FSP HYDRO PTM PRO 850W Review : Powerful & Nilai Efisiensi Terbaik

Ketika PC High end jadi prioritas utama untuk dikejar, maka kalian butuh Power Supply yang handal sebagai modal awalnya. Disinilah, FSP HYDRO PTM PRO 850W hadir untuk memenuhi tuntutan tersebut.

Pertanyaannya, apa sih yang bisa membuatnya sangat menarik untuk dipertimbangkan? Penasaran, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : FSP Hydro G Pro 850W : PSU Handal Pada Harga Yang Lebih Pantas

FSP HYDRO PTM PRO 850W : Apa Yang Kami tahu Sejauh ini

FSP itu sendiri udah sangat dikenal sebagai salah satu produsen PSU handal dan cukup populer. Bahkan, mereka memiliki barisan Power Supply terbanyak yang terdaftar secara resmi di situs 80plus.org. Jadi, setidaknya itu bakal memberikan keyakinan kalau label yang dibawa barisan produk FSP bisa sangat terpercaya.

FSP HYDRO PTM PRO 850W

Nah, bicara mengenai seri HYDRO PTM PRO 850W, kalo dilihat dari nilai harga yang ditawarkan mungkin sangat mahal untuk diungkap. Tentu, bandrol harga sekitar 3 jutaan cukup menyesak di hati budget user dengan anggaran ketat. Untuk itulah, pilihan ini lebih ideal buat mereka yang membutuhkan high-end user yang butuh tenaga extra untuk memenuhi kebutuhan daya besar tersebut.

FSP HYDRO PTM PRO 850W

Desain sih enggak terlalu mewah, malahan mirip dengan apa yang pernah kami coba di Hydro G Pro Series. Meskipun dari tekstur output fan sedikit lebih berbeda. Cuma secara utuh, built quality tetap terjaga dengan baik, bahkan kalian bisa merubah stiker bawaan jadi pilihan lebih berwarna. Tapi apa yang bisa membuatnya berharga adalah kehadiran lapisan konformal yang diklaim bisa memberikan perlindungan tenaga extra dari debu, noda, dan kelembapan.

FSP HYDRO PTM PRO 850W

HYDRO PTM PRO 850W itu sendiri memiliki desain kabel modular sepenuhnya, yang tentu aja bakal memberikan banyak kemudahan dalam managemen kabel. Jadi, kalian bisa memasang kabel yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan agar kabel bisa dirapikan dengan mudah.

FSP HYDRO PTM PRO 850W

Kabel yang rapih berarti estetika tercapai, dan air flow udara dalam case bakal makin efektif membuang panas yang dihasilkan perangkat.

FSP HYDRO PTM PRO 850W

Kabel flat yang ditawarkan PSU ini juga bisa berlaku positif, yang tentu aja enggak merepotkan saat akan menyesuaikan atau mengatur jalur kabel pada case. Dan produsen sendiri menawarkan total 32 konektor, yang terbagi menjadi :

ATX 20+4 4+4 PIN PCI-E 6+2 SATA Molex (PERIPHERAL) Floppy
Cable Connector 1 3 8 14 5 1

Garansi yang ditawarkan HYDRO PTM PRO 850W juga sangat panjang hingga 10 tahun melalui distributor utama di Indonesia berada di tangan Nusantara Jaya Teknologi. Jadi, ada kepastian yang sangat baik mengenai garansi, yang berarti bakal memberikan kepercayaan lebih bagi konsumen saat akan membelinya.

Pilihan Konfigurasi

Sedangkan untuk pilihan konfigurasi, FSP sendiri menawarkan beberapa pilihan kapasitas Watt untuk seri HYDRO PTM PRO yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, baik dari sisi kebutuhan maupun anggaran yang dimiliki. Pilihan tersebut mulai dari kapasitas 650W, 750W, 850W, 1000W dan hingga 1200W. Jadi, kami rasa seri ini bisa memenuhi kebutuhan besar pengguna dalam varian kapasitas watt yang ditawarkan. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa mempelajari lebih detail lewat situs resmi FSP disini.

