- Hardware, Laptop

HP-14s-DK1004AU Review : Laptop Murah Budget 5 Jutaan, Ruang Upgrade Yang Luas

Ada banyak laptop seru pada budget 5 jutaan, khususnya dari segi performa, mobilitas dan ruang upgrade yang baik. Nah, ketika kalian sedang mencari pilihan solidnya, HP-14s-DK1004AU kayaknya bisa jadi kandidat ideal untuk pergi, meskipun ada beberapa catatan penting sebelum kalian benar-benar akan membelinya.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : MSI Bravo 15 Preview : Laptop Gaming Murah Semakin Powerful – Ryzen 4000 Mobile Series Inside

HP-14s-DK1004AU Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh Ini

HP-14s-DK1004AU punya banyak ruang yang baik dalam hal kinerja, terlebih lagi laptop ini bawa pilihan prosesor terbaru AMD Athlon gold series dengan punya performa bisa sangat mencukupi buat kebutuhan kasual pada beban ringan, atau bisa sedikit cukup menuntut dan berpotensi juga bisa memberikan kinerja baterai yang jauh lebih baik.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Desain secara utuh punya makna positif, terlebih lagi HP selalu menawarkan kelas tersendiri yang boleh dibilang berkelas, bahkan untuk laptop entry level sekalipun. Dengan balutan sasis bergaya aluminium(meskipun materi yang hadir sebagian besar dari plastik) yang memiliki finishing warna pale gold, estetika udah terasa nyaman duluan, terlebih lagi dibagian logo HP terluar.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Berat secara utuh juga terhitung sangat ringan dengan bobot sekitar 1.5Kg dan memiliki ketebalan sekitar 1.9cm. Ini tentu bisa memberikan kemudahan pengguna dalam mobilitas tinggi tanpa banyak kendala.

Display

HP-14s-DK1004AU itu sendiri bawa layar dengan ukuran 14” dengan resolusi HD (1366 x 768). Panel yang ditawarkan berbasis TN yang mungkin aja memiliki keterbatasan dalam sudut pandang. Namun secara utuh display yang hadir sangat mencukupi untuk mengisi ruang visual kebutuhan dasar pengguna dengan tingkat kontras maupun brightness yang baik, seperti saat sedang menonton video maupun bermain game.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Meskipun, produsen sendiri menyediakan pilihan display extra dengan kehadiran sebuah port HDMI, sehingga ini bisa memberikan manfaat tambahan buat fitur multi display, meskipun masih terbatas dalam hal jumlah.

Konektivitas

Pilihan port yang dibawa laptop dengan budget 5 jutaan ini juga mencukupi, dengan beberapa port USB yang ideal buat pengguna modern hari ini seperti sebuah port USB Type C, 2 x USB 3.0 Type A, sebuah port HDMI 1.4b, Port LAN RJ-45, Audio Jack combo dan sebuah slot SD Card reader.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Sayangnya, penempatan port USB yang ditawarkan terkadang agak kurang sempurna, dengan sebagain besar ditempatkan dibagian kanan aja, khususnya untuk port USB, HDMI maupun LAN. Ini bisa membawa kendala tersendiri bagi pengguna yang memiliki beberapa perangkat yang terkadang butuh semua slot untuk bisa beraktivitas.

Sedangkan untuk konektivitas secara nirkabel, kehadiran WiFi 802.11ac bisa memberikan ruang yang sangat baik buat internet cepat secara wireless. Dan hal tersebut juga berlaku untuk perangkat extra lainnya melalui Bluetooth 4.2 combo. Meskipun Bluetooth yang ditawarkan kami rasa agak ketinggalan sih, walupun sudah sangat mencukupi.

Keyboard & Touchpad

Pengalaman mengetik atau beraktivitas melalui keyboard juga sangat menyenangkan, bahkan tingkat kenyamanan pada keyboard bergaya Full-size island bisa berlaku cukup lama. Produsen juga memberikan backlight berwarna putih yang bisa memberikan manfaat extra saat penggunaan di ruang yang agak gelap. Tombol power yang terpisah juga setidaknya meminimalisir shut down power secara tidak disengaja, yang berarti nilai plus lain pada laptop ini.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Sedangkan touchpad, ruang yang hadir untuk navigasi bisa sangat mencukupi. Meskipun untuk penekanan klik, kalian harus bergantung pada tombol dua tombol manual yang cukup besar. Terkadang kami rasa agak kuno buat laptop modern hari ini, meskipun preferensi kenyamana bisa beda-beda.

