- Games, Kartu Grafis, Monitor, Tutorial

Apa Sih VSync Itu & Bagaimana Dampaknya Pada Game? Begini Penjelasannya

Hampir semua orang mungkin tahu apa itu VSync, dimana pengaturan ini biasanya hadir dalam sebuah game (baik lama maupun yang terbaru). Namun, terkadang kita suka lupa atau tidak mengerti seutuhnya mengenai kapan saat yang tepat untuk mengaktifkan fitur ini. Karena, pilihan ini bisa memberikan solusi terbaik untuk mengatasi segala masalah keterbatasan dalam monitor, namun disisi lain ia juga bisa menurunkan kinerja grafis secara signifikan.

Vsync itu sendiri merupakan kepanjangan dari Vertical Sync, dimana ini merupakan salah satu opsi pengaturan yang biasa hadir pada sebuah game, yang memungkinkan gamer untuk menyinkronkan laju frame permainan dengan tingkat kecepatan refresh monitor, sehingga bisa memberikan stabilitas yang lebih baik. Dengan kata lain, jika kamu mengaktifkan fitur ini, maka beberapa keterbatasan monitor seperti kehadiran artefak maupun screen tearing karena tingkat refresh rate rendah bisa dihilangkan.

Namun, disisi lain juga ia ternyata bisa berdampak yang cukup signifikan dalam hal mengurangi kinerja grafis, seperti nilai FPS yang jauh lebih rendah dan sebagainya. Untuk itulah, kamu perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkan (atau menonaktifkan ) fitur ini, sehingag semua hal yang kamu lakukan dalam hal pengaturan in-game bisa jauh lebih efektif. Untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap sedikit tutorial mengenai VSync dibawah ini.

Baca juga : 5 Monitor FreeSync Terbaik Dengan Harga 2 Jutaan

VSnyc & Refresh Rate, Dua Fitur Yang Selalu Berhubungan

Kita semua tahu bahwa Refresh rate biasanya mengacu pada seberapa banyak monitor yang kita miliki  dalam me-refresh gambar di layar setiap detik. Contohnya, jika kamu memiliki monitor dengan tongkat refresh rate 60Hz, maka layar tersebut akan merefresh monitor sebanyak 60 kali per detik. Itu berarti, pada dasarnya, kamu akan selalu melihat 60 bingkai per detik  (atau Frame per second),  bahkan jika kamu memiliki pilihan kartu grafis yang sebenarnya berpotensi bisa melebihi tingkat FPS jauh lebih baik dari itu dalam sebuah game.

Nah, biasanya pembacaan nilai FPS sebuah permainan yang biasa kita mainkan mengacu pada berapa banyak (atau seberapa besar) bingkai yang dihasilkan oleh kartu grafis kamu, namun ternyata dibatasi oleh tingkat refresh monitor. Contohnya, Monitor dengan tingkat refresh rate 120Hz bisa menyediakan pengalaman yang jauh lebih halus, karena pilihan ini bisa menampilkan 120 frame per detik. Namun ketika monitor kamu hanya memiliki tingkat refresh rate sebesar 60hz, padahal GPU kamu mampu menghasilkan kinerja FPS lebih dari 90 atau diatas 100,  maka kamu akan mendapatkan situasi yang tidak menyenangkan, seperti kehadiran artefak pada monitor, termasuk Screen Tearing, stuttering dan sebagainya.

Untungnya, selalu ada solusi untuk mengatasi keterbatasan monitor, dimana kamu sebenarnya tidak harus membeli perangkat lain untuk mengatasinya. Kehadiran fitur VSync merupakan salah satu solusi terbaik untuk memulai. Hanya saja, kamu perlu mengetahui kapan untuk mengaktifkan fitur ini, karena jika tidak, fitur tersebut justru akan memberikan mimpi buruk dalam setiap pengalaman gaming, membatasi FPS jauh lebih rendah, dan mengurangi kinerja secara signifikan.

Jadi, Kapan Sih Saat Yang tepat Untuk Mengaktifkan (Atau Menonaktifkan) VSync ?

Kehadiran VSync akan memecahkan masalah keterbatasan tersebut dengan “menyinkronkan” kecepatan refresh monitor ke output kartu grafis kamu. Itu berarti bahwa fitur ini akan membatasi permainan yang kamu lakukan hingga titik maksimum 60 frame per detik, dan ia akan menunggu sampai monitor siap untuk menghadirkan bingkai baru sebelum menghasilkan lagi.

Jadi, dengan hadirnya VSync (mengaktifkannya), ini  akan mengubah frekuensi gambar menjadi 60 FPS, dengan CATATAN bahwa kamu biasanya mendapatkan lebih dari 60 FPS. Dan itu bukan masalah, malah bisa menjadi solusi terbaik, khususnya bagi mereka yang masih memiliki monitor 60Hz. Namun, jika kamu mengaktifkan fitur ini, padahal permainan yang dihadirkan dibawah 60Ffps (misal rata-rata hanya 45-sd 50Fps), maka fitur ini akan membatasi nilai FPS hingga maksimum 30Fps.  Hasilnya, kamu akan melihat penurunan kinerja yang signifikan, dan pastinya sangat tidak nyaman untuk bermain game dengan nilai FPS rata-rata 30Fps, padahal kamu biasa memainkan game tersebut jauh diatasnya. Sehingga, fitur VSync tentunya akan merugikan kinerja, karena permainan terasa jauh lebih lambat.

Inilah yang perlu kamu ketahui saat akan mengaktifkan fitur VSync yang biasa hadir pada pengaturan game, baik yang lama maupun yang terbaru. Dengan penjelasan diatas, setidaknya kamu bisa mengetahui saat yang tepat untuk mengaktifkan fitur ini untuk memberikan efek yang jauh lebih baik, menghindari segala keterbatasan yang ditimbulkannya, termasuk juga hal hebat yang bisa diberikan oleh fitur ini.

Namun, jika kamu menginginkan lebih dari sekedar pembatasan nilai FPS 60 saja, tanpa harus mengalami segala masalah yang biasa hadir pada monitor, maka hal terbaik yang perlu dilakukan adalah mendapatkan perangkat monitor dengan tingkat refresh rate yang jauh lebih tinggi, termasuk dukungan teknologi hebat seperti Nvidia Gsync maupun AMD FreeSync. Dengan hadirnya pilihan ini, mereka semua siap menyajikan pengalaman terbaik dengan nilai FPS yang jauh lebih tinggi. Hanya saja, biaya yang perlu dikeluarkan tentunya tidak akan datang dengan murah.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat