- Gaming Gear, Hardware, Laptop

Acer Predator Nitro 5 AN515-42, Laptop Gaming Hebat Dengan Tenaga Ryzen

Acer Predator Nitro 5 AN515-42 dengan kekuatan AMD Ryzen Mobile kini resmi tersedia di negara kita, dan ini bisa memberikan sesuatu yang menarik serta memiliki potensi yang jauh lebih hebat, bukan saja untuk urusan gaming, namun juga berbagai perkerjaan yang cukup menuntut.

Dengan kisaran harga sekitar 14 jutaan, pengguna bisa mendapakan spesifikasi yang cukup tinggi, karena selain prosesor AMD Ryzen 7 2700U, kehadiran Radeon RX 560X dengan VRAM 4GB GDDR5 bisa membawa pengalaman gaming yang jauh lebih mengesankan. Nah, jika kamu penasaran dengan seri terbaru dari Acer tersebut, mari kita ungkap sedikit preview dibawah ini.

Baca juga : Acer Predator Helios 500 Bertenaga Ryzen Resmi Dirilis, Inilah Potensi Kehebatannya

Acer Predator Nitro 5 AN515-42 : Spesifikasi Internal

Spesifikasi ACER Nitro 5 AN515-42
Operating System Windows 10 Home
Processor  AMD Ryzen 7 2700U (4Core / 8Thread) up to 3.8Ghz
Standard Memory 8GB DDR4 
Graphic  Radeon RX 560X 4GB GDDR5 128Bit
Storage 1 TB HDD + SSD 128 GB
Display 15.6″LCD Display IPS Panel Max Resolusion 1920×1080
Network & Communication IEEE 802.11ac
Gigabit Ethernet
Audio Dual Speaker With TrueHarmony™  Dolby Audio™ Premium
Interfaces/Ports HDMI
2X USB 2.0 , 1X USB 3.0 Ports, 1X USB 3.1 Gen 1
Network (RJ-45)
Input Devices Backlight Keyboard
TouchPad
Battery 4-cell m3320 mAh Lithium Ion (Li-Ion)
Dimension 26.8 mm X 390 X 266 (HXWXD)
Weight (Approximate) 2.70 kg
Harga Rp 14.499.000

Ketika kita semua mengira bahwa pilihan AMD Ryzen Mobile hanya mampu disematkan untuk pilihan notebook mainstream maupun laptop tipis, kehadiran seri Predator untuk segmen gaming tampaknya membuat semua orang cukup terkejut. Betapa tidak, prosesor  yang sangat powerful dan memiliki konsumsi daya yang kecil tersebut ternyata juga cocok untuk gamer yang membutuhkan sebuah perangkat portable hebat dengan kinerja yang cukup nyaman untuk dilalui.

Prosesor itu sendiri hadir dan bisa memberikan potensi yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan tim biru, karena ia hadir dengan kekuatan quad core (8 Threads), membawa clockspeed up to 3.8Ghz, L3 Cache sebesar 4MB dan memiliki nilai TDP hanya sebesar 15W saja. Tentu ini bisa membawa nilai keunggulan, terutama bisa membawa sesuatu yang seimbang antara kinerja CPU dan konsumsi daya, terlebih lagi bisa membawa kekuatan baterai jauh lebih menyenangkan untuk dilalui.

Spesifikasi AMD Ryzen™ 7 2700U
CPU Cores / Threads 4C/8T
GPU Cores  10
Base Clock / Boost Clock 2.2GHz / 3.8GHz
Total L1 Cache 384KB
Total L2 Cache 2MB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 14nm
Memory Support DDR4 2400Mhz Dual Channel
Graphics Radeon RX Vega 10 
Graphics Core Count 10
Speed  Up to 1300Mhz
Default TDP / TDP 15W

Prosesor itu sendiri membawa pilihan iGPU handal yang sangat fenomenal tahun ini, yakni Radeon Vega 10, dimana ini bisa memberikan pilihan grafis opsional dengan kekuatan yang sangat baik untuk gaming eSport pada level low-hingga medium dengan pengaturan 1080p, meskipun produsen membawa pilihan dedicated yang jauh lebih handal, yakni Radeon RX 560X.

AMD Radeon RX 560X itu sendiri merupakan salah satu GPU Polaris 11/21 kelas mid-range untuk laptop. Dengan kekuatan 4GB GDDR5 128bit, pilihan ini mungkin hampir setara dengan seri GTX 1050Ti, terlebih lagi ia hadir dengan jumlah ROPs sebesar 16, 1024 Stream processor, Texture Unit sebesar 64 dan memiliki clockspeed up to 1275Mhz. Hasilnya, ia bisa memberikan kinerja Peak Pixel Fill-Rate hingga 20,4 GP / dtk dan peak Texture Fill-Rate hingga 81,6 GT / dtk.