Audio & Webcam

Audio yang ditawarkan HP-14s-DK1004AU mungkin bukanlah yang terbaik dengan pilihan default melalui dual speakers. Namun tingkat audio bisa sangat tinggi dan kita rasa sangat mencukupi untuk memenuhi ruang kecil saat mendengarkan musik santai ketika sedang bekerja.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Hal yang sama berlaku juga pada HD webcam dengan resolusi maksimum yang ditawarkan hingga 720p. Sepenuhnya bisa dipakai pengguna untuk bekerja dari rumah tanpa hambatan yang berarti, meskipun kalian perlu hindari ruangan yang gelap buat hasil terbaik.

Spesifikasi Inti  HP-14s-DK1004AU 
Operating system Windows 10 Home Single Language 64
Prosesor AMD Athlon™ Gold 3150U (2.4 GHz base clock, up to 3.3 GHz max boost clock, 1 MB L2 cache, 2 cores)
Memory 4 GB DDR4-3200Mhz (Default 2400Mhz, 1 slot avaliable)
Internal storage HDD 1 TB 5400 rpm SATA (M.2 Sata Avaliable)
Display 14″ diagonal HD SVA BrightView micro-edge WLED-backlit (1366 x 768)
Graphics AMD Radeon Vega 3
Ports 1 SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate; 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 
1 HDMI 1.4b; 1 RJ-45; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo
Expansion slots 1 multi-format SD media card reader
Audio features Dual speakers
Webcam HP TrueVision HD camera with integrated digital microphone
Pointing device Touchpad with multi-touch gesture support; Precision Touchpad Support
Keyboard Full-size island-style natural silver backlit keyboard
Wireless 802.11ac (1×1) Wi-Fi® and Bluetooth® 4.2 combo
Battery type 3-cell, 41 Wh Li-ion
Dimensions without stand (W x D x H) 32.4 x 22.59 x 1.99 cm
Berat Starting at 1.47 kg
Garansi 2 Tahun
Harga  Rp5.179.000

Spesifikasi Internal

HP-14s-DK1004AU menawarkan spesifikasi internal yang solid, meskipun beberapa komponen yang hadir kami rasa agak kurang untuk pemakaian extra. Untungnya, produsen menawarkan ruang upgrade yang baik, bahkan kalian bisa melakukannya secara DIY.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Ok, pertama buat prosesor dimana Athlon Gold 3150U jadi pilihan utamanya. Performa yang ditawarkan pada prosesor ini sebenernya sangat solid dan bisa bersaing ketat dengan prosesor Intel pada kelas yang sama. Tentu, kehadiran spek solid dengan kekuatan dual core dan 4 threads, clockspeed up to 3.3Ghz  dan L3 cache 4MB bisa dibilang bawa taring tersendiri.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Cinebench R15 maupun R20 bisa menunjukan bahwa prosesor ini membawa potensi yang baik dalam kegiatan kasual dibanding seri lama AMD maupun Intel, terlebih lagi menawarkan clockspeed yang cukup tinggi, meskipun kinerja single-core mungkin masih agak terbatas.