Detail Spesifikasi

Spesifikasi FSP HYDRO PTM PRO 850W
Model HPT2-850M
Rated Output Power 850W
Form Factor ATX
80 PLUS Certification Platinum
Input Voltage 100-240V
Input Current 11-5.5A
Input Frequency 50-60Hz
PFC Active PFC
Efficiency ≥ 92%
Fan Type FDB Fan, 135mm
Dimensions(L x W x H) 150 x 190 x 86 mm
Protection OCP, OVP, SCP, OPP, OTP, UVP
Harga Rp2.999.000

Seri Hydro PTM Pro itu sendiri memiliki sertifikasi resmi 80 Plus Platinum. Itu berarti perangkat ini akan menghasilkan lebih sedikit panas dan bisa memberikan biaya pengoperasian yang lebih rendah. Artinya bahwa setidaknya ada jaminan kalau PSU ini bakal beroperasi pada efisiensi minimum 92% pada beban 50% saat perangkat sedang bekerja. Perlu dicatat bahwa rating bisa berharga, terlebih lagi sertifikat yang melekat pada perangkat terbukti validasinya.

Secara utuh, PSU ini hadir dengan topologi LLC Full-Bridge lewat desain modul DC-DC. Teknologi ini mungkin masih terhitung baru, dimana kebanyakan produk lama masih mengandalkan Phase Shifted Full Bridge sebagai jembatan paling efektif konversi DC / DC berdaya tinggi. Namun, kehadiran LLC Full-Bridge kini sudah sangat diterima karena bisa memberikan keuntungannya tersendiri bagi konsumen, yaitu nilai efisiensi dan stabilitas yang lebih unggul.

FSP HYDRO PTM PRO 850W

HYDRO PTM PRO 850W itu sendiri memiliki DC output tunggal 12V dengan ouput 850W. itu berarti bahwa perangkat tersebut dirancang buat memberikan daya maksimum hingga 850W sesuai dengan apa yang ditawarkan pada label yang dibawa PSU itu sendiri. Setidaknya ini bisa memberikan pemahaman penting bahwa terkadang label pada kemasan bisa berbeda dengan apa yang ditawarkan pada PSU itu sendiri.

Dan hal terbaiknya, Hydro PTM PRO memiliki sertifikat IEC62368. Artinya ada peningkatan dalam hal safety, baik dari sisi desain dengan dimensi yang lebih kompak dan jauh lebih ideal untuk berbagai penggunaan. Pilihan komponen internal juga solid dengan opsi kapasitor jepang sebagai nilai unggulannya.

Dukungan pendinginan sangat mencukupi, meskipun bukan yang terbaik sih. Dilihat dari ukuran 135 mm pastinya bisa memberikan pendinginan extra, termasuk cukup sunyi saat sedang bekerja penuh. Disisi lain, PSU ini juga punya tombol extra dibagian belakang dengan apa yang mereka sebut sebagai ECO Switch. Fitur ini memungkinkan PSU bisa beroperasi lebih tenang dan menggunakan konsumsi daya yang lebih sedikit.

FSP HYDRO PTM PRO 850W

Dan ya, fan yang ditawarkan punya keunggulan tersendiri dimana produsen menyebutnya sebagai FDB. Ini memiliki fungsi 0dBA yang bakal mengurangi kebisingan dan diklaim memiliki masa pakai yang tahan lama.

Kesimpulan

Jadi, gimana menurut kalian sejauh ini? Detail spesifikasi yang ditawarkan bisa sangat berharga, khususnya ketika berkaitan dengan rating 80+ Platinum, fitur kabel modular, Topologi LLC Full-Bridge demi terciptanya stabilitas maupun efisiensi yang baik dan tentu saja smart fan FDB. Setidaknya beberapa fitur unggulan ini bisa jadi modal positif bagi konsumen yang belum mengetahui secara pasti Hydro PTM PRO.

Disamping itu, produsen juga berani menawarkan garansi panjang hingga 10 tahun. Itu setidaknya bakal memberikan kepastian bagi mereka yang masih khawatir buat urusan ketahanan. Meskipun kalau bicara harga sih relatif, dimana nilai 3 jutaan mungkin sangat mahal buat budget user. Tapi jika dibandingkan dengan pilihan pada produk yang hampir serupa, nilai harga justru terasa lebih terjangkau. Apalagi, seri PTM jadi salah satu pilihan produk high-end FSP yang tentu aja lebih dikhususkan untuk PC yang butuh tenaga extra.

Nah, itu dia ulasan singkat kami mengenai Hydro PTM PRO 850W dari FSP. Meskipun enggak semua kami ungkap, kita harap sih konten ini bisa memberikan informasi positif buat kalian yang masih penasaran dengan PSU tersebut. Jadi, semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts