- Hardware, Prosesor

AMD Ryzen 5 2400G & 2200G Review : Kombinasi Ampuh Untuk Budget Gamer

Jadi, akhirnya AMD merilis pilihan prosesor terbaru yang begitu menjanjikan untuk budget user, AMD Ryzen 5 2400G dan Ryzen 3 2200G. Apa yang terbaik dari dua pilihan CPU ini adalah kehadiran iGPU yang benar-benar bisa diandalkan untuk “sekedar” bermain gaming kasual dengan pilihan Fps yang menyenangkan. Dengan kisaran harga terendah sekitar 1.5 jutaan, kini anda “seolah” tidak usah lagi membeli dedicated kartu grafis. Karena dengan kekuatan RX Vega didalam kedua prosesor tersebut, semua hal yang anda lakukan untuk gaming E-Sport ataupun beberapa game yang cukup menuntut benar-benar bisa nyaman untuk dilalui.

Kita tahu bahwa dunia teknologi, khususnya perangkat PC sedang mengalami krisis GPU yang cukup langka, termasuk juga untuk kartu grafis kelas entry level. Hal tersebut tentu membuat beberapa pengguna yang memiliki anggaran terbatas terpaksa menunda untuk membangun gaming rig yang ideal. Untungnya, AMD kini memberi pilihan yang jauh lebih solid, setidaknya untuk bisa mengatasi keterbatasan krisis tersebut. Dengan satu paket lengkap yang dihadirkan pada dua prosesor baru seri G, anda bisa(untuk sementara atau selamanya) memenuhi kebutuhan grafis untuk gaming hari ini. Selain itu, pilihan prosesor ini juga bisa dihandalkan untuk semua hal yang cukup menuntut, apalagi menyangkut kinerja produktivitas. Penasaran dengan kinerja kedua prosesor tersebut? Mari kita ulas secara lengkap dibawah ini.

AMD Ryzen 5 2400G & 2200G Review : Pandangan Umum

Awal tahun biasanya selalu ada pilihan perangkat terbaru yang dihadirkan oleh produsen kepada pengguna, salah satunya tentu dari AMD. Dengan membawa kekuatan arsitektur Raven Ridge terbaru untuk urusan prosesor, kini mereka bisa memberikan pilihan yang solid untuk kalangan mainstream yang memiliki anggaran terbatas. AMD Ryzen 5 2400G dan Ryzen 3 2200G merupakan dua barisan pertama yang dirilis oleh produsen, dimana kedua CPU ini membawa solusi grafis integrated yang bisa jadi sebagai pilihan terbaik. Karena dengan membawa spesifikasi yang tangguh, semua hal yang anda lakukan untuk pilihan gaming kasual hingga yang cukup menuntut bisa dilalui dengan mudah.

AMD Ryzen 2400G

Idealnya, pilihan ini lebih dikhususkan untuk pengguna yang belum berencana untuk memiliki kartu grafis secara utuh atau mereka yang tidak sanggup untuk membeli kartu grafis, bahkan untuk entry level sekalipun. Pilihan ini juga bisa dikatakan sebagai “smart choice” untuk budget gamer, karena ia bisa mengharumkan setiap game dengan tingkat FPS yang cukup baik. Pengalaman gaming bisa terasa lebih mudah pada paket lengkap Ryzen G serius dengan solusi grafis tangguh didalamnya.

Kedua pilihan prosesor ini sebelumnya dikabarkan bahwa mereka dibuat berdasarkan proses manufaktur 12nm, namun ternyata 14nm+. Menurut situs Tom’s hardware, pilihan proses manufaktur 12nm akan lebih efektif untuk rilis CPU berikutnya pada bulan april. Nah, pertanyaannya, teknologi 14nm+ dengan 14nm pada seri Zen sebelumnya, apa bedanya? Menurut AMD, proses 14nm +nya lebih padat dan lebih hemat daya daripada node 14nm yang digunakan sebelumnya. Jadi, kita mungkin akan segera melihat pilihan prosesor yang jauh lebih tajam, disisi lain juga bisa jauh menghemat dalam urusan konsumsi daya, termasuk juga tingkat TDP.

Indeks :




Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat