6 Baris Perintah Utilitas Harddisk Pada Command Prompt

6 Baris Perintah Utilitas Harddisk Pada Command Prompt

Kadangkala, menjalankan beberapa program penting bisa jauh lebih efektif melalui jalur Command Prompt. Dan ketika anda membutuhkan program utilitas dalam urusan harddrive, seperti membuat partisi, fomat dan sebagainya, maka jalur yang paling cepat tanpa harus membuka banyak langkah tentu melalui CMD. Jadi, mari kita ungkap beberapa perintah untuk melakukan banyak hal pada program ini, khususnya yang berkaitan dengan Utilitas Harddisk Pada Command Prompt.

Command Prompt, juga dikenal sebagai cmd.exe atau cmd merupakan penerjemah baris perintah pada sistem operasi Windows yang sudah lama hadir. Ini adalah bagian dari mitra COMMAND.COM di sistem DOS dan Windows 9x (di mana ia disebut juga “MS-DOS Prompt”), dan serupa dengan shell Unix yang digunakan pada sistem mirip Unix. Ada banyak hal yang bisa anda lakukan melalui program ini, dan salah satunya adalah utilitas harddisk tanpa harus mengklik banyak langkah. Hanya saja, anda tentu harus mengetahui baris perintah yang dihadirkan. Untuk itulah disini kami hadir untuk memberikan semua informasi bermanfaat ini bagi anda.

Baca juga : Kapan Saat Yang Tepat Untuk Optimasi Harddisk Dan SSD?

6 Baris Perintah Utilitas Harddisk Pada Command Prompt

1. Cara untuk membuat partisi pada Command Prompt

Nah, salah satu manfaat dari kehadiran CMD adalah langkah sederhana untuk membuat partisi. Caranya :

  • Pertama, buka Command prompt dengan akses Hak Administrator (ketik cmd di bar pencarian, klik kanan program ini dan pilih run as administrator)
  • Kemudian tulis “diskpart” dan tekan enter

  • Anda akan memasuki program diskpart, kemudian lihat daftar harddisk yang ada dengan mengetik perintah “list disk” dan tekan enter.

  • Lihat kapasitas harddrive yang hadir, dan jika anda ingin memilih disk 1, maka ketik perintah “select disk 1” dan tekan enter.

  • Kemudian, jika anda ingin membuat partisi utama pada disk 1, ketik “create partition primary size=1000” lalu tekan enter. Ukuran size tergantung yang anda inginkan, disini kami contohkan ukuran partisi sebesar 1GB = 1000MB. Anda bisa melebihi semuanya sesuai kapasitas Harddisk.

2. Cara mengubah drive letter pada Command Prompt

Langkahnya hampir sama hingga Diskpart, hanya saja anda tinggal mengetikan perintah “assign letter = R”, dimana R ini tergantung keinginan anda. Ini akan mengubah lokasi drive letter misalnya dari D ke R dan seterusnya.

3. Cara memformat partisi pada Command Prompt

Juga sama langkahnya hingga anda melalui jalur “diskpart” seperti yang ditunjukan pada langkah pertama. Jika anda menginginkan pilihan drive tersebut untuk diformat, anda tinggal menambahkan perintah “format fs=ntfs  quick”, dimana harddrive terpilih akan di format dengan pilihan ntfs dengan opsi cepat. Anda bisa melakukan pilihan lain selain ini.

4. Cara untuk menghapus partisi melalui Command Prompt

Pertama, jalankan perintah seperti apa yang ditunjukan pada langkah diatas hingga diskpart, hanya saja pada diskpart, anda perlu memilih volume tertentu untuk menghapusnya. Misalkan, anda ingin menghapus volume drive R dengan pilihan volume 3, anda perlu melakukan perintah “list volume” untuk memperlihatkan daftar lengkap dari hard drive. Kemudian, pilih volume 3 dengan perintah “ select volume 3” kemudian tekan enter. Setelah anda melihat bahwa opsi volume 3 terpilih, anda tinggal menjalankan perintah “delete partition” dan tekan enter.

5. Cara untuk mengecek disk yang error melalui CMD

Cara ini sangat membantu bagi anda yang mengalami masalah seperti drive yang lambat, system yang tidak stabil, apalagi jika anda baru saja mematikan system tanpa aturan yang benar. Untuk melakukannya, caranya :

  • Ketik cmd pada bar pencarian, kemudian klik kanan pada program ini, pilih opsi run as administrator.
  • Kemudian ketik perintah “chkdsk /f r:” jika anda ingin mengecek system yang error pada drive R, anda bisa mengubahnya pada pilihan drive yang lain, kemudian tekan enter.

  • Anda hanya tinggal menunggu hingga system telah berhasil untuk memeriksan dan membuatnya kembali ke jalan yang benar.

6. Cara untuk melakukan proses defragment melalui CMD

Satu lagi program utilitas yang berguna yang bisa anda jalankan melalui cmd, yakni defragment. Program ini akan merapihkan kembali semua file dan folder pada harddrive, tapi ingat sebaiknya jangan dilakukan pada SSD. Cara untuk melakukannya cukup sederham, diantaranya :

Harddisk Pada Command Prompt

  • Seperti biasa, ketik cmd pada bar pencarian, kemudian klik kanan program ini dan run as administrator.
  • Kemudian, anda hanya tinggal mengetik perintah “ defrag r:” dan tekan enter. Pilihan R ini jika anda menginginkan drive terpilih untuk di defrag, anda bisa mengubahnya pada drive letter yang lain seperti C, D dan sebagainya.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com