Athlon Gold 3150U juga membawa grafis Radeon Vega 3 yang akan berbagi VRAM dengan memori sistem. Jadi, ada isyarat bahwa kalian perlu memiliki dual channel memori agar kinerja grafis bisa jauh lebih efektif.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Radeon Vega 3 itu sendiri membawa spesifikasi inti 192 stream processor dengan VRAM bisa diatur hingga 2GB, meskipun tergantung pada pengaturan yang diambil dari memori sistem. Clocksped yang ditawarkan bisa cukup tinggi hingga 1200Mhz. Dan performa sebagaimana kita ungkap sebelumnya sangat tergantung pada spek memori sistem yang dibawa. Dual channel dan clockspeed tinggi bisa memberikan kinerja paling solid pada Radeon Vega 3.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Bicara mengenai memori, pilihan RAM default 4GB DDR4 dengan speed 3200Mhz (single channel rank) kami rasa sangat minim untuk dongkrak performa jauh lebih baik. Bahkan ini jadi salah satu kendala pengguna untuk bisa berlaku lebih, seperti membuka browser dengan jumlah tab yang terbatas dan sebagainya.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Untungnya, produsen memberikan ruang upgrade untuk kebutuhan memori yang lebih tinggi dengan ketersediaan sebuah slot RAM yang kosong. Jadi, laptop ini bisa diupgrade dengan mudah untuk mendapatkan hasil yang lebih positif dalam kenyamanan saat bekerja.

Hal yang sama juga berlaku buat storage, dimana pilihan default bergantung pada hard disk kasual bisa menjadi beban pengguna dengan performa yang sangat terbatas. Meskipun memiliki kapasitas besar, terkadang itu belum mencukupi pengguna untuk bekerja jauh lebih efektif.

Kehadiran SSD kayaknya wajib sebagai pilihan utama pengguna, dan laptop ini bisa memungkinkan semua hal tersebut dengan ketersediaan slot M.2, maupun mengganti hard disk dengan SSD 2.5”. Setidaknya ini bisa menjadi kabar gembira konsumen yang menginginkan laptop murah namun punya ruang upgrade yang baik.

Performa Gaming

Bisakah HP-14s-DK1004AU dipakai untuk kegiatan extra seperti gaming? Hal ini sangat memungkinkan, meskipu masih terbatas untuk gaming kasual atau eSport aja yang enggak terlalu menuntut, termasuk resolusi rendah di 720p.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Contoh pada DOTA 2, nilai fps bisa sangat mencukupi dengan rata-rata hingga 35, meskipun kalian harus puas di pengaturan terendah. Hal yang sama juga berlaku untuk CS : Go dengan Fps rata-rata hingga 44 di 720p pada low setting. Kinerja gaming tampaknya bisa jauh lebih baik jika kalian sudah upgrade memori dual channel.

Performa Baterai & Suhu

HP-14s-DK1004AU itu sendiri membawa baterai 3-cell, 41 Wh Li-ion dengan kekuatan 3248 mAH. Secara utuh, kinerja yang ditawarkan sangat baik dengan daya tahan saat idle bisa mencapai 8 jam lebih, 6 jam 45 menit untuk penggunaan kasual seperti browsing, YouTube dan office, dan hingga 4 jam 20 menit untuk gaming.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Isi ulang baterai juga cukup cepat, dimana itu membutuhkan waktu hingga 1.15 menit dari 20% hingga 100%.

Laptop 5 Jutaan HP-14s-DK1004AU

Suhu disisi lain juga sangat nyaman untuk dilalui, terlebih lagi prosesor yang ditawarkan memiliki nilai TDP kecil dengan suhu rata-rata hingga 65° celcius saat sedang bekerja penuh. Dan itu benar-benar memberikan nilai sangat positif, sehingga kalian enggak harus beli perangkat extra.

Kesimpulan

HP-14s-DK1004AU pada dasarnya memiliki banyak nilai positif buat kalian pertimbangin saat sedang mencari laptop murah dengan budget 5 jutaan. Estetika yang berkelas, ringan dan tipis yang bisa dukung mobilitas paling handal dan kehadiran prosesor maupun grafis yang bisa diandalkan.

Sayangnya, penempatan port USB mungkin enggak terlalu ideal, meskipun masih mencukupi. Dan kami rasa, kalian wajib upgrade laptop ini buat dapetin kinerja paling jitu, khususnya untuk memori maupun storage. Untungnya, produsen udah nyediain ruang untuk upgrade, bahkan secara DIY pun sangat memungkinkan.

Nah, itu dia ulasan kita tentang laptop terbaru HP-14s-DK1004AU yang sebenernya punya banyak nilai positif dan bisa berlaku lebih dalam hal performa. Meskipun belum kita ungkap sepenuhnya, kita harap dari apa yang diungkap bisa memberikan manfaat tersendiri.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat