- Gaming Gear, Hardware, Motherboard

Gigabyte B450M DS3H : Motherboard Handal, Harga Terjangkau

Motherboard B450 bisa membawa pilihan yang hebat, terlebih lagi sanggup menyajikan banyak fitur mewah dengan pilihan harga yang cukup terjangkau, termasuk juga dukungan teknologi StoreMI premium yang digaungkan AMD. Nah, ketika kamu sedang mencari seri motherboard yang ideal, kehadiran Gigabyte B450M DS3H bisa layak untuk dipertimbangkan.

Apa yang benar-benar menjadi daya tarik dari motherboard ini adalah pilihan komponen yang berkualitas dan disajikan dengan nilai harga yang cukup terjangkau. Nah, penasaran fitur hebat apa saja yang ditawarkan oleh mobo ini selain apa yang telah kami ungkap sebelumnya, mari kita lihat detailnya dibawah ini.

Baca juga : Gigabyte Rilis Seri GTX 1060 6GB GDDR5X Terbaru Pada Lini G1 Gaming

Gigabyte B450M DS3H Motherboard Preview : Pandangan Umum

Gigabyte B450M DS3H hadir dengan bentuk faktor MikroATX, sehingga pilihan mobo ini bisa di tampung pada hampir semua pilihan chassis kecil pengguna dengan ukuran sekitar 24.3 cm x 21. 5 cm. Di sisi lain, hadirnya dukungan RGB Fusion yang bisa menyajikan Strip LED RGB hingga 7 Warna yang berbeda bisa menjadi nilai plus lainnya untuk sistem komponen lain. Tentu ini bisa memberikan nuansa yang cukup mewah, meski motherboard itu sendiri masih terlalu sederhana dalam hal desain.

Gigabyte B450M DS3H

Hanya saja, Produsen mengklaim bahwa seri motherboard ini merupakan pilihan yang bandel untuk urusan daya tahan, bahkan sanggup memberikan kinerja yang cukup baik untuk performa sistem. Tentu, kehadiran banyak komponen berkualitas tinggi merupakan salah satu nilai unggulan yang ditawarkan oleh mobo ini.

Beberapa fitur utama yang disajikan mobo ini untuk urusan kualitas adalah pin konektor daya yang sangat solid, bracket penguncian ganda pada slot PCIe agar kartu grafis tidak mudah bengkok dan kokoh, serta Glass Fabric PCB yang sangat kuat dan  menawarkan perlindungan yang jauh lebih baik dari korsleting dan kerusakan sistem, dimana ini biasanya disebabkan oleh kondisi lembab.

Motherboard itu sendiri menggunakan Low RDS (on) MOSFET, dimana fitur ini bisa mengurangi pemborosan energi melalui pembuangan panas residu yang tidak perlu. Ini semua berarti penghematan energi nyata yang bermanfaat bagi pengguna dan lingkungan tanpa mempengaruhi kinerja sistem.

Spesifikasi Internal

SpesifikasiGIGABYTE B450M DS3H
HargaRp 1.580.000 (Beli
CPU Socket TypeAM4
ChipsetsAMD B450
Memory Slots4×288pin Up to DDR4 3200 (OC)
Maximum Memory Supported64GB
Expansion SlotsPCI Express 3.0 x16
PCI Express 2.0 x16
PCI Express x1
Storage Devices4 x SATA 6Gb/s
1 x M.2 connector (Socket 3, M key, type 2242/2260/2280/22110 SATA and PCIe 3.0 x4/x2 SSD support)
Onboard AudioRealtek ALC887 2/4/5.1/7.1-channel
Onboard LANRealtek GbE LAN chip 10/100/1000Mbps
Rear Panel PortsPS/2
DVI-D
HDMI
RJ45
4 x USB 3.1 Gen 1 ports
4 x USB 2.0
Audio Ports x3
Internal I/O Connectors1 x USB 3.1 Gen 1 header
2 x USB 2.0/1.1 headers
Other Connectors1 x CPU fan header
1 x system fan header
1 x front panel header
1 x front panel audio header
1 x S/PDIF Out header
1 x CPU cooler LED strip/RGB LED strip header
1 x Trusted Platform Module (TPM) header (2x10-pin, for the GC-TPM2.0 module only)
1 x serial port header
1 x Clear CMOS jumper
Form FactorMicro ATX
Dimensions (W x L)243.84 mm x 215.90 mm
Power Pin1 x 24-pin ATX main power connector
1 x 8-pin ATX 12V power connector

Di sisi lain, produsen juga menghadirkan cukup banyak fitur, mulai dari sisi konektivitas, hingga pada pilihan opsi storage yang cukup lengkap dengan hadirnya konektor M.2 yang juga mendukung fitur SSD super cepat NVMe. Sedangkan untuk dukungan penyimpanan, ada total 4 port SATA III yang bisa memberikan banyak pilihan bagi pengguna dan ruang yang jauh lebih luas.

Disamping itu, mereka juga menyediakan pilihan lengkap untuk urusan USB Port dengan total hingga 11 port USB yang terbagi menjadi :

  • 1 x USB 3.1 Gen 1 yang tersedia melalui header USB internal
  • 6 x port USB 2.0 (4 port di panel belakang dan 2 port tersedia melalui header USB internal)
  • 4 x USB 3.1 Gen 1 yang tersedia di panel belakang

Motherboard itu sendiri mampu mendukung memori DDR4 hingga 3200Mhz (OC) dan 4 slot memori dengan maksimum RAM hingga 64GB. Sementara untuk urusan slot PCIe, ada total 3 pilihan yang disediakan oleh produsen, yang terbagi menjadi 1 x PCI Express x16 slot, 1 x PCI Express x16 slot berjalan pada x4 (PCIEX4) dan 1 x slot PCI Express x1 termasuk dukungan untuk 2-Way AMD CrossFire. Dan jika kamu nantinya masih akan mengandalkan iGPU yang disajikan dari prosesor, motherboard ini sudah menyiapkan dua buah port display internal dengan pilihan DVI dan HDMI yang mampu mendukung resolusi hingga 4K.

Untuk urusan audio, Gigabyte B450M DSH hadir dengan pilihan audio Realtek ALC887 yang mampu menyajikan kualitas suara hingga 7.1-channel. Terlebih lagi, produsen mengklaim bahwa fitur audio yang disajikannya mampu menghadirkan resolusi suara berkualitas tinggi dan ekspansi suara untuk menciptakan efek suara paling realistis.

LAN di sisi lain juga memberikan pilihan yang cukup istimewa untuk kebutuhan pengguna yang menginginkan fitur jaringan yang cepat. Tentu, kehadiran Realtek GbE LAN chip yang mampu menyediakan maksimum kecepatan hingga 1000Mbps menjadi salah satu fitur utama mobo ini.

Dukungan Software & Bios

Produsen tampaknya juga memberikan nilai extra untuk mendukung mobo ini jauh lebih hebat. Hadirnya dukungan software dan fitur bios yang cukup menyenangkan bisa menjadi salah satu nilai plus lainnya bagi pengguna, sehingga bisa memberikan banyak kemudahan yang efektif bagi konsumen.

Pertama adalah Gigabyte App Center, dimana software ini akan memberi pengguna akses mudah ke banyak aplikasi Gigabyte yang membantu mereka untuk mendapatkan hasil maksimal dari motherboard, termasuk untuk memeriksa pembaruan terkait secara online, dan mengunduh aplikasi, driver, dan BIOS terbaru.

Kemudian hadir pula Gigabyte RGB Fusion APP, dimana ini bisa memberikan banyak kemudahan dalam pengaturan sistem pencahayaan dalam sistem. Intinya, jadikan gaming rig kamu dengan karya seni yang hebat dengan mengontrol pencahayaan di dalam PC gaming mereka. Ini memberikan pengguna kemudahan akses saat mereka mencoba dan menyesuaikan warna dan kecepatan untuk mode yang berbeda, semua ini dapat dicapai jauh dari keyboard dan monitor PC mereka.

Gigabyte B450M DS3H

Sedangkan untuk fitur Bios, produsen membawa nuansa yang segar dan interface yang cukup mudah untuk dilakukan, dimana GUI baru dan fungsionalitas yang kini lebih mudah digunakan, akan memberikan pengguna pengalaman yang lebih baik saat menyiapkan sistem baru mereka, meski terkadang kamu mungkin perlu menyesuaikan beberapa hal didalamnya.

Kesimpulan

Gigabyte B450M DS3H bisa membawa angin segar bagi pengguna yang sedang mencari motherboard AM4 handal dengan nilai harga yang terjangkau. Ada banyak hal hebat yang ditawarkan oleh seri mobo tersebut, meski terkadang kehadiran sys fan header sangat terbatas. Namun, motherboard ini merupakan pilihan yang solid, bahkan sanggup bertahan jauh lebih lama.

Jadi, jika kamu sedang mencari motherboard B450 dengan nilai harga di bawah 2 jutaan lebih, kehadiran Gigabyte B450M DS3H tentu bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu pilihan komponen hebat berikutnya. Namun, perlu diketahui bahwa terkadang mobo ini “agak” memilih dalam urusan memori, jadi pastikan bahwa pilihan memori yang mendukung Ryzen sepenuhnya juga perlu di perhitungkan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat