- Casing PC, Gaming Gear, Hardware

Cooler Master MASTERBOX Q300P Review : Apa Yang Bisa Kalian Harapkan & Minusnya

Cooler Master MASTERBOX Q300P, casing yang dirilis pada maret 2018 ini tentu bisa memberikan sesuatu yang cukup menarik bagi PC Builder untuk dipertimbangkan. Seri ini bahkan bisa ngasi wibawa tersendiri dengan kesan yang kerasa berkelas, meskipun ada juga sisi minusnya yang cukup berarti.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan pada casing PC Cooler Master MASTERBOX Q300P? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Jenis Casing PC Mana Yang Ideal Buat kalian? Simak Penjelasannya Disini

Cooler Master MASTERBOX Q300P Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Spesifikasi Inti MasterBox Q300P
Form Factor Mini Tower
MATERIALS Steel, Plastic
DIMENSIONS (L X W X H) 453 x 230 x 453mm
MOTHERBOARD SUPPORT Micro ATX, Mini ITX
EXPANSION SLOTS 4
3.5″ DRIVE BAYS 1
2.5″ DRIVE BAYS 2
I/O PANEL 2x USB 3.0, Audio In & Out (supports HD audio)
PRE-INSTALLED FAN 2x 120mm RGB LED Fan (Front), 1x 120mm
FAN SUPPORT 2x 120/140mm (Front), 2x 120mm (Top), 1x 120mm (Rear)
RADIATOR SUPPORT – FRONT 120mm, 240mm (Front), 120mm (Rear)
CLEARANCE – CPU COOLER 159mm/6.2″ (CPU Cooler), 360mm (GFX)
POWER SUPPLY SUPPORT Bottom mount, ATX PS2 / EPS 12V
DUST FILTERS Top, Front, Bottom
WARRANTY 2 years
Harga Rp1.119.000

Casing PC entry level kini semakin banyak varian seru, termasuk dari apa yang ditawarkan oleh Cooler Master melalui MASTERBOX Q300P dalam bentuk faktor Mini Tower. Seri ini mungkin enggak mendukung banyak komponen modern, dengan pilihan kompabilitas mobo yang bisa ditampung hanya hingga ukuran Micro ATX saja. Namun, MASTERCASE Q300P masih bisa dianggap layak banget untuk dipertimbangkan dengan ruang yang solid dan sangat menyenangkan dari sisi desain.

Q300P

Bentuk desain yang unik dengan fitur yang kerasa futuristik menjadi sajian utama tuh casing. Q300P itu sendiri hadir dengan ukuran panjang sekitar 45cm, lebar sekitar 23cm dan tinggi sekitar 45cm. Seri ini mungkin masih punya kesan biasa dari pilihan materi, terlebih lagi bahan kaca yang hadir berbahan akrilik dengan minus yang mudah tergores dan debu yang mudah nempel. Cuman itu tetap aja bisa memberikan aura positif, meskipun kalian enggak bisa menampilkan show Off PC totalitas melalui PC case tersebut.

Q300P

Dan bicara mengenai kaca akrilik, ada 3 pilihan kaca yang hadir dan terbentang mulai dari panel depan, samping kanan dan bagian atas. Seutuhnya ini bisa memberikan look yang kerasa berkelas, cuman sayangnya bahan yang hadir sekali lagi mudah sekali tergores dan perlu kain khusus untuk membersihkan debu  yang mudah menempel pada kaca tersebut.

Tapi, gaya mesh yang biasa hadir pada casing Cooler Master tetap dipertahankan, meskipun tertutup oleh panel kaca akrilik. Kami rasa, seri ini bisa dibilang juga memiliki bagian sama dengan seri Q300L, yang sepenuhnya hadir melalui panel mesh yang berarti banget untuk tingkat airflow yang maksimal.

Dan bicara mengenai pendinginan, Q300P dukung pendinginan dengan total hingga 5 fan ukuran 12cm, dan hingga 4 fan ukuran 14cm, dua dibagian depan, 2 dibagian atas dan 1 dibagian belakang. Kalian juga udah dapat bonus 3 fan dengan pilihan dua fan RGB bagian depan, dan 1 fan biasa dibagian belakang. Jadi setidaknya saat beli casing tersebut, kalian enggak perlu beli fan extra dan bisa menghemat budget juga.

Hal tersebut juga berlaku untuk urusan pemasangan radiator yang biasa hadir pada AIO, dimana kalian bisa memasang ukuran radiator hingga 240m m dibagian depan, dan hingga 120mm dibagian belakang.

Uniknya, jika kalian memiliki fan 12cm, kalian bisa memasangnya enggak harus sesuai dengan pilihan slot yang hadir, namun kalian bisa menyesuaikannya sendiri melalui panel mesh yang hadir. Cuman fitur tersebut hanya mendukung fan ukuran 12cm saja, karena diatas ukuran tersebut tetap terbatas.

Dukungan mobilitas juga cukup nyaman melalui PC case ini, apalagi hadirnya handle di empat sisi bisa ngasi nilai extra buat kalian saat berencana membawa Q300P kemana saja atau bepergian keluar, meskipun kurang ideal juga sih kalo dilihat dari bobot. Sedangkan untuk urusan perawatan, PC case ini hampir sepenuhnya bisa dibongkar dengan cukup mudah, meskipun enggak sepenuhnya modular juga sih.

Sayangnya, dusk filter kerasa agak kurang yang hanya tersedia dibagian bawah panel saja, meskipun ada beberapa bagian kecil di bagian panel depan maupun atas. Cooler Master tampaknya sengaja agar user bisa mengandalkan panel Mesh alias jaring untuk urusan penyaringan debu, namun itu tentu bisa jadi minus dan agak repot untuk perawatan, dimana kalian tentu perlu membongkar casing dengan proses yang cukup rumit.

Konektivitas

Sedangkan untuk urusan konektivitas, Cooler Master Q300P hadir dengan pilihan port yang cukup lengkap, termasuk 2 buah port USB 3.0, Audio Jack combo dengan pilihan port yang terpisah antara microphone maupun line-in, tombol reset dan tombol power.

Hal terbaiknya, tempat port I/O bisa kalian pindahin sesuai dengan selera, khususnya di area panel samping, bisa dibagian atas, belakang atau bahkan panel samping lainnya. Dan itu tentu sesuatu yang jarang ditawarkan pada casing merk lain.

Kompabilitas & Spesifikasi Inti

Untuk urusan kompabilitas, seri ini mendukung pilihan Mobo ukuran Mini-ITX dan Micro ATX, sehingga jika kalian punya mobo lebih besar, kalian tentu enggak bisa memasangnya pada casing ini. Sedangkan untuk kompabilitas kartu grafis, seri ini bisa menampung VGA hingga Panjang maksimum hingga 36cm dan ketinggian hingga 15.9cm untuk CPU Cooler.

Dukungan storage juga dirasa cukup, meskipun agak terbatas dimana Q300P mendukung hingga total 2 buah storage ukuran 2.5” dan sebuah storage ukuran 3.5”.

Jadi jika kalian memiliki banyak storage yang banyak, casing ini tampaknya belum bisa dipertimbangkan untuk hal tersebut, terlebih lagi Q300P lebih dikhususkan untuk pengguna minimalis dengan perangkat yang terbatas. Hal tersebut juga berlaku untuk slot ekspansi dengan pilihan hingga 4 slot saja.

Untungnya, MASTERCASE Q300P mendukung PSU modern hingga ukuran ATX, meski ada slot khusus untuk memasangnya dibagian bawah. Sehingga, kalian enggak bisa langsung memasang PSU pada casing ini, termasuk tidak ada penutup sebagai jeda antara PSU dan komponen utama. Cuman itu cocok sih, apalagi jika kalian punya PSU dengan fitur modular.

RGB Lighting & Managemen Kabel

Cooler Master Q300P juga dukung pencahayaan RGB dan bisa disesuaikan melalui software bawaan dari Cooler Master itu sendiri atau juga melalui software mobo populer seperti MSI, ASRock ataupun ASUS. Cuman, ada sedikit keterbatasan dalam pencahayaan dengan tingkat cahaya dirasa kurang, namun masih ok juga sih buat show off.

Hal terbaiknya, seri ini juga dukung nilai estetika yang jauh lebih menyenangkan melalui cahaya ambience di bagian atas dan bisa ngasi look yang lebih solid, apalagi jika pilihan yang hadir lewat satu warna aja.

Managemen kabel melalui casing ini juga bisa cukup solid, terlebih lagi ada ruang yang cukup lebar sekitar 2.8 cm dibagian belakang mobo buat kalian untuk ngatur kabel agar bisa terasa cukup rapi. Meskipun, pengalaman yang dihadirkan melalui Q300P untuk urusan managemen kabel terkadang enggak terlalu mudah untuk dilalui, apalagi casing ini cukup kecil.

Kesimpulan

Terlepas dari semua hal yang telah kita ungkap, PC Case Cooler Master MASTERBOX Q300P pada dasarnya bisa ngasi sajian yang cukup solid dan unik buat kalian pertimbangkan, khususnya dari bentuk desain, dukungan mobilitas melalui pegangan khusus maupun port I/O modular, dan banyak bonus yang melimpah, termasuk 3 fan yang bisa menghemat anggaran kalian.

Cuman sayangnya bahan kaca akrilik punya minus yang berarti dimana ini bisa mudah tergores dan debuh gampang menempel. Kalian bahkan perlu kain khusus untuk membersihkan hal tersebut, karena jika salah, goresan pasti akan melekat pada casing tersebut. Disamping itu, airflow yang ditawarkan terkadang agak kurang, termasuk fan bagian depan sedikit agak berisik. Untungnya, sisi minus yang ditawarkan hanya pada beberapa bagian tersebut aja, sisanya bisa ngasi sesuatu yang positif.

Hingga pada akhirnya, Q300P pada dasarnya cukup layak untuk kalian pertimbangkan meskipun harga yang ditawarin agak tinggi diatas 1 jutaan lebih dikit. Padahal, ada banyak pilihan casing yang jauh lebih seru jika kalian ingin nilai yang lebih solid atau airflow yang lebih baik. Cuman, ada beberapa hal yang unik pada MASTERCASE Q300P yang enggak ditawarin casing lain pada kelas yang sama, termasuk pilihan yang elegan dengan gaya minimalis dan punya kesan sangat berkelas.

Pros :

  • Bonus 3 fan 12 cm yang worth banget dan ngehemat anggaran
  • Look yang kerasa banget kelasnya
  • Bentuk desain yang unik bergaya minimalis namun ngasi sajian yang solid
  • Dukungan RGB, Handle yang juga bermanfaat buat mobilitas
  • Port I/O modular

Cons :

  • Airflow yang kurang
  • Harga yang sedikit lebih mahal
  • Kaca Akrilik yang mudah tergores dan debu gampang nempel
  • Fan bagian depan agak berisik

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat