T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600 Mhz Review : Memori Desktop High-End, Harga Entry Level

Ada banyak pilihan memori desktop hebat di luar sana, namun ketika kalian menginginkan sesuatu yang seru dengan harga yang pas, maka T-Force DARK Zα 16GB DDR4 3600 Mhz dari TEAMGROUP kayaknya bisa jadi pilihan ideal untuk pergi. Bentuk desain yang gahar dan dukung platform terbaru seperti chipset X570 dari AMD maupun kinerja tinggi jadi sajian utamanya.

Namun untuk lebih jelasnya, simak review singkat kami di bawah ini. Setidaknya bisa jadi bahan pertimbangan kalian sebelum membelinya.

Baca juga : AMD Ryzen 5 3500 Review : 1.8 Jutaan, Kinerja Nendang Banget!!

T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600 Mhz Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Memiliki memori desktop yang baik tentu akan mempengaruhi kinerja sistem jauh lebih positif. Karena bukan hanya kapasitas besar yang perlu kalian butuhkan, namun juga speed yang bisa berharga banget untuk menunjang harapan tinggi kalian pada PC, apalagi jika kalian seorang gamer atau pembuat konten yang menginginkan nilai sempurna.

Memori Desktop

Dan ketika kalian sedang butuh memori yang pas untuk pergi, apalagi jika budget kalian terbatas, maka T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600Mhz dari TEAMGROUP kayaknya ideal banget untuk dipertimbangkan. Seri ini punya makna tersendiri sebagai pilihan RAM yang enggak ribet dalam hal kinerja, bentuk desain yang juga enggak kalah kerennya, dan yang pasti dukung platform terbaru seperti chipset X570 dari AMD.

Secara utuh, memori ini hadir dengan heat spreader aluminium yang cukup bergaya, baik antara warna hitam atau abu-abu. Namun sebenernya produsen membawa fungsi tersendiri, dimana heat spreader yang dibuat dengan proses punch press dengan aluminium alloy one-piece tebal 0.8mm memiliki Struktur yang diperkuat dan bisa memberikan kinerja disipasi panas yang lebih ditingkatkan. Tidak ada fitur extra lain yang ditawarkan, termasuk ketiadaan lampu LED yang sudah sangat populer.

Produsen sendiri mengatakan bahwa memori ini dibuat khusus untuk platform AMD dan memiliki kompabilitas yang baik untuk barisan prosesor Ryzen 3000 dan motherboard X570 AMD terbaru. meskipun, kami akan mencoba cara baru apakah ini bisa dipakai juga untuk platfom Intel.

Sedangkan untuk pilihan konfigurasi, memori gaming T-Force DARK Zα memiliki dua pilihan kapasitas mulai dari 16GB (2xGB) dan 32GB (16GBx2). Tipe Modul memori ini sama dengan apa yang biasa ditawarkan pada memori DDR4 pada umumnya, yaitu 288 Pin Unbuffered DIMM Non ECC. Sedangkan untuk varian kecepatan, produsen menawarkan 3 pilihan, mulai dari 3200Mhz, 3600Mhz dan pilihan tertinggi hingga 4000Mhz.

T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600Mhz juga diklaim memiliki pilihan IC berkualitas dan ideal untuk fitur overclocking yang bisa menawarkan sesuatu yang berharga dengan kualitas tinggi, kinerja optimal, stabilitas, dan kompatibilitas. Kami bahkan bisa mengeluarkan potensi OC secara manual hingga 4000Mhz pada latency CL21-22-22-44 dan bisa memberikan kinerja jauh lebih tinggi.

Spesifikasi Inti

Spesifikasi Inti T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600 Mhz
Module Type 288 Pin Unbuffered DIMM Non ECC
Capacity 8GBx2
Frequency 3600
Data Transfer Bandwidth 28,800 MB/s
(PC4 28800)
Latency CL18-22-22-42
Voltage 1.35V
Dimensions 43.5(H) x 141(L) x 8.3(W)mm
Heat Spreader Aluminum heat spreader
Warranty Lifetime warranty
Harga Rp1.365.000

Untuk urusan spesifikasi, T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600Mhz hadir dengan pilihan kapasitas 16GB DDR4 dengan data transfer default bawaan hingga 25,600 MB/s (PC4 25600) dan memiliki latency CL18-22-22-42 pada 1.35V. Dimensi juga terhitung standar dengan ukuran Panjang sekitar 14.1cm, tinggi sekitar 4.3cm.

Frekensi DRAM untuk setiap modul hadir dengan kecepatan bawaan 1800Mhz dengan manufaktur dari SK Hynix . Kalian bisa mengharapkan performa baik pada memori ini, termasuk dukung XMP 2.0 untuk kemudahan OC secara otomatis pada kecepatan 3600Mhz tanpa banyak kendala.

Kinerja

Untuk menunjukan potensi kinerja maksimum yang bisa dibawa T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600Mhz, kami memakai beberapa komponen inti, termasuk mobo superior dari ASUS X570 E-Gaming maupun Gigabyte Z390 AORUS Ultra. Setidaknya kita bisa memahami apakah ini hanya ideal untuk platform AMD saja, atau bahkan masih bisa dipakai juga untuk seri Intel.

Untuk prosesor, sayangnya kami tidak memiliki prosesor High-end sehingga harus berpatok pada prosesor Ryzen 5 3500 maupun Intel Core i5-9600KF. Untungnya, itu menurut kami sudah mencukupi seberapa hebat memori tuh kepada pengguna secara umum.

X570 Platform

Pada platform inti X570, T-Force DARK Zα DDR4 pada kecepatan 3600Mhz secara utuh bisa memberikan perbedaan nyata untuk basis prosesor, bahkan sekelas Ryzen 5 3500 sekalipun jika dibanding speed default bawaan 2400Mhz sebelum XMP diaktifkan.

AIDA 64 Cache & Memory benchmark

Contohnya, di pengujian AIDA 64 Cache & Memory benchmark, pilihan XMP dengan speed 3600 bisa memberikan perbedaan nyata dibanding kecepatan bawaan pada 2400Mhz. Hal yang sama juga berlaku untuk OC di kecepatan 4000Mhz, meskipun tidak terlalu signifikan.

7-Zip File Manager

7-Zip File manager juga bisa menunjukan seberapa ideal sebuah memori untuk kinerja, khususnya untuk proses kompresi data maupun dekompresi. Hasil yang ditunjukan benar-benar menarik, dimana kalian bisa melihat bahwa kecepatan sangat berpengaruh untuk urusan ini, bahkan ketika kalian sanggup mengangkat OC diatas 4000Mhz.

Winrar

Winrar juga bisa jadi ide menarik untuk menunjukan performa sebuah prosesor dengan pilihan memori yang tepat. Semakin besar kecepatan yang dihadirkan pada RAM, maka kinerja bisa semakin baik, khususnya untuk workload multithread. Hal tersebut berlaku untuk Ryzen dengan perbandingan cukup signifikan antara kecepatan default bawaan dengan profil XMP di 3600Mhz.

Performa Gaming

Terakhir adalah gaming, dimana ini bisa memberikan pandangan nyata bagaimana memori tinggi bisa berpengaruh untuk kinerja yang jauh lebih menyenangkan. Kalian bisa melihat detail melalui graphic perbandingan yang kami sajikan dibawah ini.

Z390 Platform

Produsen mengatakan bahwa memori ini sangat kompatible dengan platfom AMD, khususnya untuk chipset X570. Namun kenyataannya, memori ini bisa memberikan hasil yang baik untuk platform Intel, dimana kami memakainya pada Z390 AORUS Ultra dan Intel Core i5-9600KF pada OC 5.0Ghz dengan hasil yang sangat positif. Bahkan hal tersebut juga berlaku untuk fitur OC pada speed yang sama, yaitu 4000Mhz. Meskipun, kalian bisa melakukan hal lebih dibanding apa yang kami capai untuk overclocking.

Faktanya, antara speed default, fitur XMP dan OC bisa memberikan perbandingan yang nyata. Diantaranya adalah :

AIDA 64 Cache & Memory benchmark

Winrar

7-Zip File Manager

Performa Gaming

Kesimpulan

Memori gaming T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600Mhz dari TEAMGROUP ini pada dasarnya bisa memberikan hasil nyata untuk performa tinggi, bahkan bisa memenuhi kebutuhan utama kalian untuk sebuah PC high-end. Padahal, harga yang ditawarkan pada RAM tersebut terhitung jauh lebih terjangkau, termasuk bentuk desain yang enggak kalah wibawanya.

Cuman, OC bisa cukup rumit dan sedikit agak terbatas dimana pilihan terbaiknya dari apa yang kami coba justru berada di kecepatan 3600Mhz. Kalian juga perlu mobo yang handal untuk memaksimalkan potensi kinerja dari apa yang ditawarkan memori ini, dan itu perlu anggaran extra. Untungnya, itu sebenernya bukanlah minus berarti, karena pada dasarnya dukungan XMP dengan speed 3600Mhz benar-benar sangat baik, bahkan kompatibel juga untuk platform Intel.

Jadi, terlepas dari apa yang telah kita ungkap sebelumnya, T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600Mhz layak banget untuk kalian pertimbangkan. Khususnya jika kalian sedang mencari sebuah memori gaming handal dengan speed yang tinggi, tapi hadir dengan nilai harga jauh lebih terjangkau. Pilihan estetika sebenernya hanya preferensi, dimana itu bisa beda-beda. Terlebih lagi jika pada dasarnya kalian enggak terlalu memilih sesuatu yang mewah untuk urusan RAM.

 

T-Force DARK Zα DDR4 16GB 3600Mhz
Score 8.5/10
Pros Harga Terjangkau
Kinerja Stabil, Handal & Kompabilitas yang luas
Cons OC yang agak rumit
Perlu Platform High-end Buat maksimalin performa

 Baca Juga :



Comments

Related Posts