- Berita Terbaru, Laptop, Prosesor

HP Ungkap Prosesor Mobile Intel Terbaru, Whiskey Lake U-Series

Generasi prosesor terakhir 14nm dari Intel untuk Mobile, Whiskey Lake seri U tampaknya sudah siap dihadirkan tidak lama lagi. Bahkan, HP yang menjadi bagian dari partner resmi Intel tidak sengaja membocorkan beberapa lini terbaru CPU U-series, dimana pilihan ini siap menanti para pengguna laptop tipis dengan sajian yang sangat menarik.

HP mengungkapkan hal tersebut dalam halaman produk Pavilion x360 (halaman tersebut tampaknya sudah dihapus oleh produsen), dimana ada 3 pilihan CPU yang siap dihadirkan dengan kekuatan utama hadir dari Intel Core i7-8565U. Pilihan ini siap memberikan performa jauh lebih unggul dengan fitur quad core dan nilai clockspeed up to 4.6Ghz.

Baca juga : HP 14-BW002AX Review : Notebook Mainstream Berkelas & Harga Pas

HP Ungkap Prosesor Mobile Intel Terbaru, Whiskey Lake U-Series

Generasi prosesor Whiskey Lake-U siap menggantikan prosesor Kaby Lake-R yang sudah ada di pasaran saat ini. Whiskey Lake adalah penyempurnaan proses ketiga dan proses manufaktur terakhir 14nm sebelum pembuat chip ini akan mengantarkan pilihan terbaru dengan chip Cannon Lake 10nm pada 2019.

Whiskey Lake
Via Tomshardware.com

Prosesor Whiskey Lake-U diproduksi di bawah proses generasi keempat 14nm + +, dimana seri ini akan memiliki rating TDP (thermal design power) 15W. Chip berdaya rendah ini bisa sangat ideal untuk pilihan Ultrabooks, laptop ringan, all-in-one PC dan PC mini. Menurut informasi yang baru-baru ini diungkapkan HP, keluarga Whiskey Lake-U terdiri dari tiga prosesor.

Pilihan tertinggi hadir dari seri Core i7-8565U, dimana ini merupakan prosesor dengan kekuatan quad core dan 8 thread, serta memiliki base clockspeed 1.6ghz, dan maksimum turbo boost hingga 4.6Ghz. Sedangkan untuk pilihan mid-range, Intel Core i5-8265U juga akan memiliki kekuatan 4 core dan 8 thread, dan siap menyajikan clockspeed up to 4.1ghz dengan cache 6MB.

Hanya sayangnya, kami belum mengetahui secara pasti untuk seri Core i3, dimana HP tidak mengungkapkan sepenuhnya spesifikasi prosesor entry level ini. Mereka hanya mengungkap bahwa Intel Core i3-8145U memiliki base clockspeed sebesar 2.1GHz, dengan boost clock hingga 3.9GHz dan cache 4MB. Kami menduga bahwa seri ini akan memiliki kekuatan dual core dengan dukungan teknologi hyper-threading.

Tabel spesifikasi HP juga mengungkapkan bahwa prosesor Whiskey Lake-U akan menggunakan kartu grafis terintegrasi Intel UHD 620 Graphics, dimana pilihan ini sama dengan seri sebelumnya. Intel UHD 620 dilengkapi dengan 24 unit eksekusi yang beroperasi pada 300MHz dengan clock boost 1.150MHz, meskipun tergantung pada model prosesor.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “HP Ungkap Prosesor Mobile Intel Terbaru, Whiskey Lake U-Series

Comments are closed.