- Berita Terbaru, Internet, Security, Serba-serbi

Takut Diretas, Banyak Perusahaan Asal Amerika Kini Tidak Lagi Memakai Kabel Listrik Dari Tiongkok

Negeri Paman Sam tampaknya memiliki kecurigaan yang sangat tinggi terhadap barang-barang elektronik yang diproduksi dari Tiongkok. Bahkan, perusahaan-perusahaan tertentu di AS kini berencana akan mengalihkan pasokan kabel listrik dari Cina ke Taiwan. Alasan keamanan menjadi faktor utama mengapa mereka melakukannya.

Hal tersebut diungkap oleh Nikkei Asian Review, dimana mereka melaporkan hari ini bahwa perusahaan-perusahaan AS telah meminta pemasok kabel listrik mereka untuk mengalihkan produksi ke Taiwan karena kekhawatiran tentang mata-mata dari negeri Tiongkok.

Baca juga : Pejabat Samsung Jelaskan Mengapa Galaxy Fold Bisa Lebih Baik Dibanding Huawei Mate X

Salah satunya adalah  Lite-On Technology dan Quanta Computer, yang memasok kabel daya untuk semua orang dari IBM ke Facebook, kini pindah ke Taiwan. Seorang eksekutif Lite-On mengatakan pihaknya membuat langkah tersebut karena “atas permintaan klien Amerika yang mengutip risiko cyberespionage dari Beijing.”

Disisi lain, Quanta menyalahkan tiga faktor: “keamanan siber, tarif dan risiko geopolitik.” Dua faktor terakhir yang dihasilkan dari hubungan “bermasalah” antara AS dan China , meskipun Presiden Donald Trump beberapa waktu lalu mengatakan banyak kini hubungan mereka agak membaik.

Faktor keamanan terbukti pada dasarnya merupakan salah satu pandangan yang sangat serius. Perusahaan-perusahaan Amerika tampaknya tidak ingin jaringan mereka dikompromikan, dan dengan meningkatnya kekhawatiran tentang peralatan yang dibeli dari perusahaan Cina, masuk akal untuk meminta pemasok untuk pindah ke tempat lain.

Menurut Tomshardware, apa yang dilakukan oleh perusahaan Amerika tersebut jelas bisa efektif. Karena, akan relatif mudah bagi seseorang untuk menyembunyikan chip di kabel untuk mencuri data tanpa terdeteksi. Seorang peneliti mengatakan kepada Nikkei bahwa China pernah melakukan hal itu dengan meletakkan pengisi daya ponsel cerdas di ruang publik dan mengumpulkan data dari perangkat yang terhubung. Laporan tersebut dirilis tidak lama setelah para peneliti berbagi cara untuk mengumpulkan data menggunakan dengan kabel USB berbahaya dan Thunderbolt 3.

Hanya saja, menurut beberapa kalangan mengkritik kebijakan tersebut. Alasan utamanya, berpindah tangan dari Cina ke Taiwan mungkin saja sama dengan lelucon, bukankah ini merupakan bagian dari negeri Tirai Bambu? Bagaimana menurut kamu?

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “Takut Diretas, Banyak Perusahaan Asal Amerika Kini Tidak Lagi Memakai Kabel Listrik Dari Tiongkok

Comments are closed.