- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nvidia GeForce RTX Series

Nvidia GeForce RTX Series siap dirilis tanggal 20 september mendatang. Namun, terkadang masih ada keraguan diantara kita semua, dengan sejumlah pertanyaan meruncing pada satu kesatuan, apakah barisan GPU terbaru ini benar-benar berharga untuk pengguna?

Nvidia RTX merupakan platform pengembangan untuk rendering grafis yang dibuat oleh Nvidia, terutama untuk real-time Ray Tracing (RT). Umumnya, RT biasanya hadir pada berbagai efek pencahayaan di sebuah film, animasi,  dimana pembuatan gambar tidak menampilkan waktu sensitif, yang berarti bahwa aplikasi seperti video game harus bergantung pada rasterisasi untuk penguraiannya.

Namun, Nvidia ingin mendobrak semua hal mustahil tersebut untuk gaming dengan hadirnya RTX, bahkan akan memberikan kinerja yang jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan generasi Pascal. Nah, pertanyaannya, seberapa hebat sih potensi yang bisa dihadirkan barisan GPU Nvidia RTX series ini?

Baca juga : Nvidia Siap Sempurnakan GeForce Now Dengan Sajian Koneksi 5G

Apa Yang Perlu Kita Ketahui Nvidia GeForce RTX Series

Nvidia GeForce RTX Series membawa arsitektur Turing sebagai pilihan utama, dimana ini merupakan mikroarsitektur GPU yang dikembangkan oleh Nvidia sebagai penerus arsitektur Pascal. Mereka mengambil inspirasi nama ini dari ahli matematika dan komputer terkemuka, Alan Turing.

Arsitektur ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Agustus 2018 di Siggraph bersama dengan peluncuran workstation profesional Quadro RTX. Dan satu minggu kemudian, mereka secara resmi mengumumkan produk GeForce RTX untuk konsumen di Gamescom.

Apa yang menjadi fokus utama Arsitektur Turing ini adalah kemampuan efektif dalam hal urusan real-time raytracing, yang telah menjadi tujuan jangka panjang industri grafik komputer. Elemen utama barisan GPU tersebut adalah prosesor kecerdasan buatan khusus (“Tensor core”) dan prosesor raytracing khusus. Turing ini akan memanfaatkan Microsoft DXR, OptiX dan Vulkan untuk akses ke raytracing.

Nvidia bahkan bekerjasama dengan Microsoft untuk mengintegrasikan dukungan RTX pada Microsoft DirectX Raytracing API (DXR). Sehingga, RTX saat ini tersedia melalui Nvidia OptiX dan untuk Microsoft DirectX, dan sedang dikembangkan juga untuk Vulkan.

Jadi, Seperti Apa Sih Kemampuan Sesungguhnya Ray Tracing Itu?

Dalam grafik komputer, ray tracing menghasilkan gambar dengan menelusuri jalur cahaya sebagai piksel dalam bidang gambar dan mensimulasikan efek pertemuannya dengan objek virtual. Sebelumnya, rendering 3D konvensional biasanya menggunakan proses yang disebut rasterisasi. Rasterisasi ini menggunakan objek yang dibuat dari mesh segitiga atau poligon untuk mewakili model 3D dari suatu objek. Rendering pipeline ini kemudian mengubah setiap segitiga dari model 3D menjadi piksel pada bidang gambar 2D. Piksel ini kemudian dapat diproses lebih lanjut atau “diarsir” sebelum tampilan akhir di layar.

Sementara rasterisasi biasanya lebih efisien untuk menghasilkan gambar secara real-time, menambahkan elemen yang lebih realistis pada game seperti efek pencahayaan ke pipa rasterisasi membutuhkan lebih banyak parameter berdasarkan adegan yang diberikan, sehingga terkadang proses ini membutuhkan waktu yang jauh lebih lambat.

Di sisi lain, ray tracing mampu menghasilkan gambar yang jauh lebih realistis dengan mensimulasi perilaku fisik cahaya. Cahaya dapat memantulkan dari satu objek ke objek lain (menyebabkan pantulan), ketika diblokir oleh objek akan menyebabkan bayangan), atau melewati objek transparan atau semi-transparan (mensimulasikan tembus cahaya atau dielektrik seperti kaca atau air) saat melintasi pemandangan. Semua interaksi ini bergabung untuk menghasilkan warna akhir yang mengesankan dan jauh lebih realistis dari sebuah piksel yang ditampilkan di layar.

Nvidia GeForce RTX Series

Nah, tampaknya seri RTX bisa memberikan semua ruang ini dengan baik, antara bekerja dengan menggunakan struktur percepatan dan algoritma untuk membangun serta memperbarui struktur data pencarian spasial, yang menghitung persimpangan sinar dengan geometri adegan, secara real time. Aplikasi dapat mengoptimalkan struktur percepatan untuk berbagai jenis konten, seperti statis vs. animasi. Intinya, ketika teknologi Ray Tracing hanya cocok untuk aplikasi berbagai efek pencahayaan di kebanyakan Film, animasi, ataupun alat yang efektif untuk para Insinyur, kehadiran RTX bisa membawa sebuah pencapaian besar juga untuk urusan gaming.

Does It Worth?

Tentu, kehadiran RTX akan membawa pengalaman gaming jauh lebih sempurna, bahkan segala hal yang menyenangkan hati gamer sebelumnya bisa jauh lebih baik. Ray Tracing bahkan menjadi salah satu efek utama dalam game Shadow Of The Tomb raider, dimana kamu bisa melihat berbagai pencahayaan yang lebih dramatis dan sempurna.

Hanya saja, tidak semua game mendukung fitur RT, karena masih terbatas pada beberapa game saja dan itu pun masih fresh atau belum dirilis. Sehingga, terkadang kehadiran RT masih belum bisa dipakai secara umum untuk gaming, meskipun ini bisa menjadi langkah awal bagaimana pengembang game nantinya akan memberikan fitur serupa untuk mendukung teknologi RT.

Spesifikasi RTX 2080 Ti RTX 2080 RTX 2070
GPU Architecture Turing Turing Turing
RTX-OPS 76T 57T 42T
Giga Rays/s 10 8 6
Boost Clock 1635 Mhz 1710 MHz 1620 Mhz
Frame Buffer 11GB GDDR6 8 GB GDDR6 8 GB GDDR6
Memory Speed 14 Gbps 14 Gbps 14 Gbps
Memory Interface 352-bit 256-bit 256-bit
Memory Bandwith 616 GB/s 448 GB/s 448 GB/s
Harga (Dalam$) $1,199 $799 $599

Harga yang ditawarkan oleh Nvidia memang cukup mahal, bahkan jika dibandingkan antara MSRP RTX 2080 ($799) dengan seri GTX 1080 FE($699) pada saat rilis memiliki perbandingan selisih harga hingga 1.5 jutaan. Namun, potensi kinerja yang siap dihadirkan bisa jauh lebih hebat, bahkan beberapa kinerja yang sudah bocor menunjukan bahwa seri RTX 2080 memiliki performa jauh lebih baik jika dibandingkan dengan GTX 1080 (atau dengan 1080 Ti).

Intinya, harga mungkin bisa sedikit mahal, namun potensi kinerja yang dihadirkan akan jauh lebih hebat jika dibandingkan dengan generasi Pascal, termasuk beberapa fitur terbaru yang bisa menyempurnakan potensi gaming jauh lebih mengesankan.

Ada 3 pilihan utama yang siap disajikan Nvidia, meskipun hanya ada dua seri yang akan dirilis pada tanggal 20 september mendatang, yakni Nvidia GeForce RTX 2080 Ti dan RTX 2080. Ini bisa menjadi salah satu senjata pamungkas Nvidia untuk membungkam saingan terdekat mereka, bahkan dengan seri Nvidia Pascal itu sendiri.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Nvidia GeForce RTX Series

Comments are closed.