Spesifikasi Radeon RX 560X
GPU Compute Units 14/16
Base/Boost Frequency 1175 MHz/ 1275 MHz 
ROPs 16
Stream Processors 896/1024
Texture Units 64
Memory Size 4 GB GDDR5
Transistor Count 3 B
Memory Bandwidth 112 GB/s
Memory Interface 128-bit
Memory Speed 7 Gbps
Peak Pixel Fill-Rate Up to 20.4 GP/s
Peak Texture Fill-Rate Up to 81.6 GT/s
Max Performance Up to 2.6 TFLOPs

Dan untuk menyempurnakan pilihan spesifikasi internal lainnya yang cukup menyenangkan, produsen membawa pilihan RAM sebesar 8GB DDR4 serta pilihan dual storage antara SSD 128GB dan HDD standar sebesar 1TB. Hal terbaiknya adalah kita bisa melakukan proses upgrade yang cukup mudah, baik antara SSD hingga NVMe maupun menambah RAM. Produsen menyediakan backdoor compartement yang tersedia dibagian belakang laptop. Ini tentu akan memberikan nilai tambah bagi pengguna yang ingin mengupgrade RAM maupun storage dengan cukup mudah.

Desain

Untuk urusan desain, Acer Predator Nitro 5 AN515-42 tampaknya disajikan hampir sama dengan seri berbasis Intel yang pernah kami bahas, meskipun masih membawa bentuk desain yang sangat menarik, terlebih lagi dari sudut estetika. Laptop ini membawa nuansa gahar dengan tampilan sport yang menyenangkan hati banyak pengguna.

Bentuk laptop itu sendiri cukup besar dengan beban yang cukup ideal, meskipun terkadang nilai mobilitas bisa menjadi salah satu sisi minusnya. Tapi hei, ini merupakan sebuah monster gaming yang siap berpacu dengan adrenalin kamu, jadi hal tersebut masih bisa diwajarkan, terlebih kehadiran bentuk desain yang sporty benar-benar memuaskan para gamer yang ingin tetap bergaya dimanapun mereka berada.

Tentu, pilihan ini mungkin cukup besar dengan bobot sekitar 2.7Kg dan membawa tingkat ketebalan sekitar 2.3cm. Namun, ia siap menyajikan sesuatu yang sangat bermakna, bukan saja performa yang ditawarkan, melainkan juga nilai estetika, apalagi jika melihat sudut pendingin belakang yang sangat sportif dan benar-benar membawa nuansa monster besar yang siap menantang segala petualangan pengguna dalam urusan gaming.

Saluran udara pada bagian belakang juga menambah kesan semangat yang jauh lebih gahar, meskipun produsen juga memberikan fitur istimewa pada pendingin ini, yakni CoolBoost plus kehadiran  dua kipas untuk memastikan temperatur laptop tetap stabil sehingga mesin dapat bekerja dengan efisien, bahkan untuk pemakaian yang cukup lama sekalipun.

Sementara itu, sisi display membawa sebuah sajian yang cukup istimewa, karena dengan ukuran layar sekitar 15.6” ini, Acer Predator Nitro 5 AN515-42 siap menyajikan kekuatan gaming dengan resolusi maksimum hingga 1080p (1920×1080) dengan pilihan display yang cukup nyaman untuk dilalui. Tentu, kehadiran ComfyView In-plane Switching (IPS) Technology bisa menyejukan mata pengguna, bukan saja dari sisi ketajaman, namun juga nilai sudut pandang yang jauh lebih ideal. Intinya, kamu bisa melihat saja tanpa ada batasan sudut pandang seperti yang biasa disajikan pada layar dengan panel TN.

Keyboard & Touchpad

Acer Predator Nitro 5 AN515-42 juga memiliki nilai keyboard yang sangat baik, terlebih lagi produsen  melengkapi Nitro 5 dengan keyboard chiclet backlit. Lampu latar yang berwarna merah ini dapat dihidupkan dan dimatikan dengan tombol fungsi. Sedangkan tombol utama (huruf dan baris angka) memiliki permukaan sedikit cekung , dengan sisa tombol lainnya datar. Semua kunci memiliki perjalanan sedang dan titik tekanan yang jelas. Sehingga, keyboard bisa memberikan nilai kenyamanan yang baik pula untuk kegiatan mengetik, bukan saja untuk performa gaming. Terlebih lagi, selain membawa sesuatu yang cukup mewah pada keyboard, pengguna bisa terbantu dengan kehadiran lampu latar saat bekerja dalam keadaan gelap.

