- Kartu Grafis, Monitor, Serba-serbi, Tutorial

Buyer’s Guide : Pilihan Ideal Antara Nvidia G-Sync Atau AMD FreeSync

Hampir semua orang tahu bahwa kehadiran masalah pada monitor seperti garis-garis horizontal maupun screen stuttering bisa sangat menyebalkan, membuat pengalaman gaming terasa hambar dan tidak begitu menyenangkan. Untungnya, kehadiran Nvidia G-Sync maupun AMD Freesync menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Kedua produsen besar dalam bidang GPU terus memperluas potensi baru untuk teknologi tersebut, meskipun selalu ada suasana panas diantara hubungan keduanya. Nah, terkadang kita sebagai konsumen suka bingung, pilihan mana yang ideal untuk sebuah monitor, apakah pergi dengan Nvidia G-Sync atau AMD Freesync? Untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap bagaimana potensi kedua pilihan tersebut dan bisa memberikan pilihan terbaik (maupun sisi minus keduanya) dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Monitor Handal & Harga Terjangkau (Update Juli 2018)

Nvidia G-Sync VS AMD FreeSync : Kinerja

G-Sync dan FreeSync dirancang untuk kelancaran gameplay, mengurangi lag input, dan mencegah screen tearing atau layar seolah tampak robek. Kedua pilihan ini ternyata memiliki metode yang berbeda untuk mencapai tujuan-tujuan ideal untuk mengatasi masalah ini, tetapi apa yang benar-benar membedakan mereka adalah yang satu memiliki fitur yang sangat dijaga ketat, dan yang lainnya dihadirkan secara terbuka.

Nvidia G-Sync VS AMD FreeSync

Nvidia G-Sync diaktifkan dengan menyertakan chip saat memproduksi monitor, sedangkan FreeSync menggunakan fungsi kartu grafis untuk mengelola kecepatan refresh monitor dengan menggunakan standar Adaptive Sync, dimana ini dibangun ke dalam standar DisplayPort.

Namun, perbedaan paling nyata hadir dari sisi kinerja, dimana beberapa pengguna telah mencatat bahwa kehadiran monitor FreeSync tampaknya belum secara efektif mengurangi masalah screen tearing maupun stuttering. Selain itu, beberapa monitor dengan dukungan FreeSync memiliki masalah lain, yakni Ghosting. Saat objek bergerak di layar, mereka meninggalkan sedikit gambar dari posisi terakhir mereka seperti bayangan. Ini adalah artefak yang sebagian orang sebenarnya tidak diperhatikan sama sekali.

Disisi lain, G-Sync juga sebenarnya bukan tanpa masalah, karena beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka yang memakai dukungan ini mulai menderita ketika framerate tidak konsisten dalam upaya untuk singkronisasi refresh rate. Meskipun, G-Sync jauh lebih konsisten dalam mengatasi masalah  flickering dan biasanya ia bisa mengkompensasi untuk memperbaikinya, kecuali ada pengecualian.

Sebagian besar pengulas yang telah membandingkan keduanya secara berdampingan, tampaknya mereka lebih menyukai kualitas G-Sync, yang tidak menunjukkan masalah gagap pada framerata rendah, dan dengan demikian lebih lancar dalam situasi dunia nyata.

Nvidia G-Sync VS AMD FreeSync : Pilihan

Dan ketika kita berbicara mengenai teknologi adaptif, dimana ini menunjukan persaingan umum antara AMD dan Nvidia, dengan perbedaan antara standar tertutup dan terbuka. Meskipun G-Sync adalah teknologi Nvidia milik sendiri, tapi OEM memerlukan izin dan kerja sama dengan perusahaan ini untuk menggunakan. FreeSync disisi lain gratis untuk digunakan, dan menerapkannya sebagai tujuan program utama, bukan cara menghasilkan uang. Dengan demikian, ada lebih banyak monitor yang tersedia dengan dukungan FreeSync jika dibandingkan dengan Nvidia G-Sync.

Selain itu, pengguna juga tidak dapat mencampur dan mencocokkan antara kedua teknologi tersebut. Sementara monitor sendiri akan bekerja terlepas dari merek kartu grafis, fitur FreeSync dan G-Sync secara khusus memerlukan GPU dengan merek yang sama. Jadi, kamu harus memilih apakah ingin menggunakan Nvidia atau AMD, lalu membeli monitor dan GPU yang sesuai.

Nvidia G-Sync VS AMD FreeSync
Pilihan Harga Rata-rata Monitor Dengan Fitur G-Sync

Jika Anda pergi ke rute Nvidia, modul di monitor dengan teknologi ini akan menangani banyak pengangkatan berat yang terlibat dalam menyesuaikan kecepatan refresh. Itu akan tercermin dalam harga yang perlu kamu bayar untuk monitor, karena setiap produsen harus membayar Nvidia untuk perangkat keras mereka. Keuntungannya adalah teknologi ini sudah tersedia sejak awal 2014, bisa jauh lebih baik dan memiliki nilai hebat untuk pilihan GPU high end.

Pilihan Harga Rata-rata Monitor Dengan Fitur FreeSync

Dan ketika kamu lebih memilih AMD FreeSync, kamu tidak akan membayar ekstra untuk monitor. Tidak ada kompensasi premium bagi pabrikan untuk memasukkannya, tidak seperti G-Sync. Dengan demikian, FreeSync memiliki opsi yang jauh lebih banyak, termasuk dukungan teknologi layar 1440p dan refresh rate 144Hz, serta monitor dengan fitur tersebut dapat memiliki harga jauh lebih murah.  Hanya saja, kamu perlu tahu bahwa untuk memiliki dukungan terbaik dari kedua teknologi ini, kamu juga memerlukan kartu yang mendukung FreeSync maupun G-Sync. Ada banyak pilihan dari kedua perusahaan ini dalam hal GPU, termasuk nilai harga.

Kesimpulan

Nvidia dan AMD memiliki nilai keunggulan masing-masing dalam dua teknologi antara G-Sync maupun FreeSync. Nvidia G-Sync memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dengan pilihan teknologi hampir sempurna. Bahkan pilihan ini menjadi salah satu pilihan terbaik untuk sebuah monitor saat ini. Hanya saja, mereka tidak datang dengan nilai harga murah, bahkan kamu perlu menghabiskan kisaran sekitar 7 jutaan lebih untuk sebuah monitor G-Sync. Meskipun, teknologi penyegaran adaptif Nvidia bisa memberikan kinerja keseluruhan yang lebih konsisten

Disisi lain, AMD memiliki nilai harga yang jauh lebih murah, ketersediaan yang banyak dan pilihan yang bervariasi. Bahkan, kamu bisa memiliki sebuah monitor dengan kisaran harga dibawah 3 atau 2 jutaan saja, hanya saja performa yang dihadirkan tidak setinggi dari apa yang ditawarkan Nvidia. Namun, kehadiran teknologi ini tidak bisa dipandang sebelah mata saja, karena ia juga sanggup menghadirkan performa terbaik, menjadi solusi ideal untuk menghapus banyak masalah dalam hal keterbatasan monitor.

Jadi, saran kami yang bisa kamu pertimbangkan adalah, ketika kamu berencana untuk memiliki pilihan GPU high-end, maka Nvidia G-Sync siap menjadi penyempurna dan solusi terbaik untuk memulai. Namun jika kamu memiliki GPU mid-range kebawah, pilihan AMD FreeSync bisa dipakai sebagai solusi paling ideal, meskipun kedua pilihan ini masih bisa menyanggupi dalam dua cerita yang berbeda.  Hingga pada akhirnya, kedua teknologi ini sebagian besar mencapai tujuan mereka dan memberikan pengalaman yang lebih unggul daripada V-Sync. Pilihan kamu akan bergantung pada apakah Anda lebih suka nilai atau pengalaman bermain yang terbaik atau kenyamanan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “Buyer’s Guide : Pilihan Ideal Antara Nvidia G-Sync Atau AMD FreeSync

Comments are closed.