- All-In-One PC, Casing PC, Gaming Gear, Kartu Grafis, Power Supply, Prosesor, RAM, Tutorial

Budget Gaming PC Guide 3 Jutaan

Bisakah kita membangun sebuah gaming PC yang worthed dengan budget 3 jutaan? Sementara banyak yang berpikiran bahwa itu merupakan sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan, tapi ini bisa saja dilakukan. Hanya saja, kamu harus berpikir di luar kotak untuk mewujudkannya, terlebih lagi pengetahuan dasar kamu tentang PC juga akan diuji untuk memuluskan rencana impian tersebut.

Untuk itulah, kali ini kami akan memberikan sebuah ide kepada kamu beberapa pilihan komponen handal untuk dipertimbangkan saat berencana akan membangun desktop PC yang layak untuk gaming, bahkan sanggup bertempur pada resolusi 1080p. Lebih jelasnya, mari kita ungkap semua detailnya dibawah ini.

Baca juga : Nyalakan Gaming Rig Kamu Dengan 5 Pilihan RGB Memori Hebat ini

Budget Gaming PC Guide 3 Jutaan

Nah, sebelum kamu berpikir terlalu jauh tentang bagaimana semua hal tersebut akan berkembang, hal pertama yang perlu kamu lihat adalah pilihan komponen bekas sebagai pertimbangan utama. Tapi hei, bukankah itu terlalu beresiko? Ya, tentu saja, terlebih lagi faktor garansi.

Namun, jika kita berpegang teguh pada penjual terpercaya, ini setidaknya bisa menjadi modal awal kita untuk menikmati kenyamanan dalam hal Aftersalesnya. Mereka bahkan biasanya juga menyediakan garansi yang cukup panjang, terlebih lagi barang yang akan kita beli pastinya di test terlebih dahulu untuk memastikan barang tersebut utuh sepenuhnya.

Jadi, ketika kamu sudah siap untuk membangunnya, mari kita lihat pilihan komponen yang layak untuk dipertimbangkan dibawah ini.

NamaKomponen Merk Harga
Prosesor Intel Core i5-2400 Rp 750.000 Beli
Motherboard MSI H61-P31 Rp 450.000 Beli
Kartu Grafis Nvidia GeForce GTX 760 Rp 1.000.000 Beli
RAM Team Elite 8GB DDR3 1333Mhz Rp 720.000 Beli
Storage  Seagate 500GB HDD Rp 250.000 Beli
Power Supply GameMax 450W 80+ Bronze Rp 425.000 Beli
Casing  INFINITY RANGER Rp 345.000 Beli
Total Rp 3.940.000

1. Prosesor : Intel Core i5-2400 Sandy Bridge

Budget Gaming PC Guide 3 Jutaan

Spesifikasi Inti :

  • 4 Core/4 Thread
  • Clockspeed up to 3.4Ghz, 6MB Cache
  • TDP 95W
  • Harga Bekas : Rp 760.000 (Beli)

Untuk urusan jantung PC, kehadiran prosesor Intel Core i5-2400 masih terhitung sangat berharga hingga hari ini, meskipun prosesor ini sudah cukup lama disajikan. Namun begitu, potensi kinerja yang bisa disajikan masih terasa tajir, terlebih lagi fitur quad core dan nilai clockspeed yang cukup tinggi hingga 3.4Ghz. Disisi lain, prosesor tersebut kini memiliki nilai harga cukup murah, yakni sekitar 700-800 ribuan sebagai barang second yang sangat berharga, jadi ini bisa menjadi pertimbangan kamu saat akan memilih prosesor yang hebat.

3. Motherboard : MSI H61-P31

Spesifikasi inti :

  • Intel® H61 (B3)
  • Memory Support up to DDR3 1066/1333/1600
  • ClickBIOS Concept: Easy-to-use UEFI BIOS interface
  • Support VGA & DVI-D output
  • IGP Supports DirectX 11, Shader Model 5.0, OCL 1.1 and OpenGL 3.1
  • Harga Bekas : Rp 450.000 (Beli)

Sedangkan untuk motherboard, MSI H61-P31 bisa menjadi pilihan lainnya yang cukup menyenangkan, meski masih terbatas dalam beberapa fitur. Tapi yang terpenting adalah mobo tersebut bisa memberikan sajian yang cukup berharga, terlebih lagi dalam hal komponen hebat, termasuk juga dukungan untuk sistem operasi Windows 10. Disisi lain, kamu juga bisa memberikan pilihan mobo merk lain dengan tipe yang sama, hanya saja sebaiknya tetap pada pilihan produsen unggulan, karena mereka biasanya memiliki pilihan komponen handal dan sanggup bertahan lama.

3. Kartu Grafis – Nvidia GeForce GTX 760

Spesifikasi Inti :

  • Memori Size 2GB GDDR5
  • Memory Bus ; 256-bit
  • Boost clockspeed : Up to 1033Mhz
  • Harga bekas : Rp 1.000.000 (beli)

Dan untuk memberikan kinerja terbaik dalam urusan gaming, pilihan kartu grafis yang perlu disajikan sebaiknya tetap pada seri yang cukup berkelas, meskipun masih terhitung bekas. Dan salah satu pilihan ideal adalah Nvidia GeForce GTX 760 dengan kapasitas VRAM 2GB GDDR5. GPU tersebut masih sanggup untuk memberikan kinerja gaming 1080p pada pengaturan yang cukup baik hingga level medium atau high (meskipun tergantung pada jenis pilihan game).

4. RAM – Team Elite 8GB DDR3 1600Mhz

Spesifikasi inti :

  • Memori Capacity : 8GB
  • Memory Type : DDR3
  • Clock Frequency : 1600Mhz
  • Cass Latency : CL9
  • Harga Bekas : Rp 720.000 (Beli)

Hal yang sama juga berlaku untuk RAM, dan pilihan yang paling ideal adalah Team Elite 8GB DDR3 1333Mhz. Seri ini memiliki kinerja yang cukup baik, terlebih lagi kapasitasnya juga sudah sesuai dengan kebutuhan gaming modern hingga hari ini. Produsen juga menyediakan garansi seumur hidup untuk produk memori mereka, sehingga meskipun kamu memilih pilihan bekas, ini masih menjadi modal yang baik untuk pergi.

5. Storage – Seagate 500GB HDD

Spesifikasi Inti :

Meskipun memilih barang bekas pada kategori penyimpanan memiliki resiko jauh lebih tinggi, namun jika kamu memilihnya pada penjual yang sangat terpercaya, apalagi mampu memberikan garansi yang panjang, itu bisa sesuatu yang cukup menyejukan. Dan untuk itulah, kehadiran Seagate 500GB bisa menjadi pilihan utama, dimana ini biasanya sudah banyak tersebar oleh beberapa penjual terpercaya diluar sana.

6. Power Supply – GameMax 450W 80+ Bronze

New Price : Rp 425.000 (Beli)

Untuk pilihan PSU, sebaiknya memilih yang baru, karena memilih yang bekas memiliki resiko yang sangat tinggi, terlebih lagi dampaknya bisa ke komponen lain. Dan ketika kamu berencana untuk memilih yang baru, GameMax 450W 80+ Bronze bisa menjadi pilihan yang cukup layak, karena selain sajian harga yang cukup terjangkau, produsen juga memberikan cukup banyak fitur, termasuk kehadiran sertifikat 80+ bronze yang bisa memberikan nilai efisiensi daya jauh lebih baik hingga 85%.

7. Casing – INFINITY RANGER

Spesifikasi Inti :

  • Standard ATX Motherboard
  • HD Audio & Magnetic Dust Filter ( TOP )
  • Support Water Cooling
  • ODD 5,25 x 1 / HDD 3,5″ x 2 / SSD 2,5″ x 3
  • VGA Card Length up to 360mm
  • USB 2.0 x 2 USB 3.0 x 1
  • Expansion Slot x 7
  • Transparent Side Panel ( easy to custom )
  • BACK 120mm LED ( Included ) X 1
  • Harga : Rp 345.000 (Beli)

Meskipun memilih casing bisa disesuaikan dengan keinginan kamu, namun kehadiran INFINITY RANGER dengan nilai harga sangat murah bisa layak untuk kamu pertimbangkan. Casing ini luas dan masih sangat hangat untuk dibicarakan, bahkan mereka sudah menyediakan bonus Kipas LED yang cukup keren untuk menunjukan gaming rig kamu. Hanya saja, kualitas kehandalan mungkin menjadi sisi minus pada casing ini (termasuk finishing akhir).

Nah, itu dia beberapa komponen inti yang bisa kamu pertimbangkan untuk membangun sebuah gaming rig yang sangat layak dengan modal 3 jutaan (atau dibawah 4 jutaan). Pilihan tersebut mungkin cukup tua dari segi umur, namun masih mampu memberikan kinerja yang cukup hebat, bahkan untuk gaming modern pada level 1080p sekalipun dengan pengaturan low hingga high.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Budget Gaming PC Guide 3 Jutaan

Comments are closed.