- Berita Terbaru, Prosesor

AMD Dominasi Pilihan CPU Utama Banyak Konsumen Di Eropa Hingga 60%

Setelah lebih dari 10 tahun di dominasi oleh Intel, AMD kembali bangkit dan menjadi pilihan utama banyak konsumen modern hari ini, atau setidaknya saat Ryzen pertama kali dirilis tahun 2017 silam. Bahkan tim merah mampu dominasi penjualan CPU di Eropa, dimana menurut European Hardware Association (EHA), popularitas AMD telah meningkat 50 persen selama dua tahun terakhir.

Dan survei terbaru EHA mengenai pilihan prosesor desktop berikutnya kepada 10.000 responden, 60 persen dari mereka lebih memilih AMD daripada Intel. Ini bisa menjadi bentuk bagaimana suksesnya tim merah dibawah arahan Dr.Lisa LU sebagai CEO, bahkan membawa sejarah tersendiri bagi konsumen.

Baca juga : AMD Athlon 3000G Review : Prosesor Murah 800 Ribuan, Lebih Dari “Sekedar” Kasual CPU

“Tiga tahun terakhir kita telah melihat AMD mendapatkan banyak momentum di segmen penggemar,” kata ketua EHA Koen Crijns. “Dengan seri CPU Ryzen, AMD telah menghilangkan kesenjangan kinerja yang tersisa, sambil menawarkan rasio harga / kinerja yang hebat.”

AMD Dominasi

Karena alasan itulah, AMD perlahan-lahan mendapatkan dukungan di kalangan penggemar PC Eropa. Dalam survei serupa dari 2018, 40 persen responden lebih suka AMD. Angka itu mencapai 50 persen dalam survei lain yang dilakukan pada Mei tahun ini.

“Peningkatan preferensi dari 50 persen menjadi 60 persen dalam beberapa bulan terakhir, dapat dijelaskan dengan peluncuran CPU desktop Ryzen generasi ke-3 AMD terbaru”, kata Crijns.

AMD juga membuat keuntungan ketika datang ke kartu grafis, meskipun Nvidia tetap menjadi pilihan nomor satu hingga hari ini yang paling dominan dengan persentase hingga 72,8 persen dibanding AMD yang hanya memiliki bagian kue sebesar 23%. Meskipun, menurut EHA, itu juga menunjukan kenaikan sebesar 4 persen dalam enam bulan terakhir.

Dan tidak di Kawasan Eropa saja, AMD juga ternyata mengalami lonjakan popularitas. Dalam grafik AS di Amazon tentang CPU terlaris, semua kecuali dua dari sepuluh tempat teratas ditempati oleh prosesor AMD, dan penjualan CPU-nya telah bergerak maju dari Chipzilla di Jepang maupun Asia.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat