- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis, Software

Nvidia Scanner, Solusi Mudah Untuk Proses Overclocking GPU

Tidak semua pengguna PC tahu urusan mengenai Overclocking dan cara ideal untuk mengaturnya, khususnya dalam GPU. Untuk itulah, Nvidia kini siap menghadirkan solusi untuk memudahkan kegiatan tersebut, yakni Nvidia Scanner.

Ini merupakan satu solusi paling mudah untuk melakukan proses OC kartu grafis satu klik yang relatif aman, bahkan secara teknis paling cenderung untuk bisa mendapatkan performa lebih banyak dari kartu grafis mereka, meskipun mungkin masih terbatas dalam urusan kompabilitas, dimana hanya seri terbaru saja yang mungkin bisa memakai software ini.

Baca juga : Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nvidia GeForce RTX Series

Apa yang Kami Ketahui Tentang Nvidia Scanner

Tidak semua orang memiliki waktu dan keinginan untuk melakukan overclock perangkat keras mereka yang mahal. Namun, semua orang tentu sepakat bahwa Overclocking  merupakan salah satu cara  untuk memeras kinerja setiap detail GPU mereka jauh lebih efektif. Untuk itulah, Nvidia mempermudah para gamer untuk mendapatkan peningkatan performa dengan overclock satu klik melalui API yang disebut Nvidia Scanner.

Meskipun setiap produsen OEM selalu membawa model overclock pada salah satu kartu grafis, namun ternyata pilihan tersebut masih memiliki lebih banyak ruang kepala yang tersedia untuk pergi. Tegangan serta kecepatan clock dan memori bahkan masih bisa naik. Namun, untuk melakukannya tentu akan membawa risiko tambahan, tetapi masih cukup aman ketika melanjutkan dengan hati-hati.

Untuk menyederhanakan proses coba-coba dan menemukan tingkat maksimum nilai keamanan yang absolut untuk overclocking, Nvidia merilis API tersebut  yang akan memungkinkan penyesuaian otomatis kecepatan dan tegangan clock. Berjalan sebagai rutinitas aritmatika yang terkandung, perangkat lunak ini akan mencoba untuk menjalankan OC sampai itu berada ditahapan maksimum (atau setidaknya nilai ketidakstablian sudah terdeteksi). Setelah mendeteksi,pengguna bisa melakukan langkah mundur untuk menyepakati nilai yang pas untuk proses OC tersebut.

Ini mungkin sesuatu yang hampir sama dengan apa yang ditawarkan aplikasi pihak ketiga seperti MSI Afterburner dan EVGA Precision X1, termasuk juga dapat mengintegrasikan kemampuan tuning otomatis, meskipun proses satu klik merupakan nilai keunggulannya. Seluruh proses yang dihadirkan pada Nvidia Scanner bisa disajikan melalui berbagai tegangan dan frekuensi, dimana proses ini diyakini memakan waktu kurang dari 20 menit.

Hanya sayangnya, software ini mungkin disajikan untuk seri seri GeForce RTX, meskipun Nvidia mengisyaratkan bahwa ini tidak akan terbatas secara eksklusif untuk GPU terbaru. Kartu grafis yang lebih lama dan telah memenuhi syarat untuk digunakan dengan utilitas juga masih bisa untuk menggunakan Nvidia Scanner, meskipun tidak ada generasi khusus yang diberikan sebagai batasan dalam hal dukungan.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat