Game overview : Sekilas Cerita Kingdom Come : Deliverance

Game overview : Sekilas Cerita Kingdom Come : Deliverance

Jika anda sedang mencari pilihan game terbaru yang cukup menjanjikan, baik untuk platform Windows, Xbox One ataupun PS4, maka kehadiran Kingdom Come: Deliverance mungkin layak untuk dipertimbangkan. Game ini sudah dirilis seminggu yang lalu atau tepatnya tanggal 13 februari 2018, dimana game ini menjanjikan sesuatu yang jauh lebih menantang dalam urusan single-player yang penuh aksi dan petualangan.

Ya, Kingdom Come: Deliverance sudah dirilis, dimana ini merupakan action role-playing game yang dikembangkan oleh Warhorse Studios dan diterbitkan oleh Deep Silver untuk PlayStation 4, Xbox One dan Microsoft Windows. Game ini memiliki setting di jaman Kerajaan Abad Pertengahan Bohemia, sebuah Negara Kekaisaran Romawi Suci, dengan fokus pada konten historis yang akurat dan realistis.

Kingdom Come: Deliverance : Sekilas Cerita

Awal mula cerita terjadi pada tahun 1403, saat perang menghantui Bohemia. Atas perintah raja Hungaria Sigismund, tentara bayaran yang disebut Cuman menyerang desa pertambangan Skalitz, dimana desa ini menghasilkan sumber utama perak. Salah satu korban yang berhasil selamat dari pembantaian tersebut adalah Henry, seorang putra dari pandai besi. Disinilah gameplay bermula dimana kita akan memainkan karakter Henry yang penuh amarah dan dendam untuk bisa membalaskan apa yang menimpa orang tuanya saat dibunuh para tentara bayaran tersebut.

Henry kemudian bergabung dengan kekaisaran Lord Radzig Kobyla, yang memimpin gerakan perlawanan dalam usaha melawan Sigismund. Ketika Henry mengejar keadilan demi keluarga yang terbunuh, dia nyatanya juga terlibat dalam upaya mengembalikan raja sah Bohemia dan saudara tiri Sigismund, Wenceslaus IV, ke takhta.

Kingdom Come: Deliverance akan membawa pengalaman single-player dengan garis pencarian bercabang dan dunia interaktif, dimana ini mendorong munculnya gameplay yang bervariasi. Kita akan bisa melihat bagaimana sebuah armor yang orginial dan senapan yang akurat, teknik tempur, dan kastil dunia nyata yang diciptakan kembali dengan bantuan arsitek dan sejarawan.

Sekilas Gameplay

Kingdom Come: Deliverance nyatanya hadir sebagai action role-playing game yang dimainkan di lingkungan dunia yang benar-benar terbuka. Karakter utama akan dimainkan dari perspektif orang pertama yang menggunakan sistem RPG tanpa kelas, yang memungkinkan pemain untuk bisa memutuskan sendiri bagaimana nantinya karakter yang kita kembangkan, seperti mengambil peran layaknya seorang Warrior, bard, pencuri atau hibrida.

Kemampuan dan statistik juga nantinya akan tumbuh tergantung pada apa yang kita lakukan dan katakan melalui pilihan dialog bercabang. Selama percakapan, waktu yang dibutuhkan pemain untuk membuat keputusan cukup terbatas dan akan berpengaruh pada hubungan karakter utama dengan orang lain. Hasilnya juga akan menentukan Reputasi yang didasarkan pada pilihan pemain dan oleh karena itu dapat membawa konsekuensi.

Untuk sistem armor, kita akan memiliki hingga 16 slot dan item di banyak area bodi yang bisa dilapisi. Sebagai contoh, seorang ksatria dengan kelas berat mungkin mengenakan bagian atas tubuhnya, diikuti dengan berbagai macam asesoris, dengan tabard atau surcoat di atas, dengan total empat item pakaian di slot dada. Setiap jenis armor biasanya akan memberikan tingkat perlindungan yang berbeda terhadap berbagai jenis senjata. Dan ini juga berpengaruh pada kondisi pakaian, ketika kita sering memakai armor, maka pakaian tersebut akan kotor, atau berdarah karena penggunaan, yang mempengaruhi penampilan karakter.

Kita juga bisa menggunakan berbagai senjata termasuk pedang, pisau, kapak, palu atau busur. Sedangkan untuk urusan transport, hadirnya kuda sebagai pilihan utama ditampilkan dalam permainan, dan dirancang untuk bertindak dengan AI mereka sendiri saat berada di bawah kendali pemain, bergerak atau melompat untuk menghindari rintangan atau bahaya kecil. Pemain juga bisa berperang dari punggung kuda dan menggunakan tangkai mereka untuk membawa barang jika mereka memerlukan ruang inventaris tambahan, namun kuda perang juga merupakan pejuang yang kompeten dengan AI mereka sendiri. Kuda datang dengan lima slot untuk baju besi dan lampiran.

Game ini juga dilengkapi dengan sistem kebutuhan yang mengharuskan karakter yang kita gunakan untuk tidur dan makan agar tetap sehat. Peralatan dan pakaian juga terdegradasi dan membutuhkan perbaikan. Bahan makanan dan barang-barang lainnya akan rusak akan rusak seiring berjalannya waktu. Permainan ini menggunakan game mini berbasis skill / stat untuk banyak tugas, termasuk perbaikan senjata dan baju besi, dan juga kita akan mengumpulkan barang baru dengan memilih kunci atau kantong, penyulingan alkohol atau membuat obat-obatan.

Kingdom Come: Deliverance menggunakan senjata jarak jauh dan pendek dalam pertempuran yang didasarkan pada sistem fisika dengan menggunakan kinematika invers. Ini tentu dihadirkan untuk menentukan reaksi pemain berdasarkan kecepatan dan berat pukulan. Sistem ini bertujuan untuk menambahkan variasi dan realisme yang lebih besar ke dalam pertempuran, ditambah dengan berbagai gerakan tempur dasar dan perpindahan kombinasi, beberapa di antaranya dapat dibuka dengan poin skill.

Kemudian hadirnya Quests dimaksudkan untuk menjadi nonlinier, dengan beberapa cara untuk menyelesaikan tujuan agar beberapa tipe karakter bisa bertahan.  Alur cerita utama akan menampilkan beberapa acara berskala besar seperti pengepungan kastil dan pertempuran besar. Setiap karakter non-pemain (NPC) memiliki rutinitas harian mereka, dan setiap rutinitas dapat dipengaruhi oleh pemain.

Karakter dapat bereaksi terhadap semua tindakan pemain dan menyesuaikan rutinitasnya dengan mereka.  Dan ketika kita melakukan sesuatu pada NPC (apalagi berbuat jaha), mereka akan melaporkan kejahatan kepada pihak berwenang, yang akan menghukum pemain sesuai dengan tindakannya, baik dengan denda, waktu di penjara, atau penyiksaan.

Sistem Spesifikasi minimum & Pilihan konfigurasi

Game ini tersedia dengan kisaran harga sekitar 389 ribu rupiah dan sudah tersedia di beberapa toko online khusus game termasuk Steam. Ada beberapa pilihan konfigurasi pada game ini, bahkan produsen sudah menyediakan DLC tambahan untuk cerita maupun fitur, namun tidak tersedia secara gratis. Beberapa konfigurasi tersebut diantaranya :

  • Kingdom Come: Deliverance Full Bundled : pilihan lengkap ini memiliki kisaran harga sekitar 450 ribu, dimana anda akan mendapatkan semua pilihan DLC terbaru termasuk tambahan Kingdom Come: Deliverance OST dan Kingdom Come: Deliverance – Art Book.
  • Kingdom Come: Deliverance Basic : Pilihan game ini hanya tersedia tanpa tambahan fitur baru termasuk DLC, jadi jika anda menginginkan pilihan extra, anda mungkin perlu membelinya secara terpisah.

Kingdom Come: Deliverance

Nah, ketika anda berencana untuk memainkannya di PC, maka ada ketentuan tersendiri sebagai syarat utama spesifikasi agar bisa memainkan game ini, diantaranya :

Spesifikasi Minimum :

  • OS: OS 64-bit Windows 7 or 64-bit Windows 8 (8.1) or Windows 10
  • Processor: Intel CPU Core i5-2500K 3.3GHz, AMD CPU Phenom II X4 940
  • Memory: 8 GB RAM
  • Graphics: Nvidia GPU GeForce GTX 660, AMD GPU Radeon HD 7870
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 40 GB available space
  • Sound Card: Integrated

Spesifikasi Rekomendasi :

  • OS: OS 64-bit Windows 7 or 64-bit Windows 8 (8.1) or Windows 10
  • Processor: Intel CPU Core i7 3770 3,4 GHz, AMD CPU AMD FX-8350 4 GHz
  • Memory: 16 GB RAM
  • Graphics: Nvidia GPU GeForce GTX 1060, AMD GPU Radeon RX 580
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 40 GB available space
  • Sound Card: Creative SOUND BLASTER Zx

Pilihan spesifikasi tersebut tentu sebagai syarat agar kita bisa memainkan game ini pada resolusi 1080p dengan tingkat pengaturan yang nyaman untuk dimainkan. Jadi, jika anda benar-benar tertarik pada game dengan suasana terbuka dan penuh aksi petualangan, maka Kingdom Come: Deliverance bisa menjadi pilihan favorit anda berikutnya.

 Baca Juga :




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com

One thought on “Game overview : Sekilas Cerita Kingdom Come : Deliverance

Comments are closed.