Apacer Panther 16GB DDR4 3200 Mhz Review : Price To Performance Yang Berharga

Punya desktop memori kapasitas besar pada harga terjangkau dan performa nendang tentu bisa jadi idaman semua orang. Nah, ketika kalian mencari salah satu pilihan solidnya, maka Apacer Panther 16GB DDR4 3200 Mhz bisa jadi salah satu opsi ideal untuk memulai. Antara harga dan kinerja jadi nilai unggulan pasti, bahkan overclocking pada memori ini juga sangat memungkinkan

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : SSD Review : Kenceng, Stabil, Harga Lebih Murah Feat Apacer AS2280Q4 M.2 PCIe Gen4 500GB

Apacer Panther 16GB DDR4 3200 Mhz Review : Apa Yang Kami ketahui Sejauh ini

Desain sih mungkin relatif, minus enggak, yang pasti cukup nyaman. Sajian warna hitam dengan icon panther yang berwarna emas kami pikir bukan kombinasi sempurna, coba kalo warnanya orange atau merah, pasti makin menarique.

Apacer Panther 16GB

Cuman itu sih masalah preferensi, dan setiap orang pasti punya preferensi berbeda. Untungnya, produsen memberikan opsi berbeda juga buat urusan warna, khususnya untuk icon dari panther itu sendiri, mulai dari warna emas, putih, atau sajian all gold yang jauh lebih istimewa. Enggak ada dukungan RGB lighting, dan ini bisa ideal buat pengguna yang pengen tampilan unik tanpa RGB.

Apacer Panther 16GB

Apacer Panther itu sendiri punya bentuk heatspreader yang cukup istimewa, termasuk build quality yang baik. Bentuk Claw-Shaped Design ngasi karakteristik unik yang diklaim punya kinerja positif untuk membuang panas lebih efektif.

Apacer Panther 16GB

Produsen sendiri memberikan lifetime warranty, sedangkan distributor resmi di Indo itu ada di tangan  E-Media Devices. Terkadang, kalian juga perlu tahu distributor atau tanyain buat kepastian. Karena jika ada kalo kendala, kalian udah bisa bergerak cepat.

Spesifikasi & Konfigurasi

  • Frequency/Capacity/Voltage/Cas Latency : 3200MHz /1.35V/16-18-18-38
  • Memory Architecture :x8 FBGA DRAM chip
  • Intel XMP 2.0 : yes
  • PIN  : 288-pin
  • Certificate : RoHS, CE, FCC, RCM, VCCI, JEDEC
  • Package : 
  • Dual Channel Package
  • Warranty : lifetime
  • Harga : Rp 1.000.000

Buat urusan konfigurasi, Apacer Panther bawa varian kapasitas yang lengkap mulai dari 4GB, 8GB, 16GB dan 32G. Sedangkan speed yang ditawarin berlaku mulai dari 2400Mhz hingga 3200Mhz.

Nah, kami pake pilihan yang dirasa bisa jadi sweet spot sebagai modal awal yang ideal untuk PC modern, yaitu 16GB DDR4 3200 Mhz. Kapasitas besar, dan hal terbaiknya kalian enggak usah ngeluarin budget tinggi. Karena dengan harga cuman sekitar 1 jutaan pas, kalian udah dapetin perangkat ini dengan potensi kinerja yang baik.

Kompabilitas juga luas, baik untuk platform AMD maupun Intel, termasuk dukung XMP 2.0. kami bahkan pake prosesor terbaru Ryzen 7 5800X, dan enggak ada masalah berarti. Kalo chipset, memori ini pake chip micron sebagai pilihan utamanya dengan latency cukup rendah di CL16 ketika speed 3200 Mhz berlaku dengan voltase 1.35V. Cuman secara default, memori ini punya speed sangat rendah di 2133 Mhz sebelum XMP aktif.

Apacer Panther 16GB

Apa yang menarik, fitur OC juga tersedia, bahkan kami rasa overclocking pada memori ini bisa sangat menyenangkan dengan stabilitas yang baik. Contoh, kami bisa dobrak pada speed 3800 Mhz tanpa banyak kendala, latency naik hingga CL20 pada voltase 1.45V. Hal terbaiknya, speed tinggi stabil banget dan bisa jadi isyarat kalo kalian bisa dobrak performa OC jauh lebih tinggi.

Kinerja

Gimana dengan performa? Apacer Panther 16GB DDR4 3200 Mhz mungkin bukanlah yang terbaik dari beberapa memori yang udah kami coba, namun masih bisa bersaing dengan stabilitas yang handal dan cukup nyaman untuk dilalui.

SiSoftware Sandra Memory Bandwith

Apacer Panther 16GB

Pada tes SiSoftware Sandra Lite 2020 memory bandwith, memori ini punya skor yang baik dan mampu unggul di beberapa memori yang udah kami coba pada kapasitas maupun speed yang serupa. Fitur OC malah memberikan skor tertinggi.

7-Zip File Manager

Apacer Panther 16GB

Sayangnya, keunggulan sebelumnya enggak berlaku ketika tes 7Zip file manager berlaku, khususnya ketika XMP 3200Mhz berlaku. Kompresi data enggak sebesar dihasilin skor yang ditawarin memori lain yang udah kami coba. Untungnya, performa OC jauh lebih positif.

AIDA64 memory & Cache benchmark

Apacer Panther 16GB

Sedangkan pada tes AIDA64 memory & Cache benchmark, performa relatif nyaman, dan pilihan overclocking kami rasa jadi pemenang dengan skor tertinggi.

Performa Gaming

Apacer Panther 16GB

Performa gaming relatif, enggak ngasih banyak perbedaan besar, khususnya ketika kalian udah punya dedicated GPU. Beda halnya ketika iGPU jadi pilihan utama kalian, speed pasti ngaruh banget. Cuman sebagai formalitas, perbedaan tetep ada, meskipun terpaut beberapa fps aja sih.

Kesimpulan

Apacer Panther 16GB DDR4 3200 Mhz kami rasa sangat mencukupi buat kebutuhan PC Builder dengan performa dan stabilitas yang nyaman. Itu sih yang terpenting menurut kami, termasuk harga yang lebih bersahabat. Karena dengan price sekitar 1 jutaan, kalian udah punya memori handal tanpa banyak kendala berarti.

Apacer Panther 16GB

Price to performanya relatif, dan kami rasa perangkat ini bisa jadi rekomendasi ideal ketika kalian punya budget pas, namun pengen kapasitas besar dan speed yang cukup tinggi. Kinerja bukanlah yang terbaik, dan chip micron sebenernya masih ok loh buat overclocking. Cuman, Speed default sangat rendah, jadi, kalian jangan berharap lebih deh buat dapetin performa paling tinggi ketika punya memori ini. Yang penting stabil.

Jadi, itu dia ulasan singkat kami tentang memori gaming Apacer Panther 16GB DDR4 3200 Mhz. Meskipun enggak semua kita ungkap, yang pasti sih semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts