- Gaming Gear, Hardware, Motherboard

Worthed Enggak Sih Beli Mobo X570? Let’s Find Out

AMD Ryzen 3000 Series kini sudah tersedia global dengan nilai yang sangat positif. Ini bisa menjadi waktu terbaik kamu untuk membangun sebuah PC tangguh pada nilai yang cukup terjangkau. Hanya saja, terkadang masih ada banyak orang yang bingung dengan pilihan komponen utama, khususnya antara mobo X570 dan dibawahnya.

Untuk itulah, mari kita perbandingkan secara umum mengenai kedua pilihan tersebut, khususnya antara seri X570 maupun mobo AM4 seri 400, antara B450 dan X470. Ini tentu bisa memberikan bahan pertimbangan yang baik bagi kamu, apalagi jika kamu sudah memiliki seri mobo lama tersebut sebelumnya.

Baca juga : AMD Dikabarkan Tidak Lagi Produksi Radeon VII, Fokus Utama Pada Navi GPU

Worthed Enggak Sih Beli Mobo X570?

Sebagaimana kita tahu, AMD bisa meyakinkan konsumen bahwa baik chipset 300 dan 400 series akan memiliki dukungan CPU yang Panjang hingga tahun 2020 mendatang. Dan kehadiran Ryzen 3000 menjadi salah satu bukti bahwa janji mereka tetap utuh dan menjadi kenyataan. Intinya bahwa, mobo lama tersebut masih mendukung prosesor AMD terbaru, meski pelanggan perlu mengupdate bios mobo lama mereka.

Mobo X570

Nah, disisi lain AMD juga memberikan chipset anyar, yakni seri X570 dimana ini bisa membawa banyak hal yang jauh lebih menyenangkan. Terlebih lagi, kehadiran berbagai dukungan teknologi baru dan bisa memberikan banyak keuntungan kinerja bagi konsumen. Tentu, kehadiran PCIe gen 4.0 dan banyak fitur mewah benar-benar tersaji dengan baik.

Dan dari semua hal yang bisa kami pelajari, Inti dari chipset X570 yang bisa ditawarkan kepada konsumen adalah :

  • 16x PCIe® 4.0 Lanes (up to)
  • 12 Port SATA 6Gbps (up to)
  • 4x USB HiSpeed 480Mbps (Up to)
  • 8x USB SuperSpeed + 10Gbps (Up to)
  • PLUS semua PCIe 4.0, USB, dan I / O Storage langsung dari prosesor AMD Ryzen

Banyak produsen ketiga juga memberikan nilai premium yang jauh lebih baik, dukungan memori yang lebih tinggi dan tentu saja nilai estetika yang jauh lebih bermakna. Pertanyaannya, apakah semua hal mewah yang ditawarkan X570 benar-benar layak untuk kamu? Jika kamu merupakan seorang pengguna kasual yang tidak memiliki banyak arti dari semua kehadiran fitur mewah tersebut, terlebih lagi PCIe Gen 4.0 yang super cepat, maka kehadiran X570 tidak terlalu layak untuk direkomendasikan.

Masalahnya adalah harga yang ditawarkan produsen juga kini jauh lebih mahal, bahkan seri termurah dari mobo berbasis chipset ini berada pada kisaran 2.8 jutaan. Selain itu, tidak semua CPU mendukung mobo X570 ini, khususnya untuk seri prosesor AMD Ryzen generasi pertama maupun CPU berbasis iGPU Vega gen 1.

Disisi lain, barisan motherboard seri 400 maupun 300 masih cukup layak untuk diperhitungkan dan kompatible dengan Ryzen 300 (kecuali seri A320). Dan hal terbaiknya, harga mobo lama memiliki nilai yang jauh lebih murah, pilihan fitur yang cukup mumpuni (khususnya seri B450 dan X470) dan kemudahan untuk upgrade bios.

Produsen sendiri mengatakan bahwa mereka yang sudah memiliki mobo lama perlu mengupdate bios lama mereka (khususnya seri X370 dan B350) pada pilihan terbaru. Tentu ini untuk bisa mengenali pilihan prosesor AMD terbaru generasi ke-3.

Kinerja yang ditawarkan secara umum juga tidak berbeda jauh. Sebagaimana apa yang diungkap oleh Techspot, mereka mengatakan bahwa dengan memiliki seri B450 pun masih bisa memberikan performa yang cukup baik, meski sedikit tertinggal dengan seri X570.

Namun, jika kalian mengingikan kinerja maksimum dari barisan CPU hebat terbaru AMD tersebut, dukungan penyimpanan yang jauh lebih tinggi, dan harga enggak masalah buat kamu, maka seri mobo X570 sangat layak sebagai pilihan utama kamu. Bahkan, ini bisa memberikan kinerja terbaik yang bisa kamu dapatkan, terlebih lagi keuntungan dari interface 4.0 maupun fitur extra lainnya yang bisa menjadi harapan utuh kamu dalam hal performa maksimum.

Mobo X570

AMD mengatakan bahwa masa depan bandwidth PCIe 4.0 dimulai pada tahun 2019 dengan peluncuran prosesor AMD Ryzen Desktop Gen 3 dan motherboard berbasis AMD X570. Mereka bahkan telah bekerja erat dengan mitra teknologi terkemuka seperti Phison untuk memungkinkan pengontrol NVMe 4.0e4 × 4 PCIe pertama untuk perangkat penyimpanan konsumen, serta vendor SSD seperti Corsair, Galaxy dan Gigabyte untuk membantu membawa drive PCIe 4.0 ke pasar.

Kesimpulan Awal

Jadi, jika kamu masih mengharapkan kekuatan maksimum dari kinerja prosesor AMD Ryzen 3000, maka kehadiran mobo X570 merupakan langkah terbaiknya. Namun jika semua fitur baru tersebut enggak terlalu diperhitungkan, maka seri mobo lama, khususnya chipset X470 maupun B450 masih bisa menjadi pilihan komponen yang cukup tangguh. Disamping itu, masih ada banyak pilihan mobo hebat dengan harga murah, mulai dari seri B450 dengan kisaran antara 1 jutaan hingga 2 jutaan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat