“Voyager”, GPU AMD Untuk Smartphone Siap Menanti – Samsung Exynos 2200 SoC Pilihan Awalnya

AMD siap merambah ke ranah Smartphone melalui GPU Radeon RDNA2. Samsung bakal menjadi yang pertama untuk mengadopsi teknologi ini. Bahkan kolaborasi SoC AMD dan Samsung yang akan dipanggil Exynos 2200 akan membawa level baru yang cukup seru untuk diungkap.

Baca juga : Jepang Dobrak Rekor Baru Buat Urusan Kecepatan Internet, Hingga 319 Terabits per detik

Rumor terus berputar dan GPU RDNA 2 untuk ponsel dikabarkan memiliki panggilan “Voyager”. Informasi bocoran Ice Universe telah mengisi beberapa celah lagi tentang produk Exynos yang akan datang.

GPU AMD untuk smartphone

Dalam bocoran tersebut, GPU ini dikabarkan akan dibangun di atas proses 4LPP (4nm, low-power plus) Samsung Foundry, sebuah evolusi lebih lanjut dari teknologi FinFET. Ini juga bisa jadi bagian dari indikasi lanjutan ketika Samsung baru-baru ini bergeser ke produksi proses 4nm sebagai keluarga terpisah dari node 5nm/7nm mereka.

Penggunaan IP grafis AMD oleh Samsung dalam prosesor mobile andalan generasi berikutnya tentu menjadi sesuatu yang dinanti. Terlebih lagi sejak CEO AMD Lisa Su mengungkapnya pada keynote perusahaan di Computex 2020. Dan kebocoran sejauh ini telah melukiskan gambaran kinerja yang menjanjikan.

Kehadiran grafis RDNA2 “Voyager” bakal berhadapan langsung dengan GPU Adreno generasi berikutnya dari Arm, dan perbandingan performa bisa sangat menggiurkan untuk dinanti. Disisi lain, CPU yang akan bersanding dalam satu kesatuan dengan Voyager dikabarkan adalah Qualcomm Snapdragon 895 yang dibangun pada proses 4nm, mungkin 4LPP.

Comments

Related Posts