Sedangkan untuk urusan touchpad, fitur ini sudah mendukung gerakan multi-sentuh dan memiliki ukuran yang cukup luas, yakni sekitar 10,6 x 7,7 cm (~ 4,17 x 3 inci). Ini berarti ada banyak ruang untuk pengguna dalam upaya untuk mengontrol gerakan. Permukaan yang halus dari pad membuatnya mudah untuk jari-jari saat sedang meluncur, dan ini juga bereaksi dengan baik untuk input bahkan di sudut-sudut paling ujung sekalipun. ClickPad juga memiliki perjalanan singkat dan titik tekanan yang jelas.

Konektivitas

Laptop ini membawa pilihan konektivitas yang cukup lengkap, meskipun masih terbatas dalam hal jumlah. Ada total 4 buah USB Port yang terbagi menjadi sebuah Port USB 3.1Gen 1 yang bisa memberikan kinerja transfer data hingga 5Gbps, sebuah port USB 3.0 dan 2 buah port USB 2.0. Pilihan ini tentu akan melengkapi semua kebutuhan dasar kamu, terlebih lagi mereka juga memberikan pilihan port HDMI untuk konektivitas multi display dan RJ-45 Lan untuk pilihan networking secara kabel.

Untuk urusan Wireless Network, Acer membawa pilihan yang sangat solid, yakni ieee 802.11ac dengan teknologi Gigabit Ethernet. Tentu, karena 802.11ac bisa dikatakan sebagai Wi-Fi 5G, meskipun masih terlalu jauh untuk dikatakan hal tersebut hari ini. Itu karena seri tersebut menjanjikan koneksi nirkabel yang sangat cepat, jangkauan yang lebih baik, peningkatan keandalan, dan tentu saja peningkatan konsumsi daya. 802.11ac adalah evolusi Wi-Fi terbaru, dan seharusnya sangat baik untuk permainan dan streaming video HD.

Nilai Unggulan

Sementara ada banyak hal lainnya yang ditawarkan pada laptop gaming Acer Predator Nitro 5 AN515-42, tentu ini akan banyak memakan waktu untuk mengeluarkan semua potensinya (terlebih lagi, ini hanya preview saja bukan?). Untungnya, kami  membuat beberapa catatan kecil dalam upaya untuk memberikan pandangan bagi kamu saat berencana untuk membelinya, yakni nilai unggulan yang terkandung pada laptop ini, diantaranya adalah :

  • Potensi hebat untuk Gaming 1080p, dimana laptop ini bisa memberikan sesuatu yang nyaman untuk pengalaman gaming 1080p pada level medium hingga High untuk hampir semua game AAA terbaru yang cukup menuntut. Bahkan, kamu bisa memberikan pengaturan tertinggi untuk game eSport atau judul game lama dibawah tahun 2018.
  • Nilai Harga Yang Terjangkau. Harga yang ditawarkan laptop gaming ini bisa cukup menyenangkan hati banyak pengguna yang memiliki keterbatasan anggaran, terlebih lagi produsen banyak memberikan sajian yang istimewa didalamnya.
  • Performa Baterai Lebih Baik. Kehadiran prosesor AMD Ryzen 7 2700U tentu selain bisa memberikan kinerja yang handal, juga memiliki konsumsi daya yang kecil. Sehingga, potensi yang bisa disajikan oleh laptop ini juga berlaku untuk kekuatan baterai yang cukup panjang untuk dilalui.
  • Kinerja Pendinginan Paling Ampuh. Dan kamu tidak usah khawatir mengenai suhu, karena laptop ini dilengkapi dengan pendinginan ampuh, dan bisa memberikan nilai efektif dalam menjaga suhu untuk berada dalam kisaran normal. Ini bisa menjadi nilai positif bagi mereka yang berencana untuk bermain lama pada laptop tersebut.
  • Kemudahan Upgrade. Acer benar-benar peduli terhadap masa depan pengguna, sehingga mereka memberikan banyak kemudahan, termasuk juga untuk urusan upgrade. Kehadiran compartement backdoor bisa menjadi solusi paling baik untuk mengupgrade beberapa komponen seperti RAM dan penyimpanan dengan satu langkah mudah.

Kesimpulan

Acer Predator Nitro 5 AN515-42 bisa memberikan sesuatu yang sejuk dalam urusan laptop gaming hari ini,dan kehadiran prosesor AMD Ryzen benar-benar membuat pilihan ini terasa jauh lebih istimewa. Kini, kita tidak harus melihat lagi tim biru menguasai pasar laptop gaming, karena AMD juga bisa memberikan jalan alternatif handal, terutama hadirnya nilai yang terjangkau merupakan salah satu nilai plus mereka.

Nilai mobilitas mungkin bisa menjadi salah satu sisi minus laptop ini, hanya saja kemampuan kinerja maupun fitur pendinginan merupakan salah satu yang terhebat dalam Acer Predator Nitro 5 AN515-42. Tentu, ini bisa menjadi modal utama bagi mereka yang menginginkan pengalaman gaming 1080p tanpa banyak hambatan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat