- Apple, Berita Terbaru, iPhone, Prosesor, Smartphone

Apple Perkenalkan Chip Terbaru 7nm Yang Lebih Canggih, A12 Bionic

Apple kini memiliki CPU 7nm untuk pertama kalinya dalam sejarah, dimana mereka menyebutnya sebagai A12 Bionic. Chip ini tentu saja untuk seri mobile terbaru yang sangat menjanjikan, iPhone XS, XS Max dan XR yang diperkenalkan pada 12 september kemarin.

Menurut Apple, akan ada lebih banyak potensi hebat yang bisa ditawarkan CPU canggih ini, terlebih lagi Chip 7nm ini memiliki 6,9 miliar transistor jika dibandingkan dengan seri A11 Bionic yang hanya memiliki 4,3 miliar transistor.

Baca juga : Buyer’s Guide : Alasan Utama Untuk Membeli Sebuah MacBook (Atau Tidak)

Chip terbaru A12 Bionic dari Apple, Generasi Hebat Berikutnya Untuk iPhone Series

Prosesor ini membawa kekuatan CPU 6-core dan hadir dengan pilihan arsitektur Fusion Apple, dimana ini menggabungkan dua core kinerja dan empat core dengan nilai efisiensi jauh lebih hebat. Intinya, kelebihan A12 ini adalah fitur dua core berkinerja tinggi yang 15% lebih cepat daripada Apple A11 dan empat core berefisiensi tinggi yang menggunakan daya 50% lebih sedikit daripada core A11.

A12 Bionic

Bionic juga dilengkapi dengan GPU quad-core yang bisa memberikan kinerja hingga 50 persen lebih cepat daripada GPU sebelumnya. Hasilnya, A12 Bionic berpotensi bisa memberikan kinerja tessellation dan rendering multilayer, termasuk kompresi memori lossless jauh lebih mengesankan. Sistem pada chip ini juga dilengkapi prosesor gambar baru, prosesor video, secure enclave lebih cepat dan banyak lagi yang bisa ditawarkannya.

Tak kalah menariknya juga, A12 Bionic juga menjalankan Apple neural engine dengan desain 8-core (seri sebelumnya hanya 2 core saja untuk Neural Engine) . Perusahaan mengklaim bahwa kehadiran fitur tersebut dapat menjalankan 5 triliun operasi dalam hitungan detik, naik dari 600 miliar operasi per detik pada A11 Bionic, CPU terakhir Apple. Sehingga, seri ini diklaim akan memiliki fitur CoreML yang bisa berjalan sembilan kali lebih cepat dengan hanya sepuluh persen dari energi chip yang lebih tua.

A12 juga bisa memungkinkan penyimpanan hingga 512GB pada iPhone, sehinga nantinya akan ada pilihan penyimpanan besar bagi pengguna. Perusahaan juga mengklaim bahwa aplikasi bisa diluncurkan hingga 30 persen lebih cepat, khususnya untuk seri XS dan XS Max daripada ponsel sebelumnya.

sumber gambar : makemac.com

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Apple Perkenalkan Chip Terbaru 7nm Yang Lebih Canggih, A12 Bionic

Comments are closed.