin OC pake software ini, termasuk sistem informasi.

Kesimpulan

Kita rasa X570S AORUS MASTER bakal memberikan benefit besar buat enthusiast yang pengen maksimalin performa prosesor Ryzen 5000 series, termasuk GPU yang dukung PCIe 4.0 tentunya. Desain pun enggak kalah menariknya, ada wibawa besar saat punya mobo ini. Banyak fitur extra juga yang dibawa, termasuk konektifitas yang lengkap.

 X570S AORUS Master

Cuma sekali lagi mobo ini lebih ideal buat user yang punya anggaran besar, apalagi enggak ada pilihan murah buat seri AORUS. Meskipun kita belum tau pasti SRPnya, kisaran harga mungkin sekitar 8 jutaan lebih, tp bisa salah juga. Tunggu ketersediaan dan harga resminya ya.

Jadi, itu dia preview singkat tentang X570S AORUS MASTER dari GIGABYTE ini. Enggak semua sih kita ungkap, cuma yang pasti semoga bermanfaat.

Comments

Related Posts