- Berita Terbaru, Games, Gaming Gear, Serba-serbi

Masa Depan eSport Semakin Cerah, Asian Games 2018 Awal Terbaiknya

eSport kini menjadi salah satu bagian olahraga baru Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, dimana ada 6 pilihan game populer yang siap disajikan dalam ajang perhelatan akbar terbesar di Asia tahun ini. Hal terbaik dari semua ini adalah profesi Gamer kini bukan lagi “sekedar” hobi, namun juga bisa dikatakan sebagai profesi baru yang bisa membawa harum nama dan bangsa ini lebih besar.

6 pilihan game yang akan dipertandingkan dalam Asian Games 2018 adalah Arena of Valor, Pro Evolution Soccer, League of Legends, Clash Royale, Hearthstone dan Starcraft 2. Sebenarnya, ada sedikit kekecewaan beberapa penggemar ketika salah satu game populer mereka tidak dimasukan dalam cabang olahraga baru ini, seperti kehadiran DOTA 2 maupun beberapa pilihan game lainnya.

Namun, pemerintah kita termasuk official dari Asian Games tentu melihat lebih jelas bagaimana idealnya sebuah game untuk dimasukan pada cabang baru eSPort. Dan ini hanya awal saja, karena mereka juga akan memasukan beberapa game di masa depan, termasuk DOTA 2 maupun pilihan lainnya.

Baca juga : eSport & Gamer Pro, Harapan Baru Untuk Ajang Olimpiade 2024

Masa Depan eSport Semakin Cerah, Asian Games 2018 Awal Terbaiknya

Dulu, seorang gamer dilihat sebagai sajian yang buruk yang bisa membawa banyak dampak negatif untuk sebagian orang. Ketika ia hanya dilihat sebagai dimensi waktu yang tidak memiliki masa depan, wujud yang tidak karuan, atau bahkan beberapa orang mengkritik jauh lebih keras sebagai sesuatu yang tidak memiliki banyak manfaat. Namun, inilah yang dilihat sebagai tantangan bagi para gamer, dimana mereka bisa membuktikan bahwa dunia gaming tidaklah selalu buruk, bahkan bisa memberikan banyak manfaat bagi banyak orang. Hingga waktunya, eSport untuk pertama kalinya menjadi bagian sejarah cabang olahraga baru di ajang perhelatan olahraga besar Asian Games 2018.

Asian Games 2018

Hebatnya, negara kita yang pertama kali mengakui cabang ini sebagai sajian utama olahraga istimewa yang akan memberikan nuansa jauh lebih gemerlap, dan membangkitkan sisi gelap dunia gaming jauh lebih positif. Menurut Plt Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade lndonesia, Helen Sarita Delima, ia mengungkapkan dalam pernyataan bahwa ” eSport memiliki unsur olahraga karena menggunakan tenaga manusia , kecepatan dan ketangkasan. Mirip bridge atau catur. Elektronik atau tidak selama dia pakai tenaga manusia, menggunakan ketangkasan dan kecepatan. Itu bisa jadi olahraga. Ini unsur terkandung dari sport, jadi eSport menurut saya adalah olahraga,”.

Dan ternyata, untuk menjadi atlit eSport itu tidaklah gampang, karena ada banyak syarat utama yang perlu dipenuhi bagi seorang gamer pro. Karena selain kecerdasan intelegen, kerjasama yang baik antara sesama tim, mereka juga perlu memiliki fisik dan ketahanan daya tubuh yang tangguh. Hal tersebut diungkap oleh Eddy Lim, perwakilan dari Indonesia eSports Asosiation (IeSPA).

Eddy mengatakan bahwa “”Mereka harus punya fisik yang prima. Salah satu syarat atlet eSport harus melatih fisik. Mereka juga harus memiliki pengetahuan yang bagus seperti matematika dan fisika. Logika yang bagus biasanya bagus juga prestasinya di eSport apabila bagus di mata pelajaran tersebut,” ungkapnya.

Asian Games dianggap sebagai kompetisi eSport terbesar kedua di dunia dan membawa sejarah baru bagi para atlit yang akan berjuang untuk menjadi yang terbaik, mengharumkan nama bangsa dan negara ini di kancah internasional. Ajang ini akan berlangsung mulai tanggal 26 agustus hingga 1september 2018, dimana salah satu tempat utama adalah Mahaka Square, Jakarta. Selain itu, cabang kompetisi multi-olahraga ini juga akan terus berlanjut hingga ajang olimpiade, meskipun sajian beberapa game akan hilang atau bertambah.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Masa Depan eSport Semakin Cerah, Asian Games 2018 Awal Terbaiknya

Comments are closed.