Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC Late Review : Masih Worth Banget Kok!!

Masih worth enggak sih RTX 2060 SUPER buat gaming modern tahun ini? Jawaban simpelnya, tentu aja. Namun buat lebih detailnya, kali ini kita akan ungkap lebih dalam tentang GPU yang dirilis pada pertengahan tahun 2019 tersebut lewat seri Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC.

Terlebih lagi, VGA ini punya sajian premium yang cukup berkelas, termasuk potensi kinerja pendinginan yang handal. Jadi, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : GIGABYTE AORUS FI27Q-P Preview: Monitor Gaming Solid, Estetika Terbaik

Gigabyte Geforce RTX 2060 SUPER Gaming OC : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

VGA baru Nvidia segera datang enggak lama lagi, namun sebenernya seri lama seperti RTX 2060 SUPER masih layak kok buat kalian pertimbangin. Performa yang solid dan masih punya taring buat libas game AAA di pengaturan tertinggi tentu jadi salah satu faktor utamanya. Terlebih lagi, kestabilan driver jadi nilai plus lainnya yang dibawa VGA tersebut, yang tentu aja bisa membawa pengalama terbaik saat memilikinya.

Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC

Nah, dari banyaknya brand yang udah beredar dipasaran, GIGABYTE RTX 2060 SUPER Gaming OC kayaknya bisa jadi pilihan paling solid buat kalian dipertimbangin. Sajian premium yang kerasa banget kelasnya tentu bawa daya tarik tersendiri, meskipun nilai estetika dalam bentuk pencahayaan RGB masih agak terbatas. Tapi jangan salah dulu, seri ini benar-benar handal dalam urusan kinerja, terlebih lagi punya sistem pendinginan terbaik dengan hadirnya triple fan Windforce yang sangat populer.

Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC

VGA itu sendiri sebenarnya enggak bawa kesan sangar dengan ketebalan yang cukup ramping ramping sekitar 4cm, panjang sekitar 28cm, dan lebar sekitar 11cm. Hampir semua casing PC modern bisa nampung tuh VGA, apalagi jika kalian punya pc case mid- tower. Sehingga, kalian bisa dengan mudah pasang kartu grafis ini tanpa proses yang ribet.

Secara utuh, VGA ini pada dasarnya sama dengan tipe gaming OC lainnya, termasuk ukuran, beban maupun bentuk desain. Display outputnya juga terhitung sama dengan RTX Gaming OC lain, termasuk 3 displaypot, sebuah port HDMI dan USB Type C yang dukung virtual link.

VGA ini juga dukung pencahayaan RGB lewat logo dibagian samping. Terlihat biasa, namun bagi beberapa orang tertentu ini udah cukup buat ngasih simbol berarti buat nunjukin kelas tersendiri saat show off, apalagi VGA tuh juga dukung RGB Fusion dimana kalian bisa atur pencahayaan sesuai keinginan dengan pilihan efek yang cukup nyenengin.

Terakhir, RTX 2060 SUPER Gaming OC dukung sisi pendinginan superior dengan hadirnya tripe fan Windforce yang fenomenal, termasuk fitur yang hening dan enggak bising saat sedang bekerja. VGA ini juga memiliki port daya 8 pin dan 6 pin dengan pilihan spesifikasi PSU minimum 550W.

Spesifikasi

Spesifikasi Inti Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC
Core Clock 1815 MHz 
RTX-OPS 45
CUDA® Cores 2176
Memory Clock 14000 MHz
Memory Size 8 GB
Memory Type GDDR6
Memory Bus 256 bit
Memory Bandwidth (GB/sec) 448 GB/s
Card Bus PCI-E 3.0 x 16
Card size L=280.35 W=116.45 H=40.24 mm
PCB Form ATX
Recommended PSU 550W
Power Connectors 8 Pin*1, 6 Pin*1
Output DisplayPort 1.4 *3
HDMI 2.0b *1
USB Type-C™ (support VirtualLink™ ) *1
Harga Rp7.373.000

GIGABYTE RTX 2060 SUPER Gaming OC pada dasarnya punya spesifikasi yang cukup mumpuni buat libas gaming modern di pengaturan tertinggi, bahkan masih mampu di level 1440p dengan Fps yang cukup baik.

Tentu, kehadiran VRAM sebesar 8GB GDDR6 dengan lebar memory bus 256-bit, 2176 CUDA Cores, memory clock hingga 14Gbps, 448 GB/detik memori bandwith, bahkan dukung Ray tracing dengan kehadiran RTX Ops hingga 45 jadi nilai yang sangat solid buat pengguna modern hari ini. VGA ini bahkan punya clockspeed jauh lebih besar hingga 1815Mhz dibanding seri founder, yang tentu aja bakal ngasih kinerja jauh lebih nendang.

Dan hal terbaiknya, Driver VGA yang ditawarin Nvidia pada dasarnya enggak bakalan bikin pusing kalian karena nilai kestabilan bener-bener sangat baik, beda banget kalo dibandingin dengan tetangga sebelah yang terkadang suka bikin jengkel dan banyak habisin waktu buat urusan tersebut. Bener kan?

Kinerja

Sedangkan buat urusan kinerja, performa RTX 2060 SUPER Gaming OC bener-bener ga bawa kompromi, siap libas game apapun yang kalian lemparkan pada tuh VGA. Meskipun idealnya sih buat performa Fps terbaik berada level 1080p, atau juga di level 1440p. Nah, buat nunjukin potensi maksimum yang bisa dibawa tuh VGA, kali ini kita bakal nunjukin komponen yang tepat dan bisa ideal banget juga buat kalian pertimbangin, yaitu :

  • Prosesor : Intel Core i5 9600K
  • Mobo : Z390 AORUS ULTRA
  • RAM : Team Vulcan Z 16GB DDR4 3200Mhz
  • Storage : ADATA SU650, Seagate 1TB
  • PSU : Cooler Master Masterwatt 550W
  • CPU Cooler : DeepCool Castle RGB V2 360
  • Case : BeQuiet! Pure Base 500

Battlefield V

Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC

Ok, battlefield V jadi salah satu game favorit kami hingga hari ini. Dan RTX 2060 SUPER Gaming OC bisa nendang banget buat maksimalin game tuh dengan Fps rata-rata hingga 109. Dan jika dibandingin dengan Radeon RX 5700, VGA ini punya selisih kinerja lebih baik hingga 3.8%. Hal tersebut berlaku juga buat gaming 1440p, dan RTX 2060 SUPER masih nunjukin nilai superioritas dengan Fps rata-rata hingga 98.

Shadow Of The Tomb Raider

Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC

Sedangkan buat game seru lainnya seperti Shadow Of The Tomb Raider, VGA ini juga mampu menghasilkan nilai Fps jauh lebih efektif hingga 98, punya selisih sekitar 4.2% lebih baik. Kalian bahkan bisa libas game tersebut di level 1440p dengan Fps rata-rata hingga 66. Masih cukup seru bukan?

Assassin’s Creed  Odyssey

Assassin’s Creed  Odyssey juga masih jadi pilihan game layak buat kalian mainkan, terlebih lagi sajian visual yang sangat nyenengin. Dan Nyatanya jika kalian punya RTX 2060 SUPER, VGA tuh masih sanggup menghasilkan Fps tinggi hingga 72, meskipun sedikit dibelakang RX 5700. Di level 1440p, game ini juga masih cukup ngasi nilai Fps yang nyaman dengan rata-rata hingga 58.

Gears V

RTX 2060 SUPER dari Gigabyte ini juga nawarin hasil yang positif pada game sekelas Gears V dengan nilai Fps rata-rata hingga 99, jauh lebih baik dibanding RX 5700 dengan selisih 4.2%. hal yang sama juga berlaku di level 1440p dengan fps rata-rata masih sangat baik hingga 72.

Star Wars Jedi: Fallen Order

Terakhir adalah Star Wars Jedi: Fallen Order. Nyatanya, RTX 2060 SUPER Gaming OC masih bisa jadi pilihan utama kalian dengan Fps besar hingga 109 pada level 1080p, dan hingga 80 di resolusi 1440p.

Suhu & Konsumsi Daya

Kenyataan bahwa VGA ini bisa memberikan potensi pendinginan yang baik ternyata belum bisa Menuhin harapan kami untuk berlaku lebih, meskipun apa yang ditawarin RTX 2060 Gaming OC ini udah cukup dengan suhu rata-rata hingga 75°Celcius saat sedang bekerja tinggi, dan bisa mencapai 80° ketika udah dipakai cukup lama.

Masih normal sih, untungnya fan yang hadir bener-bener sangat tenang dan enggak berisik. Setidaknya itu udah bisa menenangkan hati kalian yang sedang butuh fokus tinggi.

Sedangkan buat konsumsi daya, VGA ini juga menghasilkan konsumsi daya yang cukup, enggak besar ataupun kecil dengan konsumsi rata-rata sekitar 135Watt. Hampir sama dengan apa yang ditawarin VGA lain pada kelas yang sama atau sedikit berbeda.

Kesimpulan

Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC masih punya banyak hal menarik dan bener-bener layak buat kalian pertimbangin, khususnya ketika kalian pengen VGA yang nendang enggak hanya di level 1080p, tapi masih solid di resolusi 1440p. Disamping itu, sajian premium bakal ngasih wibawa yang lebih positif, apalagi jika kalian pengen show off pc kalian dengan pilihan solid. Hal terbaiknya, fan bener-bener enggak berisik dan itu sesuatu yang worth banget.

Cuman, suhu agak sedikit panas meskipun masih bisa dibilang normal sih, padahal kami udah pernah nyoba seri Gaming OC lain dengan rating pendingin jauh lebih baik. Untungnya itu bukanlah minus berarti. Sedangkan buat harga, VGA ini punya nilai sekitar 7.8jutaan. Cukup mahal, apalagi ada banyak pilihan lain yang lebih murah, termasuk dari tim merah.

Terlepas dari itu semua, dan kenyataan bahwa RTX 2060 SUPER masih jadi salah satu VGA yang diperhitungkan hingga hari ini, maka apa yang telah kami ungkap bisa aja memberikan kepastian kalian sebelum beli VGA yang tepat dan tentu aja bisa kalian pertimbangkan sebagai pilihan utamanya.

GIGABYTE RTX 2060 SUPER Gaming OC
Score 8.2
Pros Kinerja Gaming Yang Handal, Bahkan masih solid Di 1440p
Desain Premium
Kinerja Fan Windforce yang tenang, enggak berisik
Dukungan RGB Untuk Estetika terbaik
Garansi Panjang
Cons Harga Cukup Mahal
Sistem Pendinginan sedikit lebih panas dibanding Gaming OC Lain
Smart sistem RGB hanya dukung perangkat dari Gigabyte Saja

 Baca Juga :



Comments

Related Posts