ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING : Positif & Minusnya I Motherboard Review

Ketika bicara motherboard B550, ada banyak pilihan seru diluar sana yang bisa memberikan kinerja handal, beberapa diantaranya bahkan punya kualitas terbaik dan layak banget buat dimiliki. Salah satunya datang dari ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING yang punya segudang pesona menawan dan banyak nilai unggulan pasti. Meskipun, kayaknya enggak semua orang bisa memiliki mobo ini.

Mengapa begitu? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : GIGABYTE Z590 AORUS Pro AX Preview :Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Segmen gaming jadi tema utama yang dibawa ROG STRIX B550-XE ini dengan beberapa fitur unggulan, diantaranya dukungan storage yang melimpah, networking yang lengkap, kualitas VRM yang sangat baik, power stages yang mencukupi dan tentu aja wibawa besar seri ROG itu sendiri dari sisi estetika.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

Setidaknya, apa yang kami sebutkan bisa jadi tolak ukur kalian saat berencana pengen membelinya. Cuman kalo urusan harga, kalian bakal rogoh kocek cukup dalem nyampe 6.4 jutaan. Mobo ini bahkan jauh lebih mahal dibanding beberapa mobo premium X570, meskipun kalo urusan kinerja sih masih bisa bersaing.

Pertanyaannya, worth enggak sih buat didapetin? Kami rasa relatif, positifnya banyak, minusnya pun ada. Cuma biar lebih nyaman dan pasti, kami bakal ungkap beberapa poin penting mengapa mobo ini bisa layak banget jadi rekomendasi, dan alasan mengapa kalian perlu nyari opsi lain selain mobo ini.

Spesifikasi Asus ROG STRIX B550-XE Gaming WiFi

  • Socket / CPU : AM4
  • Form Factor : ATX
  • Chipset : AMD B550
  • Memory Max : 128 GB
  • Memory Slots : 4
  • Memory Speed : Up To DDR4-5100 Mhz
  • Color : Black
  • PCI-E x16 Slots : 3
  • PCI-E x1 Slots : 2
  • 2 Slots : 2x 2242/2260/2280/22110 M-key, 4x 2242/2260/2280/22110 M-key via ASUS Hyper M.2
  • SATA 6 Gb/s : 6
  • Onboard Ethernet : 1 x 2.5 Gbit/s
  • USB 2.0 Headers : 2
  • USB 3.2 Gen 1 Headers : 1
  • USB 3.2 Gen 2 Headers : 1
  • Wireless Networking : Wi-Fi 6
  • RAID Support : Yes
  • Harga : Rp 6.449.000 (Cek harga terbaru disini)

Nilai Positifnya

Pertama dari sisi positifnya yang keliatan banget itu datang dari desain. antara kualitas, detail finishing maupun desain armor yang melekat atau bahkan RGB lighting keliatan jelas nilai premiumnya. Mahalnya kerasa, yang berarti ada pride tersendiri saat punya mobo ini.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

Armor yang hadir juga enggak Cuma buat nambah estetika, namun juga punya fungsi lain seperti buat ngelindungi perangkat atau heatsink buat ngejaga suhu.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

Kemudian, stabilitas pasokan daya bisa terjamin dengan kehadiran kualitas VRM yang baik dimana ASUS nyebutnya sebagai solusi daya yang powerful. Kehadiran power stages 14 + 2 lewat konektor daya ProCool tentu bisa banget buat ngasi tegangan dan stabilitas yang baik ke prosesor. Disisi lain, CPU dapat narik lebih banyak daya saat di-overclock, yang berarti kalian bisa maksimalin potensi kinerja jauh lebih tinggi.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

Nilai unggulan pasti lainnya adalah dukungan storage yang melimpah. Bahkan ASUS bawa paket besar dengan bonus tambahan Hyper M.2 Card. Artinya bahwa ketika mobo ini udah punya 2 slot M.2 SSD, kalian juga bisa nambah storage berbasis M.2 nyampe 4 slot lewat kartu extra tersebut. Dukungan nyampe Gen4 SSD. Jadi, kalian bisa masang banyak storage kenceng pada mobo ini.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

Konektivitas lengkap, karena enggak cuman nawarin LAN 2.5 Gb/s, kehadiran WiFi 6 juga enggak bisa dilewatin begitu aja, termasuk Bluetooth 5.1.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

Audio pun nyaman dengan kehadiran SupremeFX lewat audio CODEC S1220A, maupun dukungan AI Noise-Cancelling Microphone. Bahkan, ada slot USB Type C khusus buat Audio juga loh di bagian back panel.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

5 Slot PCIe udah tersedia, dimana 2 pilihan bakal ngasih kinerja penuh PCIe 4.0 X16. Itu pun berlaku buat memori nyampe 4 slot yang ngedukung memori tinggi up to 128GB dengan speed bisa nyampe 5100 Mhz. Btw, chipset AMD B550 itu sendiri bakal ngasi kepastian buat dukungan prosesor terbaru nyampe beberapa tahun kedepan. Jadi, punya mobo ini bisa jadi aset berharga tanpa perlu beli  lagi saat prosesor terbaru AMD tiba.

ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING

Cuma itu aja? Enggak juga sih, karena fitur kemudahan pun berlaku. Seperti interface UEFI BIOS yang ramah buat ngatur banyak hal sebelum pergi ke sistem operasi. Update bios juga nyaman, dimana fitur Bios Flashback juga ada. Artinya bahwa kalian bisa update bios tanpa perlu prosesor ataupun memori sekalipun.

Pake mobo itu sendiri juga udah bisa. Dukungan software premium juga berlaku, kayak Armoury Crate buat ngatur banyak hal seperti efek lighting, update software dan sebagainya.

Nilai Minusnya

Tapi sayangnya, harga tentu jadi kendala utama buat pergi. Karena nilai 6.4 jutaan sangat berat banget buat kebanyakan user, apalagi masih dalam itungan mobo dengan chipset mid-range. Pilihan port USB juga terbatas, dan jika kalian pengen port USB yang lebih banyak, mobo X570 dengan harga lebih murah pun ada kok, bahkan dari ASUS sendiri juga banyak.

Disisi lain, sebenernya bonus tambahan Hyper M.2 Card juga agak mubazir. Karena selain nambah harga jadi lebih mahal, enggak semua orang butuh storage yang banyak, apalagi SSD M.2 yang ngedukung Gen4 SSD. Bayangin, budget buat beli SSD aja udah besar, apalagi  nambahnya nyampe 6 slot. Meskipun, suka ada juga sih orang-orang yang butuh slot storage yang banyak buat kebutuhan pembuatan konten misalnya, walaupun sedikit sih.

Seandainya ASUS enggak ngasih paket Hyper M.2 Card ini, kayaknya harga bisa lebih murah dan lebih masuk akal. Malah bisa rekomended banget sebagai salah satu pilihan solid buat kalian pertimbangin. Sejauh ini, itu aja sih sisi minus yang paling besar kami dapetin. Sisanya sih relatif dan masih layak kok jadi taring utama buat nampung hardware modern dengan kinerja tinggi.

Kesimpulan

Hingga pada akhirnya, ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING sebenernya nyenengin banget buat user yang pengen dobrak banyak hal dengan potensi kinerja superior, stabilitas yang nyaman, desain armor yang berwibawa, konektivitas yang lengkap dan dukungan storage yang melimpah. Sesuatu yang jarang ditawarin mobo B550, bahkan fitur AUDIO juga enggak sembarangan.

Cuma ya harga nyesek banget. Karena angka 6.4 jutaan itu mahal buat sebuah mobo B550. Pilihan yang lebih murah dengan estetika keren juga ada, bahkan dari ASUS sendiri. Kayaknya, kehadiran Hyper M.2 Card enggak cuma bonus semata, tapi nambah harga juga jadi segitu. Sekali lagi, agak mubazir juga sih karena enggak semua orang butuh paket storage M.2 SSD yang banyak, meskipun ada juga yang butuh. Seperti kalangan professional dan sebagainya.

Bisa sepadan, namun buat gamer dengan budget ketat kayaknya kalian perlu nyari opsi lain untuk pergi. Cuma jika kalian jadi salah satu orang-orang yang butuh akses besar buat storage, maka mobo ini pasti layak banget buat dipertimbangin.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang Mobo baru ASUS ROG STRIX B550-XE WIFI GAMING. Meskipun enggak semua kami ungkap, yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

Related Posts