- Gaming Gear, Hardware, Laptop

HP Pavilion Gaming 15-DK0042TX Preview : Laptop Gaming Murah, Spek Enggak Murahan

Lagi nyari laptop gaming murah dengan kekuatan cukup powerful? HP PAVILION Gaming 15-DK0042TX bisa jadi pilihan ideal untuk memulai. Karena selain harga cukup terjangkau, kalian juga bisa dapetin spesifikasi tangguh, termasuk prosesor Intel Core i7 9th gen, SSD NVMe maupun Grafis GTX 1650 yang layak banget untuk gaming 1080p.

Penasaran dengan laptop gaming terbaru dari HP ini? Mari kita ungkap lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Lagi Nyari Laptop Budget 5 Jutaan Yang Ideal? 5 Pilihan ini Layak Banget Buat Dipertimbangin

HP PAVILION GAMING 15-DK0042TX : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Spesifikasi HP PAVILION Gaming 15-DK0042TX
Operating System Windows 10 Home
Prosesor Intel Core i7-9750H (6 Core up to 4.5Ghz, 12MB Cache)
Display 15.6″ diagonal FHD IPS anti-glare micro-edge WLED- backlit (1920 x 1080)
Memory 8 GB DDR4-2666 SDRAM (1 x 8 GB)
Storage 1 TB 7200 rpm SATA
256GB SSD NVMe
Graphic NVIDIA® GeForce® GTX 1650 Graphics (4 GB GDDR5 dedicated)
Battery 3-cell, 52.5 Wh Li-ion
Ports 1 USB 3.1 Gen 2 Type-C™; 1 USB 3.1 Gen 1 Type-A (HP Sleep and Charge);
2 USB 3.1 Gen 1 Type-A (Data Transfer Only); 1 HDMI; 1 AC smart pin;
1 RJ-45; 1 headphone/microphone combo
Expansion slots 1 multi-format SD media card reader
Wireless Intel® Wireless-AC 9560 802.11a/b/g/n/ac (2×2) Wi-Fi® and Bluetooth® 5 Combo
Keyboard Full-size island-style acid green backlit keyboard with numeric keypad
Audio B&O, dual speakers, HP Audio Boost
Webcam HP Wide Vision HD Camera with integrated dual array digital microphone
Berat 2.23Kg
Dimensi 36 x 25.6 x 2.34 cm
Garansi 2 Tahun
Harga Rp14.695.000

Laptop gaming entry level dengan budget ketat kini memiliki banyak varian yang jauh lebih menyenangkan, apalagi hadirnya prosesor Intel 9th gen dan GPU Nvidia 1650 bisa membawa pilihan lebih jitu bagi konsumen.

Nah, HP bisa menjadi salah satu pusat perhatian tersebut melalui seri Pavilion Gaming 15. Salah satunya adalah tipe DK0042TX, dimana laptop gaming tersebut hadir dengan spesifikasi yang cukup powerful, namun memiliki harga yang masih tetap sama, bahkan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan merk lain pada spesifikasi yang sama.

Sisi desain Pavilion Gaming 15 itu sendiri menjadi salah satu ciri khas yang berkelas, dimana laptop gaming ini memiliki rasa Omen yang benar-benar menyenangkan dari sudut estetika, bahkan kalian masih tetap bisa bergaya dengan nuansa yang penuh makna.

Laptop Gaming Murah

Tingkat ketebalan laptop dan bobot juga mendukung sisi portabilitas yang baik, dimana laptop gaming ini memiliki tingkat ketebalan sekitar 2.3cm dan memiliki berat utuh sekitar 2.2kg. Intinya, kalian masih bisa membawa kemanapun laptop tersebut dengan bebas, meski masih memiliki keterbatasan untuk ruang yang jauh lebih luas.

Laptop Gaming Murah

Keyboard dengan backlight hijau juga membawa gaya tersendiri yang unik, keren namun tetap bisa membawa manfaat besar, khususnya untuk penggunaan dalam ruangan yang gelap. Disamping itu, ini adalah keyboard bergaya Full island dengan nilai extra tombol numpad dibagian kanan, sehingga tidak ada sisi minus ketika kalian akan memanfaatkan sepenuhnya keyboard.

Hal tersebut juga berlaku untuk touchpad, dimana ini memiliki ruang gerak yang cukup luas dan mendukung multi-touch gesture maupun Precision Touchpad. Cuman, kalian mungkin akan lebih sering menggunakan mouse extra untuk pemakaian navigasi, apalagi untuk gaming.

Konektivitas & Display

Sisi konektivitas modern juga cukup lengkap, bahkan cukup menyenangkan dengan kehadiran 1x USB cepat USB Type C 3.1 Gen 2 yang mendukung fitur charging maupun display extra), 3x USB 3.1 Gen 1, port HDMI, port lan Rj-45 dan sebuah port jack audio combo. Intinya, pilihan konektivitas extra yang disajikan terasa cukup untuk memenuhi kebutuhan banyak pengguna hari ini.

Laptop Gaming Murah

Konektivitas internet secara wireless juga cukup modern, khususnya ketika dilihat dari segi spesifikasi. Kehadiran Intel Wireless-AC 9560 802.11a/b/g/n/ac (2×2) Wi-Fi dan Bluetooth 5 Combo tentu akan membawa dampak positif untuk segala perangkat extra maupun membawa internet cepat terasa jauh lebih efektif.

Sedangkan untuk urusan display, HP PAVILION Gaming 15-DK0042TX memenuhi ruang yang cukup luas dengan sajian layar 15.6” yang bisa mencapai resolusi maksimum Full HD (1920×1080) dengan tipe panel IPS, bahkan memiliki rasio screen to body yang cukup luas. Hasilnya, layar terasa jauh lebih luas dan bisa memberikan sisi kenyamanan yang terasa jauh lebih menyenangkan, khususnya untuk pengalaman gaming lebih seru.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi internal juga membawa magnet tersendiri bagi pengguna, apalagi HP kini memberikan spesifikasi segar dengan pilihan powerful. Kehadiran prosesor Intel Core i7-9750H menjadi sajian utama, dimana CPU ini memiliki kekuatan 6 Core, 12 threads, clockspeed dasar sebesar 2.6Ghz dan max boost clock hingga 4.5Ghz dan membawa cache sebesar 12MB.

Spesifikasi Intel Core i7-9750H
Code Name Coffee Lake
Lithography 14 nm
# of Cores 6
# of Threads 12
Processor Base Frequency 2.60 GHz
Max Turbo Frequency 4.50 GHz
Cache 12 MB SmartCache
Bus Speed 8 GT/s DMI
TDP 45 W
Processor Graphics Intel® UHD Graphics 630
Graphics Base Frequency 350 MHz
Graphics Max Dynamic Frequency 1.15 GHz

Disamping itu, kinerja bakal jauh lebih powerful, khususnya ketika CPU ini memiliki nilai TDP 45W yang tentu saja bisa memberikan banyak pengaruh untuk urusan performa. Meski, hal tersebut berdampak pada kekuatan baterai.

Sedangkan untuk kekuatan grafis, Nvidia GeForce GTX 1650 dengan VRAM 4GB GDDR5 bisa menjadi pilihan solid untuk membawa pengalaman gaming hebat pada laptop ini. GPU tersebut bahkan memiliki kinerja jauh lebih baik jika dibandingkan dengan GTX 1050 Ti, sehingga kalian bisa memanfaatkan VGA tersebut untuk banyak hal, termasuk game-game terbaru pada level 1080p dengan pengaturan antara medium hingga high untuk AAA gaming.

Memori default pada HP PAVILION Gaming 15-DK0042TX yang dihadirkan produsen adalah 8GB DDR4, namun kalian masih bisa mengupgrade memori hingga pilihan terbesar dengan kehadiran extra slot didalamnya.

Sedangkan untuk penyimpanan, hadirnya combo storage antara SSD NVMe dengan kapasitas 256GB dan HDD 1TB tentu akan menjadi kombinasi sempurna untuk solusi pasti pengguna pada sistem. SSD NVMe itu sendiri bisa memberikan kinerja jauh lebih tinggi jika dibanding SSD standar hingga 3GB/s untuk read speed. Dan HDD 1TB akan membawa banyak penyimpanan yang jauh lebih besar untuk solusi ampuh semua file besar kamu.

Terakhir, laptop ini membawa kekuatan baterai 3-cell, 52.5 Wh Li-ion. Ini mungkin terkesan biasa saja, apalagi baterai laptop gaming tidak memiliki banyak fitur istimewa dengan kemampuan maksimum hingga 2 jam saja untuk kinerja gaming. Sehingga, kalian perlu memakainya sambil baterai dicharger untuk mendapatkan kekuatan maksimum.

Kesimpulan Awal

Terlepas dari semua hal yang belum kami ungkap, HP PAVILION Gaming 15-DK0042TX bisa menjadi pilihan utama yang cukup layak untuk dipertimbangkan. Khususnya ketika kalian memiliki budget pas sekitar 14 jutaan, namun menginginkan performa maksimum untuk sebuah laptop gaming, baik dari sisi spesifikasi internal maupun sajian estetika. Seri ini bahkan bisa memenuhi semua ruang tersebut, meskipun materi yang disajikan masih jauh dari harapan konsumen.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat