- Gaming Gear, Hardware, Keyboard

REVIEW : Corsair K95 RGB Platinum – Mewah, Switch Mekanik Multi Fungsi

Memiliki sebuah keyboard yang worth banget tentu sangat menyenangkan, apalagi jika itu adalah Corsair K95 RGB Platinum. Seri ini bisa mewakili arti sebenarnya sebuah keyboard yang punya banyak fitur menyenangkan, termasuk dukungan kinerja yang ditawarkan melalui cherry MX switch brown yang punya fitur multifungsi.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin keyboard mekanik yang kerasa banget kelasnya tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : GIGABYTE AORUS Radeon RX 5700 XT 8G Review : Lebih Dari Sekedar Performa Besar

Corsair K95 RGB Platinum Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Corsair sudah sejak lama dikenal memiliki barisan gaming gear ampuh, yang tidak hanya memiliki nuansa keren dari sudut estetika, namun juga performa yang ditawarkan. Hal tersebut berlaku untuk keyboard unggulan Corsair, yaitu K95 RGB Platinum.

Seri ini bahkan bisa mewakili keyboard enthusiast yang tidak hanya fokus untuk dunia gaming saja, namun juga untuk banyak hal yang jauh lebih seru. Cuman, harga tentu tidak datang Dengan mura, dimana kalian perlu mengeluarkan anggaran diatas 2.5 jutaan.

Corsair K95 RGB Platinum

Tapi tetap saja seri ini bisa layak banget untuk kalian, khususnya bagi mereka yang memiliki anggaran dan menginginkan salah satu perangkat keyboard terbaik mereka untuk memulai hari-hari menyenangkan bersama perangkat andalannya tersebut.

Keyboard itu sendiri memiliki bobot sekitar 1.3 yang cukup, tidak berat juga tidak ringan. Dan apa yang bisa membuatnya kerasa berkelas adalah sudut finishing aluminium brushed yang sempurna pada bagian frame, yang ternyata punya manfaat lain untuk ketahanan yang lebih lama.

Corsair K95 RGB Platinum

Sedangkan secara keseluruhan, keyboard ini hadir dengan pilihan tombol penuh, termasuk numpad dan maupun beberapa tombol extra, termasuk tombol makro khusus G1 sd G6 yang bisa kalian sesuaikan pengaturannya lewat software ICUE, maupun tombol lainnya seperti untuk fitur audio, kecerahan dan kunci keyboard.

Kalian bahkan bisa scrolling volume audio dibagian atas yang bisa memudahkan pengaturan suara baik dalam ingame maupun apapun yang kalian dengarkan pada PC. Ini bisa membawa fitur yang jauh lebih unik, termasuk kemudahan dengan rasa baru dibanding tombol kasual. Sayangnya, tenaga besar butuh pengorbanan extra pula, dimana keyboard ini memiliki dua port USB yang harus terhubung dan bisa memakan slot extra pada USB.

Dukungan pencahayaan RGB juga bisa bawa daya tarik tersendiri, dimana keyboard ini menawarkan backlighting yang jauh lebih cerah, banyak varian efek seru, termasuk penyesuaian dengan apa yang kalian inginkan melalui software khusus ICUE.

Corsair sendiri mengklaim bahwa keyboard ini mampu menghadirkan efek pencahayaan yang dinamis dan bisa memberikan aura tersendiri bagi pengguna dengan kustomisasi yang nyaris tanpa batas. Meskipun, pilihan yang hadir bisa dibilang tetap sama, walupun Corsair memiliki beberapa sajian yang jauh lebih unik dibanding merk lainnya. Kalian juga bisa memasang perangkat extra pada keyboard dengan pilhan sebuah USB port.

Dan untuk membuatnya sempurna, keyboard ini memiliki handrest bawaan tanpa perlu membelinya secara terpisah. Handrest itu sendiri memiliki fungsi yang bermanfaat bagi pengguna, khususnya bagi kalian yang suka sekali kegiatan marathon dengan waktu Panjang didepan PC. Ini akan mengistirahatkan pergelangan tangan sehingga sesi bermain bisa dicapai dengan kenyamanan terbaik. Handrest yang hadir juga bisa dengan mudah dipasang atau dilepasnya kembali dengan beberapa sentuhan saja.

Spesifikasi inti

CORSAIR K95 RGB Platinum

  • Dimensi : 465 x 171 x 36 mm
  • Berat : 1324 g
  • Koneksi : USB (2 port)
  • Iluminasi : Ya (RGB)
  • Rollover Kunci: NKRO
  • Numpad : Ya
  • Tombol Makro : 6 tombol
  • Tombol Media : Kontrol media khusus
  • USB Passthrough: Ya
  • Switch: Cherry MX Brown, Cherry MX Speed
  • Ekstra: palm rest
  • Harga : Rp 2.500.000 (Cek Harga terbaru disini)

Sedangkan untuk spesifikasi inti, Corsair K95 RGB Platinum itu sendiri membawa switch mekanik Cherry MX brown yang sangat populer enggak cuman ideal untuk kegiatan gaming, namun juga ideal untuk kegiatan pengetikan sesi Panjang.

Switch Cherry MX Brown bisa dibilang mewakili pilihan hybrid, dimana pilihan ini sangat atau lebih merata antara kegiatan game dan pengetikan harian. Mereka menampilkan tonjolan lembut, taktil di dekat bagian tengah kunci, yang berarti kalian enggak perlu menekan tombol ke bawah terlalu dalam untuk mendaftarkan tombol tekan.

Hasilnya adalah kalian akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menekan semua tombol hanya untuk mengetik, dan suara taktil yang dihasilkan ciri khas keyboard mekanik juga enggak terlalu keras, sehingga tidak mengganggu orang-orang sekitar.

Keyboard ini juga mendukung penyimpanan untuk profile tombol yang disesuaikan oleh pengguna dengan hadirnya memory extra 8MB. Jadi, ini bisa membawa kemudahan bagi kalian yang benar-benar serius untuk memberikan banyak pilihan tombol extra dengan menyimpannya pada memori onboard di keyboard, bahkan saat kalian bepergian.

Kalian juga tidak perlu software extra untuk mengembalikan pengaturan yang sudah dilakukan sebelumnya, jadi tidak perlu waktu berlama lagi untuk kembali ke permainan dengan pilihan tombol yang pas sesuai dengan keinginan kalian. Corsair juga mengklaim bahwa keyboard ini memiliki fitur Anti ghosting penuh, yang artinya bahwa tidak ada lagi pilihan tombol yang tidak terdeteksi saat kalian menekannya secara bersamaan.

Kesimpulan

Nah, dari apa yang telah kami ungkap, Corsair K95 RGB Platinum pada dasarnya akan membawa makna besar bagi kalian sedang mencari keyboard mekanik terbaru yang worth banget untuk semua kegiatan kalian, enggak cuman satu fokus untuk dunia gaming aja. Namun ini bisa menjadi alat berarti sebagai kegiatan pengetikan jangka Panjang.

Disamping itu, kualitas dan bentuk desain juga keliatan banget kelasnya, apalagi feel yang dibawa bisa sangat menyenangkan, baik dari sisi etetika maupun penggunaan. Dan hal terbaiknya adalah dukungan RGB lighting yang punya banyak efek menarik dan unik, termasuk software smart iCUE yang bakal membawa pengalaman terbaik untuk semua orang.

Cuman, sebagaimana apa yang telah kami katakan sebelumnya, keyboard ini enggak datang dengan murah, dimana kalian perlu anggaran extra untuk memilikinya. Disamping itu, ini mungkin saja enggak berlaku buat pengguna kasual yang menginginkan nilai heboh untuk sebuah keyboard, apalagi jika budget kalian sangat terbatas.

Tapi terlepas dari itu semua, dan jika kalian pada dasarnya menginginkan salah satu keyboard terbaik yang udah hadir dipasaran hari ini, maka Corsair K95 RGB Platinum tentu layak banget untuk kalian pertimbangkan. Inti dari keyboard itu sendiri sudah terwakili dari bentuk desain maupun kelayakan untuk investasi jangka Panjang. Dan jika skor tertinggi adalah angka 10, maka corsair bisa menyandang nilai 8 untuk posisi yang ideal dan worth banget.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat