- Berita Terbaru, Gaming Gear, Prosesor

AMD Athlon 200GE Ternyata Memiliki Fitur OC, Meskipun Tidak Secara Resmi

Sementara Athlon 200GE secara resmi tidak mendukung fitur Overclocking, ada beberapa berita yang sangat baik untuk setidaknya “menyangkal” hal tersebut. Baru-baru ini, situs Tomshardware maupun YouTuber TechEphipany berhasil memacu prosesor ini hingga 3.9Ghz. Hasilnya, CPU low-end ini memiliki performa melebihi apa yang bisa ditawarkan prosesor Intel sekelasnya dalam beberapa benchmark.

Tomshardware mengungkapkan bahwa hal yang perlu dilakukan untuk mengeluarkan potensi OC pada Athlon 200GE adalah dengan mengupdate bios terbaru pada motherboard MSI. Meski kami belum mengetahui secara pasti apakah ini hanya bekerja pada motherboard produsen tersebut, namun ternyata prosesor ini mampu dipacu nilai clockspeednya jauh lebih tinggi, bahkan hingga 3.9Ghz.

Baca juga : AMD Luncurkan 2 Paket Pilihan Prosesor Limited Edition, Ryzen MAX Inside

Sebagaimana kita tahu bahwa AMD Athlon 200GE seharga 800 ribuan ini merupakan pilihan prosesor terbaru yang cukup baik dengan memiliki keunggulan dalam hal iGPU Radeon RX Vega 3. Prosesor itu sendiri memiliki fitur dual core dan 4 thread, dengan clockspeed 3.2Ghz (Tanpa Boostclock) dan sepenuhnya memiliki fitur terkunci dalam urusan OC. AMD sendiri mengkonfirmasi semua hal tersebut, sehingga Tomshardware masih mendalami apakah ini semacam kesalahan atau fitur yang sepenuhnya masih menjadi misteri.

Spesifikasi  Athlon 200GE
CMOS  14nm
CPU Package AM4
Core 2
Thread 4
Base Clock 3.2Ghz
Cache 5MB
iGPU Radeon RX Vega 3
TDP 35W
Harga Rp 887.000 (Beli)

Dan ketika mereka berhasil memompa clockspeed lebih tinggi, beberapa benchmark terbaru situs ini memperlihatkan bagaimana semua bar-bar dari Athlon 200GE mampu mencapai nilai yang sangat tinggi, termasuk juga dari Cinebench R15 (Multi Thread), Photo Editing maupun multi-threaded workloads. Prosesor ini bahkan mampu mengalahkan Seri Intel Pentium G4560 maupun G5600 pada beberapa skenario (termasuk juga Core i3-7100).

Via Tom’shardware

Terlepas dari itu semua, AMD memastikan bahwa prosesor ini sepenuhnya terkunci dan tidak secara resmi mendukung overclocking. Jika ini benar adanya, pilihan prosesor ini mungkin menyisakan banyak misteri yang belum terungkap secara pasti oleh pengguna, karena pernyataan AMD yang menyatakan bahwa “tidak secara resmi” mendukung OC berarti bahwa ia bisa membawa perlakuan hal yang sama pada seri Ryzen. Namun begitu, kemungkinan besar hanya Mobo berbasis MSI yang bisa memompa kinerja OC pada CPU ini, meskipun kami masih belum tahu secara pasti apakah seri ini juga bisa berlaku pada mobo merk lainnya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Athlon 200GE Ternyata Memiliki Fitur OC, Meskipun Tidak Secara Resmi

Comments are closed.