- Cooler, Hardware

Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB : Upgrade Yang Pas Banget Pengganti CPU Cooler Default

Ada banyak pilihan upgrade seru untuk CPU Cooler “Default”, namun ketika kalian punya budget cukup terbatas tapi masih pengen nilai solid, maka Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB tentu bisa layak banget untuk kalian pertimbangkan. AIO Liquid Cooler ini nawarin banyak hal seru, namun masih bisa dijangkau oleh hampir semua kalangan.

Penasaran dengan apa yang bisa ditawarin oleh MASTERLIQUID ML120L RGB? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Cooler Master MASTERBOX Q300P Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan & Minusnya

COOLER MASTER MASTERLIQUID ML120L RGB : Apa Yang kami ketahui Sejauh ini

CPU Cooler default bawaan prosesor pada dasarnya tidak memberikan pilihan efektif untuk kinerja pendinginan jauh lebih optimal, sebagaimana apa yang kami coba pada CPU Cooler default bawaan Intel Core i3 9100F. Nah, ini bisa jadi ide yang baik untuk mengupgradenya pada Cooler pihak ketiga, dengan kandidat utama adalah MASTERLIQUID ML120L RGB dari Cooler Master.

Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB

Apa yang menarik adalah nilai harga yang terhitung cukup terjangkau kisaran 800 ribuan, namun udah bisa memberikan modal besar enggak dari kinerja efektif, namun juga estetika yang enggak kalah kerennya. Disamping itu, nuansa berkelas melalui brand populer juga melekat pada AIO ini, meskipun kita enggak memungkiri bahwa ini hanya terbatas pada CPU entry level maupun midrange.

Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB

Namun begitu, Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB membawa sajian yang solid, terlebih lagi ada banyak fitur menarik yang dibawa satu paket lengkap AIO Liquid Cooling tersebut. Hal terbaiknya, AIO ini bisa bekerja sangat tenang dengan fan yang enggak berisik, sehingga bisa membawa pengalaman melalui PC bisa jauh lebih menyenangkan.

Spesifikasi Inti Masterliquid ML120L RGB
CPU Socket LGA2066, LGA2011-V3, LGA2011, LGA1151, LGA1150, LGA1155, LGA1156, LGA1366, LGA775
AM4, AM3+, AM3, AM2+, AM2, FM2+, FM2, FM1
Radiator material Aluminum
Radiator dimensions 157 x 119.6 x 27 mm
Fan dimensions (l x w x h) 120 x 120 x 25 mm
Fan speed 650-2000 rpm (pwm) ± 10%
Fan airflow 66.7 cfm (max)
Fan air pressure 2.34 mmh2o (max)
Fan MTTF 160,000 hours
Fan Power Connector 4-pin (pwm)
Fan Rated Voltage 12v dc
Pump Dimensions 80.3 x 76 x 42.2 mm
Pump MTTF 70,000 hours
Radiator size 120
Pump noise level < 15 dba
Pump connector 3-pin
Pump rated voltage 12 vdc
Warranty 2 years
Harga Rp824.000

AIO itu sendiri hadir dalam paket kecil namun cukup lengkap untuk hampir semua kebutuhan pendinginan, bahkan udah tersedia dengan braket bawaan baik untuk soket Intel LGA 1151 maupun AMD AM4. Sehingga, kalian enggak usah khawatir mengenai sisi kompabilitas.

AIO itu sendiri punya beberapa bagian penting yang bisa ngasi kinerja solid, yaitu pompa Dual chamber yang diklaim bisa memberikan kinerja pendinginan paling efektif dengan mengisolasi bagian panas untuk memaksimalkan hasil pendinginan prosesor. Dan buat nyempurnain estetika, pompa yang hadir juga punya fitur RGB yang bisa singkron dengan sistem yang dibawa pada mobo, atau melalui pengontrol RGB yang sudah tersedia dalam paket.

Radiator disisi lain punya ukuran kecil sekitar 157 x 119.6 x 27 mm dan bisa cocok buat dipasang di bagian slot fan ukuran 12cm atau 14cm. Produsen sendiri ngasi materi aluminium yang cukup bergaya, termasuk desain yang dikhususkan buat resistansi rendah sehingga bisa ngasih laju aliran lebih tinggi, efisiensi dalam pertukaran panas, dan punya potensi ngasi kinerja pendinginan cukup worth banget.

Fan pada AIO ini hadir dengan ukuran 12cm dimana produsen nyebutnya sebagai MF120R. Seri ini bisa bawa kinerja pendinginan yang baik dengan speed RPM hingga 2000 termasuk fitur yang  tenang, meskipun sedang bekerja tinggi. Dukungan RGB bisa bawa AIO ini semakin seru. Sehingga, ada dua fitur yang punya pencahayaan pada MASTERLIQUID ML120L tersebut, yaitu bagian pompa dan Fan.

Ada total 2 konektor yang perlu kalian sambungin ke perangkat utama untuk membuat AIO ini bekerja, yaitu sebuah 4 pin konektor untuk bagian fan dan sebuah 3 pin konektor untuk pompa. Pemasangan juga sebenarnya enggak ribet, meskipun itu bisa aja berbeda dari setiap pengalaman pengguna.

Apa Yang kalian bisa dapetin saat beli tuh perangkat? Semua hal termasuk braket hingga hal terkecil sekalipun sudah ada dalam satu paket utuh. Sehingga, semua kebutuhan sudah terpenuhi, meskipun satu hal yang dirasa kurang adalah dukungan RGB penuh, dimana kalian mungkin perlu beli secara terpisah kontrolernya. Meskipun dari apa yang ada, paket tersebut sudah bisa membuat keyakinan buat show PC kalian makin nendang.

Performa

Bagaimana dengan performanya? Pada dasarnya, AIO ini dikhususkan untuk CPU yang tidak memiliki kinerja besar, termasuk fitur OC standar. Kalian enggak bisa harepin lebih untuk prosesor yang punya fitur OC lewat pendingin ini, meskipun masih mampu. Namun jika dibandingin dengan CPU Cooler default bawaan prosesor, AIO ini bisa ngasi upgrade yang cukup baik dengan kinerja yang bisa kalian harepin.

Contohnya, kami tes lewat prosesor Intel Core i3 dan bandingin performanya dengan CPU Cooler default bawaan. Hasilnya bisa signifikan cukup baik dengan perbedaan hingga sekitar 18% jauh lebih efektif untuk kinerja pendinginan saat CPU sedang bekerja tinggi, khususnya main game. Meskipun saat kondisi idle perbedaannya enggak terlalu jauh.

Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB

Cooler Master MASTERLIQUID ML120L RGB

Kami pun pake tuh AIO buat prosesor yang punya fitur OC sekelas Ryzen 5 3600 dan bandingin hasilnya dengan Wraith Stealth. Meskipun tidak terlalu signifikan punya perbedaan, namun MASTERLIQUID ML120L bisa ngasi kinerja melebih harapan kalian dengan perbedaan sekitar 8% lebih baik. Hal yang sama berlaku buat fitur OC, meskipun perbedaan tidak secara signifikan jauh, hanya sekitar 5.8 % aja.

Namun hal terbaiknya, MASTERLIQUID ML120L benar-benar bekerja sangat tenang, bahkan saat CPU sedang bekerja tinggi sekalipun. Jauh banget jika dibandingin dengan pilihan CPU Cooler default, khususnya saat bekerja yang cukup berisik dan ganggu banget aktifitas kalian.

Kesimpulan

Cooler Master MASTERLIQUID ML120L sebenarnya masih punya banyak potensi nyenengin, bukan hanya kinerja yang hebat dalam urusan pendinginan, namun juga punya nilai estetika lebih buat bahan upgrade ideal kalian berikutnya. Intinya, AIO ini bisa jadi solusi pasti buat kalian yang pengen upgrade dari CPU Cooler standar ke pilihan yang punya arti lebih jitu, antara kinerja, kualitas, estetika, maupun nilai harga yang pas dan keitung cukup murah. Ruang kompabilitas pun cukup luas, bahkan kalian bisa pasang tuh AIO pada Case kecil.

Cuman, ini hanya berlaku buat CPU kasual ataupun OC yang enggak terlalu menuntut seperti yang biasa ditawarin pada prosesor kelas menengah kebawah. Kalian enggak bisa harepin lebih buat kinerja tinggi pada CPU High-end atau pengen ngeluarin kekuatan maksimal dari sebuah prosesor dalam OC tingkat tinggi.

Tapi terlepas dari itu semua, Cooler Master MASTERLIQUID ML120L layak banget buat kalian pertimbangin, terlebih lagi kesan yang sangat bergaya, apalagi jika liat dari logonya. Disamping itu, CPU Cooler ini tampaknya bisa bawa arti tersendiri buat kalian yang enggak pengen banyak fitur mewah dari RGB Lighting, karena dengan satu tampilan warna aja udah cukup kerasa banget kelasnya. Nah, itu dia ulasan kita tentang MASTERLIQUID ML120L AIO Liquid Cooling. Yang pasti Semoga bermanfaat.

Pros :

  • Kompabilitas luas, termasuk bisa dipasang pada hampir di setiap PC Case
  • Dukungan RGB Untuk Estetika Terbaik
  • Harga Terjangkau
  • Pendingin Yang Powerful dan Tidak berisik

Cons :

  • Hanya Terbatas Untuk CPU Kasual hingga pilihan Midrange (OC masih terbatas)

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat