Acer Swift 3 SF314-42 Laptop Review : Ryzen 5 4500U Lebih Powerful

Acer Swift 3 SF314-42 terbaru dengan prosesor AMD Ryzen 5 4500U bisa jadi kandidat solid untuk sebuah notebook handal yang bisa banget untuk dipertimbangkan. Antara kinerja maupun dukungan mobilitas yang baik tentu enggak bisa dilewatkan begitu saja. Harga disisi lain juga cukup menarik, meskipun sisi minusnya pun hadir.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : HP 14s-dk1001AU Laptop Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan Sepenuhnya

Acer Swift 3 SF314-42 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Acer Swift 3 punya tampilan premium dengan dukungan mobilitas yang baik. Dengan bobot hanya sekitar 1.2Kg dan ketebalan sekitar 1.5cm, itu tentu bisa memudahkan pengguna saat bepergian tanpa harus repot membawanya. Kehadiran sasis logam aluminium dan magnesium-aluminium jadi salah satu alasannya. Ibarat kita punya perangkat yang ringan namun kualitas yang ditawarkan sangat baik.

Acer Swift 3 SF314-42

Meskipun, ada sedikit gradasi warna di bagian cover yang enggak terlalu nyaman menurut kami, seperti warna yang terlihat pucat, khususnya ketika kalian memilih warna pure silver. Saran kita sih mending ambil pilihan warna lain, terlebih lagi produsen memberikan 3 opsi buat urusan tersebut. Pilihan grey kami rasa bisa jadi yang terbaik. Tapi, ini lebih ke masalah preferensi, dan pandangan setiap orang bisa beda-beda.

Acer Swift 3 SF314-42

Harga tentu bisa cukup nyaman kalo dibanding pilihan berbasis Intel, meskipun kalau berbicara nilai enggak murah juga sih dimana seri ini hadir dengan harga mulai dari 9.9 jutaan. Beberapa diantaranya bisa pergi di atas 10 jutaan. Untungnya, harga bisa sepadan dengan apa yang ditawarkan fitur extra pada laptop ini.

Konektivitas & Display

Konektivitas lengkap, meskipun kalau bicara jumlah sih sangat terbatas. Dibagian kiri kalian akan mendapatkan sejumlah port penting, termasuk sebuah port USB type C, USB 3.0, Port HDMI dan port charger. Sedangkan dibagian kanan, sebuah USB 2.0 hadir, termasuk audio jack dan kensington lock. Sayangnya, produsen enggak menyediakan slot SD Card, yang terkadang sangat dibutuhkan untuk storage extra dalam bentuk faktor tersebut.

Acer Swift 3 SF314-42

Buat konektivitas secara wireless, kehadiran Intel® Wireless Wi-Fi 6 AX201 tentu bisa jadi solusi sempurna buat kebutuhan networking tanpa kabel dengan speed kenceng. Malah WiFi tersebut juga dukung dual band, antara 2.4 GHz maupun 5 GHz dan teknologi 2×2 MU-MIMO.

Acer Swift 3 SF314-42

Sedangkan buat display, Acer Swift 3 terbaru ini memiliki ukuran 14” yang sama dengan seri pendahulu, termasuk resolusi FullHD (1920×1080). Itu juga termasuk kualitas layar yang selalu positif menurut kami. Kehadiran panel IPS Comfyview yang bisa memberikan sudut pandang hingga 170 derajat maupun warna yang lebih tajam bisa jadi sesuatu yang menyenangkan saat beraktivitas di depan monitor.

Keyboard & touchpad

Keyboard juga positif dengan setiap huruf yang jelas plus dukungan backlighting yang cerah. Kegiatan pengetikan berlama-lama bisa sangat nyaman, meskipun enggak ada tombol extra numpad. Tombol shortcut untuk navigasi hal extra juga mencukupi, seperti ngatur volume atau kecerahan melalui keyboard.

Acer Swift 3 SF314-42

Touchpad juga bisa jadi perangkat navigasi yang seru, meskipun area yang ditawarkan enggak terlalu luas. Tapi enggak banyak Kendala saat memakai touchpad untuk navigasi. Setiap klik maupun akurasi mencukupi dengan respon yang cepat dan pastinya nyaman.

Audio & Webcam

Audio yang ditawarkan Swift 3 ini sangat baik, bahkan kualitas benar-benar nyaman ketika sedang mendengarkan musik favorit, atau saat sedang nonton video. Acer tampaknya memberikan banyak peningkatan, termasuk tingkat volume yang tinggi pada Realtek audio speaker.

Webcam cukup, meskipun jangan harap kualitas terbaik sih. Itu karena laptop ini bawa HD webcam dengan resolusi 1280 x 720 dengan dukungan recording audio yang cukup jelas, selain video tentunya.

Spesifikasi inti Acer Swift 3 SF314-42

  • Prosesor : AMD Ryzen™ 5-4500U Series six-core processor (up to 3 MB L2 cache, up to 4.0 GHz)
  • OS : Windows 10 Home
  • Display : 14.0″ display with IPS Full HD 1920 x 1080, Wide viewing angle up to 170 degrees
  • Memory : 8GB DDR4
  • Storage : 256GB NVME SSD
  • Graphic : AMD Radeon Vega 6
  • Wi-Fi : Intel® Wireless Wi-Fi 6 AX201 Dual Band (2.4 GHz and 5 GHz), 2×2 MU-MIMO technology
  • Webcam : HD webcam with 1280 x 720 resolution
  • Port : HDMI® port, 3,5mm audio, USB Type-C port, USB 3.2 port featuring power-off USB charging, USB 2.0 port, Media Reader, Fingerprint Reader
  • Battery : 48Wh up to 12 hours
  • Dimension : 323 (W) x 218 (D) x 15.95 (H) mm
  • Weight : 1.2kg
  • Harga : Rp 9.999.000

Buat urusan spek, Acer Swift 3 SF314-42 terbaru ini hadir dengan pilihan prosesor AMD Ryzen 5 4500U. 6 Core dan 6 threads, clockspeed tinggi hingga 4.0 Ghz, L3 cache 8MB tentu bisa jadi pendobrak kinerja yang sangat efektif, bahkan untuk pembuatan konten yang cukup menuntut sekalipun.

Acer Swift 3 SF314-42

Sebagai contoh, pada tes Cinebench R20 prosesor ini memberikan skor yang sangat positif dalam hasil multithread, mampu mengalahkan Intel Core i5-10310U terbaru. Dan itu juga berlaku buat urusan single core.

Acer Swift 3 SF314-42

Urusan rendering juga bisa andalkan ketika mendapatkan skor cepat pada tes Blender dalam skema BMW27 yang mencatat waktu hingga 497 detik.

Acer Swift 3 SF314-42

Nah, selain prosesor yang handal, laptop ini juga bawa iGPU Radeon Graphic Renoir 6 yang cukup baik, bahkan untuk gaming 1080p pun masih berlaku.

Meskipun enggak  disarankan pada game yang menuntut, namun kami coba di PES 2020 nyatanya masih bisa memberikan nilai framerate yang nyaman. Meskipun diatur dalam setting Low.

Acer Swift 3 SF314-42

Sisa spesifikasi mencukupi, enggak kurang, lebih pun tidak. Seperti memori 8GB dengan speed 3200 Mhz, Storage NVMe dengan kapasitas 256GB. Speed kenceng, jadi enggak akan ada lagi masalah loading sistem yang lemot atau transfer data yang efektif. meskipun, kapasitas SSD sangat terbatas sih.

Acer Swift 3 SF314-42

Disisi lain, upgrading sangat terbatas dimana kalian hanya bisa upgrade storage aja, itu pun kalo mau ganti SSD. Produsen enggak menyediakan ruang extra untuk upgrade memori, atau slot extra buat penyimpanan. RAM menyatu dengan motherboard, jadi enggak bisa dilepasin dengan mudah. Enggak ada ruang juga buat slot M.2 tambahan atau storage 2.5”.

Kinerja Baterai

Laptop ini bawa keunggulan tersendiri dalam hal performa baterai, bahkan jadi salah satu yang kami rasa punya kinerja cukup panjang dalam sekali isi. Bayangin aja, idle meskipun masih tersambung WiFi bisa bertahan hingga 13 jam lamanya.

Meskipun saat sedang bekerja kasual, seperti kegiatan office sambil mendengarkan musik atau browsing berkurang hingga 8.48 menit.

Acer Swift 3 SF314-42

Charging cukup cepat hingga 1.45 menit, kalo kegiatan intensif seperti pembuatan konten atau gaming bisa bertahan hingga 5.55 menit atau hampir 6 jam. Itu tentu jadi prestasi tersendiri, bahkan jadi salah satu yang terbaik dari sekian banyak laptop yang udah kami coba buat urusan baterai.

Kesimpulan

Gimana sejauh ini menurut kalian? Acer Swift 3 SF314-42 pada dasarnya layak banget sebagai salah satu laptop handal yang enggak cuma hebat dalam hal kinerja, namun punya dukungan mobilitas yang sangat baik. Disisi lain, kualitas layar, audio maupun kinerja baterai juga jadi sesuatu yang menggoda pengguna sebagai nilai unggulan extra yang dibawa laptop terbaru Acer ini.

Sayangnya, upgrading sangat terbatas, seperti enggak ada slot memori yang tersedia maupun slot extra penyimpanan. Jadi, kalian harus puas dengan kapasitas RAM 8GB. Disisi lain, slot SD Card juga enggak tersedia, yang terkadang punya manfaat tersendiri tanpa harus beli perangkat extra.

Namun, minus enggak terlalu berarti buat performa secara utuh, termasuk sajian estetika yang positif. Sistem operasi Windows 10 juga udah tersedia, meskipun tanpa banyak bonus besar didalamnya.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang laptop terbaru Acer Swift 3 SF314-42. Meskipun belum kita ungkap semuanya, yang pasti semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts