- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

GIGABYTE Ungkap Seri RTX Selanjutnya, Termasuk RTX 3060, RTX 3080 20GB & RTX 3070 Super

Gigabyte tampaknya tidak sengaja mengungkap seri terbaru kartu grafis selanjutnya dari Nvidia, dengan pilihan yang muncul diantaranya adalah “GeForce RTX 3060” dengan memori 8 GB, RTX 3080 dengan varian 20 GB, termasuk juga RTX 3070S dengan VRAM 16 GB.

Sebagaimana diungkap Techpowerup, hal tersebut terungkap pada halaman web GIGABYTE yang dimaksudkan untuk menukarkan bundel Watch Dogs Legion + GeForce NOW RTX 30 series. Yang ternyata, itu juga mencantumkan kartu grafis yang memenuhi syarat.

Baca juga : ACER Predator Nitro 5 AN515-44 Review : Prosesor Yang Lebih Powerful, Ruang Upgrade Luas

Jadi setidaknya, akan ada seri GPU baru dari Nvidia dengan kekuatan jauh lebih superior, termasuk seri mid-range pengganti RTX 2060. Hanya saja, Nvidia sendiri belum mengkonfirmasi semua hal tersebut, apalagi tanggal kepastian.

Gigabyte

RTX 3080 yang diluncurkan minggu lalu dengan pilihan VRAM 10 GB 320-bit, menggunakan chip memori 8 Gbit, sedangkan RTX 3090 mencapai jumlah memori 24 GB yang mendukung dua chip ini per saluran 32-bit ( chip di kedua sisi PCB).

Jika seandainya RTX 3080 versi 20 GB akan mengadopsi metode yang sama, maka akan ada perbedaan harga yang besar antara RTX 3080 10 GB dan RTX 3090, yang tampaknya diisi oleh NVIDIA dengan varian 20 GB dari RTX 3080.

Ada sesuatu yang menarik, mungkinkah Nvidia menyiapkan amunisi tambahan ini untuk antisipasi dari jawaban AMD dengan kehadiran Big Navi GPU? Kita tunggu saja bagaimana semua hal tersebut berlaku. Disamping itu, seri RTX 3080 versi hari ini tampaknya sudah sangat memenuhi kebutuhan gamer besar dengan performa jauh lebih baik dibanding RTX 2080 Ti, jadi, terkadang seri ini sudah bisa membawa kabar baik bagi penggemar, bahkan jauh lebih positif.

Hal paling penting adalah RTX 3060, yang bakal menjadi penantian paling besar konsumen yang menginginkan powerful GPU pada harga yang lebih “terjangkau”.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat