- Laptop, RAM, Tutorial

Bedanya Apa Sih DDR3L Sama DDR3 atau DDR4L VS DDR4 Standar? Begini Penjelasannya

Mau upgrade memori Laptop? Tapi ternyata itu tidak berhasil atau tidak terdeteksi karena laptop kalian hanya mendukung tipe memori DDR3L atau seri DDR4L. Sedangkan Ram yang kalian beli memiliki tipe standar DDR3 atau DDR4.

Pertanyaannya, mengapa bisa begitu? Apa sih yang dimaksud dengan seri L pada memori tersebut? Untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Modul Memori Desktop 16GB DDR4 Murah, Kinerja Hebat

Antara DDR3L & DDR3 Standar, Begini penjelasannya

Sebagaimana kita tahu, RAM apapun bentuk dasar dari platform yang digunakan merupakan kepanjangan dari Random-Access Memory, dimana ini memiliki banyak varian, mulai dari seri lama DDR, kemudian DDR2, DDR3 hingga DDR4.

Dan ternyata ada juga varian lain untuk kinerja standar memori, khususnya untuk tipe DDR3 maupun DDR4, yakni varian DDR3L dan DDR4L. Maksud dari seri L yang membawa penamaan tambahan tersebut adalah jenis tegangan default yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan seri DDR3 atau DDR4 standar.

Perbedaan DDR3L Dan DDR3

Artinya bahwa ketika memori DDR3 pada dasarnya memiliki tegangan voltase dasar sebesar 1.5V, maka seri DDR3L memiliki tingkat voltase yang jauh lebih rendah hingga 1.35V. Hal yang sama juga berlaku untuk seri DDR4L, dimana ini bisa bekerja pada tegangan jauh lebih rendah hingga 1.2V jika dibandingkan dengan seri standar.

Hanya saja, tipe memori L series masih bisa bekerja untuk perangkat yang memiliki dukungan memori standar, baik antara DDR3 ataupun DDR4. Cuman, perlu dicatat nih bahwa perangkat yang hanya mendukung tipe memori L series biasanya tidak mendukung tipe memori DDR3 atau DDR4 standar. Artinya bahwa kalian enggak bisa gunakan tipe memori tersebut pada perangkat yang hanya mendukung tipe memori DDR3L atau DDR4L series saja.

Inilah mengapa, ini menjadi masalah umum pada laptop kalian saat berencana untuk upgrade memori, dimana mungkin saja tipe laptop tersebut hanya mendukung tipe memori DDR3L saja. Sedangkan perangkat RAM yang sudah kalian beli memiliki tipe standar dengna voltase yang jauh lebih besar.

Bagaimana saya mengetahui tipe memori laptop?

Hal pertama untuk mengetahui tipe memori yang kalian gunakan biasanya dari spesifikasi laptop dari produsen. Kemudian juga kalian bisa mengetahui dari sisi tegangan voltase yang dibawa memori tersebut, baik pada label ataupun melalui spesifikasi secara virtual, misal melalui CPUZ atau software lain.

Perbedaan DDR3L Dan DDR3

Intinya, jika laptop kalian mendukung secara default memori standar DDR3 atau DDR3, maka kalian bisa memasang tipe memori antara DDR3 standar atau DDR3L pada laptop kalian. Namun jika laptop kalian hanya mendukung memori DDR3L, maka kalian tidak bisa menggunakan tipe memori DDR3 standar pada laptop tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk laptop yang mendukung memori DDR4L, dimana kalian pastinya tidak bisa menggunakan tipe memori laptop standar DDR4 pada laptop tersebut.

Nah, itu dia sedikit penjelasan kami mengenai perbedaan antara tipe memori DDR3L maupun DDR3 standar, termasuk juga DDR4L dan DDR4 standar yang pada ujungnya memiliki perbedaan yang sama, yakni nilai voltase. Semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Bedanya Apa Sih DDR3L Sama DDR3 atau DDR4L VS DDR4 Standar? Begini Penjelasannya

Comments are closed.