- Cooler, Gaming Gear, Hardware

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler Review : Combo Sempurna Antara Kinerja & Estetika

Xigmatek Aurora 360, AIO Liquid Cooler terbaru ini bisa jadi pilihan seru kalian yang cukup layak buat dipertimbangin. Sisi estetika dan kinerja jadi Combo sempurna yang bisa ditawarin tuh AIO, termasuk nilai harga yang terasa lebih murah dibanding dengan merk lain pada kelas yang sama.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin oleh AURORA 360? Simak selengkapnya dibawah ini. Kalian juga bisa lihat di video terbaru channel YouTube kami disini. Jangan lupa juga untuk subscribe :D.

Baca juga : Xigmatek Aquarius Plus Review : Casing PC Berkelas, Totalitas Tanpa Batas

Xigmatek Aurora 360 Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Xigmatek kembali memberikan pesona baru dengan banyaknya pilihan produk seru yang bisa diungkap, salah satunya adalah Aurora 360, AIO Liquid Cooler terbaru dengan kesan yang cukup positif. Hadirnya fitur extra dalam sudut estetika menyenangkan jadi nilai plus yang dibawa tuh pendingin, apalagi harga yang ditawarin juga terasa cukup nyaman buat didengar.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Dengan harga mulai dari 1.6 jutaan, kalian sudah mendapatkan sebuah AIO besar dan tiga fan AT120 ARGB  yang benar-benar keren saat menyala, plus bisa disingkronkan lewat motherboard merk populer maupun fitur default bawaan Xigmatek untuk pencahayaan terbaik.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Nah, Apa aja sih yang bisa kalian dapatkan saat beli AIO ini? Xigmatek memberikan paket bundle yang cukup lengkap pada Aurora 360, enggak cuman pilihan default antara radiator maupun fan aja, namun juga kalian bisa mendapatkan ARGB Controller box yang bisa nampung hingga 8 port fan untuk bisa tersambung dalam satu smart sistem yang terintegrasi.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Disamping itu, kalian juga bakal dapetin Wireless Remote Controller, dimana produsen ngasi kemudahan buwat melalukan banyak efek hebat dalam gengaman tangan, seperti buwat milih efek LED default bawaan hingga 7 mode, ngatur kecepatan fan, atau juga singkronisasi secara otomatis ke mobo untuk mendapatkan lebih banyak efek cahaya.

Spesifikasi XIGMATEK AURORA 360
CPU Support AMD : AM4/AM3/AM3+/AM2+/AM2/FM2/FM1,TR4
Intel : LGA 2066/2011-V3/2011/1366/115x Socket
Cold Plate Copper
Radiator Dimension 398x120x27mm
Radiator Material Alumunium
Tube Length 350mm Black Sleeved Tube
Pump Dimension 78.59×70.52x43mm
Pump RPM 2600 RPM
Lighting Aura RGB Rainbow Iluminated Pump head (ARGB MB SYNC)
Fan 3X AT120 ARGB Rainbow Lighting 120mm
Fan Speed 1800RPM
Harga Rp1.600.000

Desain

Bicara mengenai desain, Aurora 360 bawa paket bundle yang lengkap, termasuk radiator bermateri aluminium dengan ukuran Panjang 39cm, lebar 12cm dan ketebalan sekitar 2.7cm.  Sedangkan untuk pompa, seri ini punya fitur desain pelat tembaga murni kelas atas yang diklaim bisa memberikan pembuangan panas lebih efektif dan stabil.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Dan untuk urusan estetika jauh lebih menarik, desain mirror pada pompa bisa ngasih banyak efek warna yang menyenangkan, khususnya di bagian logo, meskipun enggak terlalu terang juga sih. Sedangkan Tube pada AIO ini punya Panjang sekitar 35cm, ketebalan sekitar 1.2cm dan dibungkus sleeve hitam yang terlihat kuat plus cukup bergaya.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Terakhir, buat optimalin sisi pendinginan yang lebih efektif, hadirnya tiga fan ARGB AT120 bakal memberikan kinerja cukup hebat, dimana xigmatek mengklaim bahwa fan yang hadir punya potensi performa superior, termasuk daya tahan yang cukup lama lewat fitur Hydro Bearing.

Sedangkan untuk dukungan prosesor, AIO ini punya kompabilitas yang baik, termasuk udah bisa dukung CPU modern baik dari Intel dengan soket LGA 1151 maupun 2066 dan AMD dengan soket AM4 maupun soket TR4. Semua hal tersebut disajiin lewat bracket all in one, yang tentu aja bakal mudahin pemasangan.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Performa

Bagaimana Dengan Kinerjanya? Kebetulan kali ini kami punya sistem berbasis Ryzen 9 yang sangat powerful, sehingga itu tentu butuh sistem pendinginan yang efektif. Jadi, ini bisa jadi contoh sempurna bagaimana ideal atau enggaknya Aurora 360 saat dipakai untuk mendinginkan Ryzen 9 3900X, apalagi juga bisa jadi pembanding dengan CPU Cooler bawaan prosesor, yaitu Wraith Prism RGB LED.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Nah, Secara keseluruhan, Aurora 360 Liquid Cooler ini memberikan performa yang sangat baik, dimana suhu rata-rata saat bekerja tinggi atau saat main game bisa nyampe hingga 65°, Sedangkan sata idle, suhu cuma rata-rata cuma nyampe hingga 45° Celcius.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

dibandingin dengan Wraith Prism RGB LED, seri ini sedikit lebih baik dengan perbedaan hingga 15%, Itu tentu bisa jadi kabar yang cukup positif, apalagi kita bicara mengenai CPU 12 core loh.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Overclocking lewat AIO Liquid Cooler ini juga cukup menyenangkan, apalagi saat CPU Di OC hingga 4.4Ghz. Suhu masih terhitung cukup normal dengan rata-rata hingga 78°, meskipun terkadang bisa mencapai hingga diatas 80° Celcius. Namun secara keseluruhan, AURORA 360 masih sangat layak buat nampung prosesor hebat sekelas Ryzen 9.

Kesimpulan

Xigmatek Aurora 360 pada dasarnya cukup layak untuk kalian pertimbangin sebagai pilihan CPU Cooler hebat berikutnya pada harga yang sangat terjangkau. Dengan modal cuman sekitar 1.6 jutaan, kalian bisa mendapatkan banyak hal nyenengin, apalagi untuk urusan estetika. Kinerja yang dihadirkan terhitung baik, ideal juga untuk prosesor high-end.

Xigmatek Aurora 360 AIO Liquid Cooler

Sayangnya, pendingin terasa agak berisik, apalagi saat CPU sedang bekerja tinggi. Pengaturan fan lewat remote enggak begitu ngaruh. Disamping itu, produsen gak ngasi solusi software extra buat monitoring AIO ini maupun ngatur pencahayaan extra. Jadi, kalian pastinya bakal memakai lebih banyak software bawaan mobo buwat urusan tersebut.

Namun, terlepas dari itu semua, AIO Liquid Cooler ini secara overall sih cukup baik, banyak fitur nyenengin, apalagi buwat show off rig pc kalian. ARGB Fan maupun logo dibagian pompa bisa bawa pc terasa lebih hidup, apalagi hadirnya Controller box extra bisa nampung fan ARGB lainnya buat nyatuin sistem lebih sempurna.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat