- Hardware, Laptop, Prosesor

AMD Ryzen 3 3200U & Radeon Vega 3 Review : Paket Sempurna Untuk Budget Laptop

Hampir satu tahun dirilis, AMD Ryzen 3 3200U bisa dibilang masih punya kekuatan solid sebagai tenaga komputasi utama pada laptop mainstream ataupun ultrabook dan cukup ideal enggak cuman kegiatan kasual aja, namun juga bisa berlaku untuk kegiatan pembuatan konten, meskipun enggak terlalu menuntut juga sih.

Nah, ketika kalian masih ragu atau ingin mengetahui pasti kinerja sesungguhnya dari prosesor mobile tersebut, review singkat yang kami hadirkan dibawah ini bisa jadi pedoman utama kalian sebelum memastikan untuk membeli laptop berbasis CPU Ryzen 3 3200U.

Baca juga : AMD Ryzen Threadripper 3990X Sudah Resmi Tersedia, Harga Sekitar 54 Jutaan

AMD Ryzen 3 3200U Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Spesifikasi Inti AMD Ryzen 3 3200U
# of CPU Cores 2
# of Threads 4
# of GPU Cores 3
Base Clock 2.6GHz
Max Boost Clock Up to 3.5GHz
Total L1 Cache 192KB
Total L2 Cache 1MB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 14nm
PCI Express® Version PCIe® 3.0
Default TDP / TDP 15W
Max Temps 105°C
Memory Support 2400MHz
Memory Channels 2

AMD Ryzen 3 3200U bisa dibilang masih keluarga baru tim merah yang dikhususkan untuk segmen laptop dan diluncurkan pada bulan juni tahun 2019. Ini membawa kekuatan cukup solid untuk kinerja kasual dan siap bersaing dengan barisan prosesor Intel Core i3 ataupun seri Ryzen 3 2200U sebelumnya.

Prosesor itu sendiri membawa kekuatan dual core dan 4 threads, clockspeed dasar sebesar 2.6Ghz dan max boots clock up to 3.5Ghz. Sedangkan untuk cache, ada total hingga 5MB cache pada prosesor ini, termasuk L1 cache sebesar 192kb, L2 cache sebesar 1MB dan L3 cache sebesar 4MB. Fitur spesifikasi bisa dibilang hampir mirip dengan seri sebelumnya, meskipun ada beberapa peningkatan jika dibanding 2200U.

Dibangun berdasarkan proses 14nm, prosesor ini juga diklaim punya konsumsi daya yang irit, terlebih lagi memiliki nilai TDP 15W dan dukung beberapa fitur canggih seperti AMD SenseMI Technology, Zen Core Architecture dan AMD FreeSync™ Technology. Dukungan memori DDR4 2400Mhz juga masih tetap sama dengan Ryzen 3 2200U, termasuk dukung dual channel memory.

Kinerja

Performa yang ditawarkan bisa dibilang cukup baik, meski prosesor ini terhitung lebih ideal untuk pekerjaan kasual yang membutuhkan beban tidak terlalu berat. Namun, Ryzen 3 3200U pada dasarnya masih bisa diandalkan untuk kinerja cukup menuntut seperti pembuatan konten ringan dan bisa bersaing ketat dengan seri Intel Core i3 generasi lama, meskipun agak kurang kalo dibandingkan dengan seri Core i3 generasi terbaru.

Contohnya, pada cinebench R15, Ryzen 3 3200U bisa memberikan skor yang baik dibanding seri Core i3 lama, meskipun agak tertinggal jika dibanding Core i3-10110U generasi ke-10. Cuman, prosesor ini masih memberikan kinerja solid, baik untuk performa single core maupun multi.

Ryzen 3 3200U

Sedangkan untuk kompresi data, Ryzen 3 3200U bisa memberikan nilai positif dan mampu menghasilkan skor tinggi jika dibanding dengan pesain terdekat, termasuk seri Ryzen 3 2200U generasi sebelumnya.

Radeon Vega 3 Inside

Prosesor itu sendiri membawa iGPU yang bisa dibilang sangat baik dengan hadirnya Radeon Vega 3. Ini merupakan grafis integrated yang punya kekuatan solid untuk membawa kinerja kasual ataupun gaming entry level pada jauh lebih efektif, meskipun sangat terpengaruhi oleh memori dual channel memori.

Spesifikasi Inti Radeon Vega 3
Pipelines 192 – unified
GPU Clock 1200Mhz
Memory Clock 1600Mhz
technology 14 nm
Memory Type DDR4
Bus Width 128 Bit
Memory Size 2048MB
Bandwith 51,2 GB/s
DX Support 12

Dan berbicara mengenai spesifikasi, Radeon Vega 3 sebenarnya memiliki pilihan hampir sama dengan seri pendahulu yang dibawa Ryzen 3 2200U, termasuk jumlah Graphic Core count 3, 192 unit shader, maksimum memori 2GB DDR4  dan lebar bus memori 128-bit. Cuman, apa yang menarik adalah clockspeed yang lebih tinggi hingga 1200mhz, lebih tinggi sekitar 100Mhz dibanding seri lama.

Ryzen 3 3200U

Hasilnya, Radeon Vega 3 ini membawa peningkatan kinerja yang cukup positif, sebagaimana pada 3DMark Firestrike, skor yang dihasilkan iGPU ini punya kinerja jauh lebih baik hingga 25% dibanding Intel UHD 630, meskipun belum bisa menyaingi Nvidia GeForce MX230 terbaru.

Ryzen 3 3200U

Hal sama juga ditunjukan pada tes 3DMark Cloudgate,  yang setidaknya ini bisa memberikan kepastian aman bahwa Radeon Vega 3 yang dibawa prosesor Ryzen 3 3200U bisa memberikan hasil baik untuk kinerja grafis kasual dengan skor melebihi rata-rata iGPU yang udah hadir dipasaran hari ini.

Performa Gaming

Gaming sebenarnya belum bisa memberikan skor terbaik bagaimana prosesor yang membawa Radeon Vega 3 ini bisa unggul dalam segala hal. Namun, Ryzen 3 3200U dengan iGPU tersebut masih mampu untuk membawa kalian dalam kegiatan gaming kasual dengan cukup nyaman, dalam setiap Fps bisa melebihi diatas 30 atau bahkan 60 frame persecond.

Contohnya pada DOTA 2 maupun CS :GO, Radeon Vega 3 bahkan sangat nendang untuk memberikan hasil yang positif di level 720p. Cuman jangan berharap lebih di atas resolusi tersebut, apalagi untuk game yang cukup menuntut.

Kesimpulan

AMD Ryzen 3 3200U pada dasarnya akan menjadi tenaga komputasi handal, dimana ini bisa memberikan ruang yang baik enggak cuman kinerja kasual saja, namun juga hal-hal yang cukup menuntut, meskipun masih dalam beban yang terbatas. Tentu, kehadiran clockspeed yang tinggi, cukup hemat daya yang bisa memberikan ruang baterai jauh lebih lama bisa jadi salah satu sisi unggulannya.

Disamping itu, prosesor ini membawa internal grafis yang juga sama solid dengan hadirnya Radeon Vega 3 yang kini ditingkatin dalam hal clockspeed. Sehingga kinerja grafis bisa makin nendang, apalagi buat gaming di level 720p. Cuman ini masih terbatas untuk game yang enggak memerlukan beban besar dan ringan, ataupun eSPort populer yang tidak butuh grafis berat.

Jadi, itu dia ulasan singkat kita tentang prosesor terbaru AMD Ryzen 3 3200U yang kini sudah hadir melalui merk laptop populer kesayangan kalian. Hal terbaiknya, biasanya laptop dengan prosesor tersebut hadir dengan nilai harga lebih murah dibanding Intel, padahal kinerja yang ditawarin masih sangat baik.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat