Steam Deck Valve, Hal Yang Perlu Kalian Ketahui : Harga, Spesifikasi & Ketersediaan

Steam Deck Valve jadi berita besar dan cukup mengejutkan dunia gamer pekan lalu. Alasannya? Ini merupakan konsol game portabel yang dirancang Valve dan membawa kekuatan CPU AMD Zen 2 maupun grafis RDNA2. Era baru untuk gaming mobile yang lebih baik seperti Nintendo Switch tampaknya siap menanti.

Pertanyaannya, berapa sih harga yang ditawarkan Steam Deck Valve ini? termasuk spesifikasi detailnya?

Baca juga : RTX 3060 Bekas Kini Dijual Sekitar 4 Jutaan Di Negeri Tiongkok

Layaknya Nintendo Switch, valve membuka peluang baru untuk gamer yang terkadang enggak punya banyak waktu untuk bermain bersama PC mereka. Kehadiran Steam Deck Valve menjadi solusi yang bahkan punya potensi jauh lebih mneyenangkan dengan kekuatan yang jauh lebih powerful.

Steam Deck Valve

Spesifikasi Inti Steam Deck Valve

Spesifikasi yang ditawarkan tentu bisa jauh lebih baik, dimana konsol ini membawa ukuran layar sekitar 7 inci. Dan hal terpenting lainny ada di spesifikasi inti.  Steam Deck berjalan pada AMD APU yang dibangun dengan dua arsitektur utama AMD: Zen 2 dan RDNA 2.

Spesifikasi Steam Deck Valve
CPU AMD Zen 2
Core count 4-core/8-thread
CPU clock speed 2.4–3.5GHz
GPU AMD RDNA 2
GPU Compute Units 8
GPU clock speed 1–1.6GHz
RAM 16GB LPDDR5 @ 5,500MT/s 32-bit quad-channel
Storage 64GB eMMC / 256GB NVMe SSD / 512GB NVMe SSD
Display 7-inch LCD touchscreen
Resolution 1280 x 800
Refresh rate 60Hz
Audio Stereo speakers, 3.5mm jack, dual mics, USB Type-C/Bluetooth
Connectivity Wi-Fi, Bluetooth, USB Type-C with DisplayPort 1.4 support
Battery 40Whr
Size 11.7 x 4.6 x 1.8-inch (298 x 117 x 49mm)
Weight Approximately 1.47 lbs (669 grams)

Arsitektur Zen 2 sama biasa kita temukan pada prosesor AMD Ryzen 3000 series, dan di dalam Steam Deck terdapat empat core Zen 2 dan memiliki delapan thread, siap dan menunggu kebutuhan game portabel Anda.

Arsitektur RDNA 2 disisi lain juga enggak kalah serunya. Hadir dengan 8 Compute Units (CUs) dengan total 512 core tentu bisa cukup membanggakan. Meskipun bukan jumlah yang besar dari apa yang ditawarkan Xbox Series S hadir dengan 20 RDNA 2 CU, tetapi tampaknya cukup untuk bertahan pada gaming 720p tanpa terlalu banyak kerumitan.

Harga & Ketersediaan

Sedangkan untuk harga, Valve sendiri memberikan beberapa pilihan konfigurasi, khususnya berkaitan dengan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan. Pilihan tersebut diantaranya :

  • $399 atau sekitar 5.8 juta rupiah untuk versi 64GB
  • $529 atau sekitar 7.6 juta rupiah untuk versi 256GB
  • $649 atau sekitar 9.4 juta rupiah untuk versi 512GB

Steam Deck Valve

Sedangkan ketersediaan belum memiliki kepastian. Valve sendiri mengisyaratkan kalau mereka yang tertarik harus menunggu sampai bulan Desember. Dan mereka juga harus reservasi terlebih dahulu.

Kapan ini akan tersedia di Negara Indonesia? Untuk sementara, konsol ini hanya akan tersedia di wilayah tertentu, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Uni Eropa, dan Inggris. Valve mengatakan bahwa itu akan semakin meluas seiring berjalannya waktu.

Comments

Related Posts