Cara Mudah Membebaskan Ruang Penyimpanan Pada Smartphone Android

Ruang penyimpanan pada ponsel Android dan Tablet dapat terisi dengan cepat saat anda mengunduh aplikasi, menambahkan file media seperti musik dan film, dan data cache untuk penggunaan offline. Banyak perangkat yang memiliki kapasitas penyimpanan minim, sehingga ia hanya dapat mencakup beberapa gigabyte, dan hal ini bahkan bisa membuat masalah.

Semakin banyak ruang yang anda miliki, semakin banyak keleluasaan manajemen mikro dalam penyimpanan internal. Jika Anda menemukan bahwa ponsel anda secara teratur kehabisan ruang dan perlu untuk mengelolanya, anda bisa mempertimbangkan untuk melihat tutorial dibawah ini untuk bisa menghemat ruang penyimpanan pada Ponsel Android.




Gunakan Alat Penyimpanan Built-in Android

Versi modern dari Android memiliki panel Storage yang akan menunjukkan dengan tepat apa yang mengambil penyimpanan pada perangkat Anda. Untuk menemukan ini, anda hanya tinggal melakukan :

  • Buka layar Pengaturan atau Setting dan tekan Storage. Disini anda dapat melihat berapa banyak ruang yang digunakan oleh aplikasi dan data mereka, dengan gambar dan video, file audio, download, data cache, dan lain-lain file lainnya.
  • Tekan pilihan di sini untuk melihat apa saja yang menggunakan ruang dan anda bisa menghapusnya. Misalnya, Anda bisa memanfaatkan Apps untuk melihat daftar aplikasi yang menggunakan ruang paling besar dan anda bisa menghapusnya.
  • Ketuk download untuk melihat daftar download di mana anda dapat menghapus file dan tekan data cache untuk menghapus data semua aplikasi yang diinstal.

clear-cache-android

  • Gunakan pilihan lain untuk melihat file yang mengambil ruang dan hapus file yang tidak Anda inginkan.

Ketika berhadapan dengan aplikasi, ingatlah bahwa aplikasi itu sendiri seperti data dan cache, semua itu menambahkan total ruang yang digunakan oleh aplikasi.

Lihat Folder dan File mana Yang banyak mengambil ruang penyimpanan

Anda akan membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti DiskUsage yang sangat baik dan gratis. Anda bisa menginstallnya dari Google Play, memulainya dan anda dapat memindai sistem file perangkat Ponsel anda.

diskusage-android

Gunakan visualisasi untuk melihat folder dan file yang mengambil ruang penyimpanan yang paing besar. Anda bisa mencoba menghapusnya langsung dari dalam aplikasi Disk Usage untuk membebaskan ruang.

Misalnya, Anda mungkin akan melihat folder sisa dari game atau aplikasi yang sudah dihapus. aplikasi yang harus dihapus data, tetapi Anda dapat melakukannya mudah dengan aplikasi ini. Pilih folder atau file, tekan tombol menu, dan ketuk Hapus untuk menghapusnya.

Tambahkan Kartu SD dan Pindahkan data Anda

Banyak perangkat Android memiliki slot kartu microSD, meskipun mereka menjadi kurang dan kurang umum pada perangkat yang lebih baru. Jika ponsel atau tablet anda memang memiliki slot kartu microSD, Anda dapat membeli kartu microSD dan masukkan ke perangkat Anda untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan.

Setelah memasang kartu SD, anda bisa memformat itu sebagai penyimpanan portabel maupun internal, kemudian hubungkan perangkat Anda ke komputer dan pindahkan file seperti musik, media, dan file lainnya ke kartu SD .

formating-sd-android

Anda juga dapat memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk membebaskan ruang,tapi memindahkan Apps ke SD Card Tergantung pada telepon Anda dan versi Android. Pengguna Android Marshmallow dapat melakukan ini dengan memformat kartu SD sebagai penyimpanan internal.

Pindahkan Foto ke Cloud

Foto dapat mengambil banyak ruang pada smartphone modern. Daripada menyimpan mereka semua di ponsel, Anda bisa menggunakan aplikasi yang secara otomatis bisa untuk meng-upload foto yang anda ambil ke akun online seperti Google, Dropbox, Microsoft onedrive, Flickr, atau sesuatu yang lain.

Google Photo terintegrasi ke dalam aplikasi “Foto” pada perangkat Android dan menawarkan penyimpanan tidak terbatas untuk foto. Anda dapat mengaksesnya dari dalam aplikasi Foto atau photos.google.com di komputer manapun.

Setelah Anda melakukan hal ini, dan setelah anda menggunakan aplikasi Foto pada perangkat Anda bisa menghapus salinan foto yang tersimpan pada perangkat anda sendiri, dan sangat berpotensi membebaskan ruang penyimpanan.

Anda juga bisa menyalin foto-foto ke komputer anda dan kembali ke mereka dengan cara kuno, . Bagian terbaik tentang menggunakan metode ini adalah bahwa Anda masih dapat mengakses semua foto melalui aplikasi Foto, terlepas dari apakah mereka disimpan secara lokal atau di awan.

Trik yang sama bisa bekerja dengan file lain yang mengambil banyak ruang pada perangkat anda, seperti anda bisa meng-upload koleksi musik besar untuk layanan seperti Google Play Music  ke perangkat anda melalui koneksi internet.



Comments