MSI B350 Tomahawk Arctic : Motherboard AM4 “Terkeren” Dengan Fitur Terbaik

MSI B350 Tomahawk Arctic : Motherboard AM4 “Terkeren” Dengan Fitur Terbaik

Gaming rig pada dasarnya merupakan sebuah hasil seni yang indah, memiliki kepuasan tersendiri dengan setiap komponen yang terbaik. Dari setiap komponen yang memiliki nilai estetika terbaik biasanya juga dilihat dari sisi motherboard yang dihadirkan. Nah, salah satu yang sangat baik untuk penunjang sisi elegan dan keindahan adalah pilihan motherboard MSI B350 Tomahawk Arctic. Ya, sisi desainlah yang menjadi salah satu keunggulan motherboard ini dengan hamparan warna putih layaknya salju yang cukup tebal akan memberikan nilai yang terbaik untuk rig gaming anda. Mari kita cari tahu mengenai hal tersebut lebih mendalam.

MSI memiliki jajaran produk yang terbaik untuk melengkapi semua kebutuhan konsumen, dimana jajaran produk mereka diisi dengan semua lapisan komponen dan kualitas yang sangat baik dan pilihan harga yang beragam termasuk juga dalam urusan motherboard. Salah satu motherboard yang ideal untuk para gamers biasanya pilihan motherboard dengan seri Gaming arsenal, karena selain akan memberikan performa terbaik untuk gaming, sisi elegan dan segala sesuatu yang “keren” biasanya juga dihadirkan pada seri ini. Dan yang cukup terkenal pada seri Gaming Arsenal dari produk MSI adalah jajaran lini Tomahawk.

Nah, Tomahawk juga memiliki beragam variasi, namun hanya satu yang terkenal dalam sisi keindahan dan kualitas yang dihadirkan, yakni seri Tomahawk Artic. Ia seolah memiliki kelas tersendiri dengan tampilan yang lebih premium, elegan, dan tentunya menawarkan performa terbaik.

MSI B350 Tomahawk Arctic : Desain

Ketika AMD Ryzen menjadi pilihan anda untuk memulai komponen rig gaming, maka anda tentu perlu memiliki motherboard yang ideal untuk ini. Jika motherboard seri X370 terlalu tinggi untuk pergi, maka pilihan ideal adalah seri B350. Nah, salah satu yang sangat baik dengan fitur yang hampir sama dengan apa yang ditawarkan pada mobo X370 adalah kehadiran MSI B350 Tomahawk Arctic.

Ya, motherboard ini mungkin masuk kategori kelas menengah, namun ia memiliki fitur yang cukup lengkap, apalagi desain yang dimilikinya merupakan sisi keunggulan tersendiri bagi mereka yang suka sekali dengan tampilan. Bahkan motherboard yang lengkap dengan fitur VR-Ready ini juga sudah memiliki dukungan untuk fitur pendingin cair yang akan melengkapi semua keindahan yang dihadirkan.

MSI B350 Tomahawk Arctic merupakan motherboard yang cukup besar dengan bentuk ATX  dan memiliki ukuran 30.4 cm x 24.3 cm. Anda tentu perlu memiliki casing mid-tower untuk memenuhi kebutuhan motherboard ini. Tomahawk Artic hadir dengan desain hampir seluruhnya warna putih, apalagi warna lampu yang dihadirkannya pun berwarna putih yang elegan. Ini bisa menjadi tema utama anda untuk memulai rig gaming yang ideal.

MSI tampaknya mengambil tema artic sesuai dengan fakta bahwa benua di Kutub Selatan Antartika terhampar dengan lapisan salju warna putih yang tebal dan menakjubkan. Tomahawk Arctic dikhususkan bagi mereka yang suka sekali performa gaming yang terbaik dengan sisi keindahan yang ditawarkan lengkap dengan fitur RGB lighting yang bisa anda sesuaikan dengan tema pada software utility Mystic Light Sync. Ini bisa menjadi modal utama anda untuk dipamerkan pada teman-teman atau komunitas anda sebagai rig yang keren dengan pilihan tema warna putih.

Spesifikasi

MSI B350 Tomahawk Arctic hadir dengan pilihan spesifikasi yang sangat lengkap. Motherboard ini sudah mendukung semua prosesor AMD Ryzen termasuk AMD APUs 7th gen series dengan soket AM4. Motherboard ini bahkan memiliki dukungan memori DDR4 hingga 3200 Mhz(OC) dengan empat slot yang tersedia hingga maksimum memori 64GB. Tomahawk Arctic tentu saja memiliki chipset B350 yang merupakan kelas menengah dan mendukung semua fitur overclocking yang sepenuhnya dibuka pada prosesor Ryzen.

MSI B350 Tomahawk Arctic hadir dengan sebuah PCIe 3.0X16 PCI-E Steel Armor untuk mendukung semua GPU terbaik yang anda pasangkan. Selain itu, ia juga hadir dengan beberapa slot tambahan seperti PCIe 2.0X16, PCIe 2.0X1 dan PCI slot dan mendukung 2-Way AMD CrossFire Technology. Motherboard ini juga mendukung onboard graphic dengan hadirnya 1 slot VGA, DVI  dan tentu saja HDMI yang mendukung resolusi hingga 4096×2160.

