Jepang Dobrak Rekor Baru Buat Urusan Kecepatan Internet, Hingga 319 Terabits per detik

Kecepatan internet hari ini kembali membukukan rekor baru, ketika sebelumnya dipegang oleh tim University College London dengan kecepatan hingga 178 terabits per detik. Kini, rekor tersebut dipatahkan oleh orang-orang dari Jepang dengan menawarkan kecepatan hingga 319 terabit per detik (TB/s). Itu berarti, kalian bisa download game Steam library dalam waktu kurang dari hitungan detik.

Baca juga : AMD Update Tambahan Game Yang Siap Dukung FSR, Termasuk Dukungan Untuk Unity & Unreal Engine

Rekor baru dibuat pada garis fiber yang memiliki panjang lebih dari 1.864 mil (3.000 km). Dan paling positifnya, ini kompatibel dengan infrastruktur kabel modern.

Untuk mencapai prestasi yang besar tersebut, para peneliti (dipimpin oleh Benjamin J. Puttnam) membangun sistem transmisi yang sepenuhnya memanfaatkan teknologi multiplexing divisi panjang gelombang dengan menggabungkan teknologi amplifier yang berbeda.

Kecepatan internet

Dengan menggabungkan bandwidth transmisi >120nm, itu memungkinkan 552 saluran multipleks gelombang panjang bisa mengadopsi 2 jenis penguat fiber doped bersama dengan amplifikasi distributed Raman amplification, untuk memungkinkan transmisi sirkulasi sinyal pita lebar.

Serat optik empat inti dengan diameter luar standar 0,125 mm membentang 69,8 km dan diputar 43 kali untuk jarak transmisi akhir 3.001 km, atau kira-kira 1.865 mil.

Semua hal tersebut terungkap dalam makalah yang dipresentasikan pada Konferensi Internasional tentang Komunikasi Serat Optik pada bulan Juni. Ini tentu bisa bisa mengubah segalanya buat masa depan yang lebih baik. Setidaknya itu semua harapan kita bukan?

Comments

Related Posts