Home » WD GREEN SSD Review : Pilihan SSD Terjangkau + Kinerja Tangguh

WD GREEN SSD Review : Pilihan SSD Terjangkau + Kinerja Tangguh

Pilihan SSD hari ini sudah menjadi pilihan utama dalam desktop PC ataupun laptop, selain karena harga yang lebih terjangkau, kita juga bisa melihat banyaknya variasi yang lebih menyenangkan. Salah satu yang ideal datang dari produsen Western Digital, dimana produk yang paling terjangkau hadir dengan seri WD GREEN SSD. Jadi, jika anda sedang berencana untuk membeli salah satu perangkat ini, mari kita ungkap penjelasan lebih detail dibawah ini.

Western Digital sudah cukup lama hadir sebagai salah satu produsen populer dalam urusan penyimpanan, bahkan pilihan ini selalu bersaing ketat untuk mendapatkan tempat pertama untuk konsumen saat dunia Harddisk  tradisional masih menjadi pilihan utama. Dan ketika SSD menjadi solusi utama lainnya, WD kemudian mengambil bagian penting dengan menghadirkan 5 varian produk SSD. Salah satu yang paling terjangkau hadir dalam pilihan WD GREEN PC SSD, dimana pilihan ini lebih dikhususkan bagi pengguna kasual yang menginginkan performa jauh lebih baik jika dibandingkan dengan sistem tradisional.

Ada banyak hal yang bisa kami utarakan dalam SSD tersebut, dan jika anda berencana untuk membelinya, mungkin anda perlu membaca sekilas ulasan dari kami dibawah ini.

Baca juga : SSD NVMe Setup : Hal Yang Perlu Anda Ketahui

WD GREEN SSD : Bentuk Desain & Pilihan Konfigurasi

Produsen mengisyaratkan bahwa pilihan ini hadir dalam dua jenis kapasitas, yakni 120GB dan 240GB. Sedangkan untuk urusan form factor, SSD ini tersedia dalam dua jenis bentuk desain, yakni ukuran 2.5” standar 7mm dan bentuk M.2 2280 yang memiliki panjang sekitar 8cm dan lebar 2,2 cm. Sehingga, produk ini tidak hanya terbatas untuk desktop PC saja, namun mereka juga sangat kompatible dengan apa yang bisa ditawarkan laptop hari ini.

WD Green SSD dalam bentuk SSD 2.5” standar memiliki berat sekitar 32.1 gram atau sekitar 0.03 Kg. Ini tentu menjadi pilihan perangkat yang sangat ringan yang bisa menarik perhatian kinerja sistem. Sedangkan untuk ukuran dimensi sepenuhnya, WD Green SSD 2.5” memiliki ukuran penuh sekitar 7.00mmx69.85mmx100.50mm. Pilihan ini bisa memberikan kompabilitas yang baik, termasuk untuk desktop PC dan laptop. Meskipun, pilihan laptop lama mungkin harus mengorbankan perangkat optic  mereka untuk bisa memasangkan SSD tersebut.

Sedangkan untuk WD Green SSD dengan bentuk faktor M.2 2280, ia memiliki ukuran sekitar 1.5mmx22.0mmx80mm dengan berat sekitar 6.51gram. Pilihan ini ibaratnya sebagai pilihan bentuk faktor yang jauh lebih simple, tanpa harus mengorbankan ruang yang besar didalamnya. Anda bahkan hanya memasangnya dalam motherboard, meskipun perangkat lama mungkin tidak memiliki ruang untuk ini.

Pilihan desain terhitung cukup menarik perhatian, apalagi warna hijau yang mencolok tampak mengambil bagian terpenting dengan kombinasi warna hijau putih yang melekat pada kedua perangkat ini. Pilihan ini tentu menjadi bagian yang menarik dan memiliki ciri khas dari apa yang bisa ditawarkan oleh produsen dengan sesuatu yang bernuansa legendaris dari produknya yang terdahulu. Selain itu, produsen menawarkan garansi yang cukup panjang pada SSD ini dengan waktu hingga maksimal 3 tahun.

Spesifikasi

SpesifikasiWD Green SSD 240GBWD Green SSD 120GB
Form Factor 2.5”/7mm2.5”/7mm
M.2 2280 M.2 2280
Interface SATA III 6 Gb/s SATA III 6 Gb/s
Performance Sequential Read545 MB/s545 MB/s
Average Active Power (mW) 8080
Max Read Operating (mW) 28002200
Max Write Operating (mW)28002200
Operating Temperatures 0°C to 70°C0°C to 70°C
Reliability MTTF6 Up to 1.0M hours Up to 1.0M hours
Physical Dimensions :
2.5” 7.00mm x 69.85mm x 100.50mm7.00mm x 69.85mm x 100.50mm
M.2 2280.5mm x 22.0mm x 80mm.5mm x 22.0mm x 80mm
Weight32.2g, ± 0.5g (2.5"), 6.51g (M.2)32.2g, ± 0.5g (2.5"), 6.51g (M.2)
Harga WD Green SSD 2.5"Rp593.000 (Beli)Rp349.500 (Beli)
Harga WD Green SSD M.2 2280Rp595.000 (Beli)Rp390.000 (Beli)

Sebagaimana apa yang telah kami terangkan diatas, WD Green SSD memiliki dua pilihan konfigurasi untuk urusan penyimpanan, termasuk faktor bentuk, antara pilihan SSD 2.5” standard an M.2 2280. Pilihan sama-sama memiliki ruang interface SATA III 6GB/S sehingga mereka semua mampu memberikan performa sekuential untuk baca hingga 545MB/detik. Pilihan ini mungkin bukan yang tercepat, namun kinerja yang ditawarkan oleh perangkat ini tentu sangat baik dan bisa memenuhi segala pekerjaan yang membutuhkan waktu cepat dalam segala situasi.

Kedua pilihan ini juga memiliki tingkat konsumsi daya yang terhitung cukup kecil, dimana konsumsi rata-rata daya saat sedang berjalan normal akan memiliki kisaran daya sekitar 80mW atau sekitar 0.08W. Sedangkan saat ia sedang bekerja seperti kegiatan transfer data, ia hanya mengkonsumsi daya sekitar 2.8W (untuk kapasitas 240GB), dan 2.2W (untuk kapasitas 120GB. Anda bisa mengandalkan perangkat ini untuk urusan konsumsi daya yang kecil, terlebih seri hijau nyatanya memiliki keunggulam dalam hal tersebut.

Kondisi lingkungan untuk bekerja juga cukup ideal untuk hampir semua situasi, karena WD Green SSD bisa bekerja dalam suhu hingga 70° celcius, meskipun pilihan ini tidak memberikan arti secara detail apakah ia masih layak saat ebkerja dalam suasana yang jauh lebih panas. Tapi, tampaknya hal tersebut tidak mungkin hari ini, karena kebanyakan modern PC rata-rata sudah memiliki sistem pendingin yang sangat baik.

Kesimpulan

Mereka bilang, dengan hadirnya WD GREEN SSD, ia akan memberikan pilihan kasual yang tidak hanya ideal untuk berbagai perangkat standar hari ini, namun juga menawarkan pilihan kinerja yang sangat baik untuk sistem termasuk juga untuk urusan transfer data. Selain itu, harga nyang ditawarkan pada kedua pilihan ini sangat baik untuk keuangan anda.

Ada 3 poin penting yang bisa ditawarkan produsen kepada konsumen dengan hadirnya perangkat ini, yakni :

  • Peningkatan kinerja untuk komputasi sehari-hari
  • Handal dalam segi kualitas
  • Konsumsi daya yang ringan

Intinya begini, segala apa yang anda lakukan pada sistem jauh lebih mudah dengan kinerja yang cepat saat memulai pekerjaan anda. Ia bisa memberikan waktu yang seefektif mungkin dalam proses loading, kinerja sistem operasi yang lebih cepat. Disisi lain, ia juga menawarkan kehandalan, bentuk yang ringan dan tahan goncangan. Apalagi ia juga memiliki sisi keunggulan dalam urusan konsumsi daya yang paling rendah diantara semua barisan SSD yang pernah ada.

 Baca Juga :



Comments

Artikel Terkait