Untuk dukungan penyimpanan, MSI B350 Tomahawk Arctic sudah mendukung 4 x SATA 6Gb/s ports dan sebuah M.2 port yang akan memberikan kinerja terbaik dalam hal urusan transfer data dengan fitur Turbo M.2 NVMe yang mampu mendukung hingga 32 Gb/s dengan PCI-Express Gen3 x4. Selain itu, hadir pula Heavy plated gaming heatsinks untuk pendinginan maksimal pada sistem motherboard ini.

Untuk spesifikasi lebih lengkapnya, anda bisa melihat pada daftar tabel dibawah ini:

Spesifikasi MSI B350 Tomahawk Arctic
SocketAM4
CPU (Max Support)RYZEN
ChipsetAMD® B350 Chipset
DDR4 Memory4 x DDR4 memory slots, support up to 64GB
Supports DDR4 1866/ 2133/ 2400/ 2667(OC)/ 2933(OC)/ 3200(OC)+ Mhz *
Memory ChannelDual
DIMM Slots4
Max Memory (GB)64
PCI-Ex162
PCI-E GenGen3(16), Gen2(4)
PCI-Ex12
PCI2
SATAIII4
M.2 Slot1
RAID0/1/10
TPM (header)1
LAN10/100/1000*1
USB 3.1 ports (Front)4(Gen1, Type A)
USB 3.1 ports (Rear)3(Gen1, Type A), 1(Gen1, Type C)
USB 2.0 ports (Front)4
USB 2.0 ports (Rear)2
Serial ports(Front)1
Audio ports (Rear)Realtek® ALC892 Codec
DVI-D1
VGA1
HDMI1
DirectX12
Form FactorATX
HargaRP 2.842.000 (Beli)




Konektivitas

MSI B350 Tomahawk Arctic memiliki dukungan konektivitas yang sangat lengkap dengan Port 4 x USB 3.1 Gen1 ((3 port Tipe-A dan 1 port Type-C di panel belakang) yang tersedia melalui konektor internal USB 3.1 Gen1 dan 6 x USB 2.0 (2 port Tipe-A di panel belakang, 4 port tersedia melalui konektor USB 2.0 internal). Kehadiran USB Type-C merupakan kabar gembira bagi semua kalangan. Anda bisa memiliki sebuah koneksi yang mampu mendukung segalanya dengan semua perangkat yang terkait dengan mesin ini.

Untuk urusan konektivitas internet, anda akan memiliki sebuah Realtek 8111H Gigabit LAN controller lengkap dengan dukungan software yang secara dramatis bisa mengurangi tingkat latency yang tinggi.

Audio

MSI B350 Tomahawk Arctic juga memiliki dukungan audio yang sangat baik dengan hadirnya Realtek ALC892 Codec yang mendukung 7.1 Channel High Definition Audio. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman kualitas suara yang sangat baik saat bermain game. Apalagi fitur audio tersebut juga didukung oleh software MSI Audio Boost untuk memberikan kualitas suara tertinggi melalui penggunaan komponen audio berkualitas premium. Ini memungkinkan kita untuk bisa menikmati suara yang menakjubkan dan mengubah permainan agar bisa menciptakan gameplay yang paling menarik.

Dukungan Bios & Software Utility

Hadirnya UEFI Bios termasuk juga pengaturan pada Windows melalui perangkat lunak X-Boost & MSI Command Center bawaan yang cukup mudah untuk dijalankan, akan memudahkan semua hal yang kita lakukan termasuk juga proses overclocking. Apalagi hadirnya mode dengan fitur Easy dan Advanced akan memberikan segala kemudahan baik itu dalam beberapa pengaturan yang diperlukan untuk memaksimalkan kinerja. Perangkat lunak unik dan eksklusif lainnya juga hadir untuk meningkatkan kinerja baik itu dalam urusan penyimpanan internal atau perangkat USB yang terhubung ke sistem.

Kesimpulan

MSI B350 Tomahawk Arctic bisa menjadi pilihan terbaik untuk rig gaming dengan tema warna putih, apalagi semua fitur yang dihadirkan sangat ideal dan layak untuk anda dapatkan. Kisaran harga yang ditawarkan mungkin sedikit mahal jika dibandingkan dengan motherboard seri B350 lainnya, namun ia memiliki pilihan yang jauh lebih premium, tampilan yang lebih elegan dan tentu saja mampu memenuhi harapan gamer yang menginginkan segalanya untuk lebih sempurna.

Selain dari segi tampilan yang tampak “mewah”, fitur lainnya juga merupakan keunggulan tersendiri bagi para pencari komponen untuk bisa disandingkan dengan pilihan prosesor Ryzen. Dukungan memori DDR4 hingga 3200 Mhz, fitur bios yang ramah, dukungan software terbaik serta konektivitas yang lengkap akan menjadi sisi keunggulan tersendiri pada motherboard ini. MSI B350 Tomahawk Arctic akan menjadi motherboard yang sangat baik untuk rig pc anda selanjutnya.

sumber gambar & referensi : msi.com



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com