- Berita Terbaru, Gaming Gear, Motherboard

Harga Motherboard X570 Bisa Jauh Lebih Mahal Jika Dibandingkan X470, Benarkah Begitu?

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa dibawa oleh barisan prosesor terbaru AMD Ryzen berikutnya, namun penggemar tampaknya perlu mengeluarkan lebih banyak anggaran, khususnya ketika berbicara mengenai Motherboard X570.

Menurut Tomshardware, mereka mengatakan bahwa barisan mobo anyar berdasarkan chipset X570 tampaknya akan memiliki nilai harga yang cukup mahal, bahkan mirip dengan seri motherboard Z390 dari Intel. Seri Motherboard X570 dengan harga terendah sekalipun bisa terasa cukup menyesakkan jika dibandingkan dengan seri X470 pada umumnya.

Baca juga : AMD Siap Sajikan Arsitektur Grafis RDNA Pada Perangkat Ponsel Samsung Masa Depan

Ini tentu bisa menyulitkan pengguna yang berencana untuk membeli perangkat baru dari AMD tersebut dengan anggaran terbatas, sehingga seri mobo lama tampaknya akan menjadi pilihan utama untuk memulai.

Menurut Tomshardware, terungkapnya nilai harga mahal dari barisan motherboard X570 ketika mereka mewancarai CEO MSI Charles Chiang dan beberapa vendor lain di Computex 2019. Intinya bahwa seri mobo terbaru AMD ini akan memiliki harga lebih tinggi, bahkan bisa jauh dari harapan konsumen pada umumnya.

Meski, kenyataan bahwa chipset X570 membawa banyak hal baru yang sangat menyenangkan, termasuk lebih banyak multi-threaded ke desktop utama dan teknologi baru seperti PCIe 4.0. Sayangnya, harga bisa menjadi masalah, meskipun keputusan final masih belum bisa dikonfirmasi langsung dari AMD/

Itu adalah perubahan besar dari peran tradisional AMD yang biasanya memiliki motherboard dengan nilai harga jauh lebih murah daripada Intel. Ketika ditanya tentang sumber harga yang lebih tinggi, Chiang berkata, “Secara teknologi, PCIe Gen 4 akan berkontribusi banyak biaya pada motherboard, dan AMD saat ini mereka bermaksud untuk menjual chipset X570 untuk harga yang lebih tinggi.”

AMD sebelumnya menggunakan chipset ASMedia untuk motherboard generasi sebelumnya, tetapi perusahaan sekarang memproduksi silikon sendiri untuk tugas itu. Chiang mengatakan kepada Tomshardware bahwa, sementara penetapan harga belum final, tampaknya AMD dapat meningkatkan biaya chipset itu sendiri secara signifikan. “Tapi kamu tahu, ini semua sebenarnya masih dalam diskusi. Ini belum selesai, tetapi tampaknya [kita] akan memiliki perbedaan harga yang cukup tinggi antara X570 dan X470.”

Benarkah begitu? kita tunggu saja bagaimana semua kepastian tersebut terungkap pada saatnya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat