Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Windows 10 Di ARM

Jadi, Microsoft baru saja meluncurkan pilihan sistem operasi Windows 10 yang akan berjalan pada hardware ARM yang memiliki konsumsi daya rendah. Tidak seperti Windows RT, ini adalah versi lengkap Windows 10 dengan lapisan emulasi yang memungkinkan kita untuk menjalankan aplikasi desktop tradisional dari luar Store Windows. Ketika artikel sebelumnya membahas mengenai pilihan notebook terbaru yang berbasis hardware ARM, kali ini kita akan mengulas sedikit mengenai kehadiran Windows 10 di ARM hardware.

Jadi, mengapa Microsoft Menempatkan Windows 10 di ARM?

Sebagaimana kita ketahui bahwa ARM merupakan jenis arsitektur prosesor yang berbeda dari arsitektur Intel x86 dan 64-bit Intel standar yang digunakan pada PC saat ini(Bahkan AMD menghasilkan chip yang kompatibel dengan arsitektur Intel). Ia ini merupakan Perangkat mobile seperti yang dihadirkan pada smartphone iPhone, iPad, dan ponsel Android, bersama dengan banyak perangkat kecil lainnya .

Namun kini, kita akan melihat pilhan yang jauh lebih besar untuk perangkat ARM atau mungkin juga kita sebut sebagai PC ARM. Perangkat ini memiliki beberapa  keunggulan jika dibandingkan dengan pilihan x86 tradisional (yang merupakan bagian besar dari jenis komputer desktop dan laptop yang kita gunakan saat ini). PC ARM memiliki konektivitas seluler LTE built-in, dan juga menawarkan masa pakai baterai jauh lebih baik daripada CPU Intel dan AMD, apalagi kita mungkin akan melihat pilihan hardware  yang jauh lebih murah bagi konsumen( kemungkinan besar begitu).

Disisi lain, Microsoft ingin menghadirkan sistem operasi Windows 10 agar bisa berjalan di perangkat keras ARM sehingga produsen bisa menuai keuntungan tersebut. Tentu, anda mungkin tidak akan menggunakan desktop ARM dalam jangka waktu dekat, tapi ARM bisa menjadi pilihan tepat untuk tablet, convertible 2-in-1, dan bahkan laptop yang jauh lebih kecil.

Daripada membuat versi Windows yang lebih terbatas untuk platform ini, seperti yang mereka lakukan dengan Windows RT yang gagal, Microsoft kali ini memutuskan untuk merilis versi lengkap Windows 10 yang khusus dihadirkan pada perangkat keras ARM, yang bahkan dapat menjalankan aplikasi desktop Windows seperti biasanya. Hasilnya, perangkat yang dihasilkan dan dirancang untuk menjadi “Always Connected” dan menjanjikan penggunaan aktif hingga 20 jam dan 700 jam “Connected Modern Standby” merupakan solusinya . Dan mereka bahkan bisa menjalankan perangkat lunak desktop Windows tradisional.

Baca juga : 4 Alasan Penting Upgrade Ke Windows 10

Jadi apa yang terbaik yang bisa dilakukan Windows di ARM

Ini bukan pilihan versi Windows RT lagi, dimana pilihan windows RT tidak mengizinkan kita untuk menjalankan perangkat lunak desktop tradisional. Berbeda halnya dengan Windows 10 pada ARM, dimana ia merupakan bentuk pengalaman desktop Windows sepenuhnya. Microsoft telah menciptakan lapisan emulator khusus yang memungkinkan aplikasi desktop tradisional 32-bit berjalan pada prosesor ARM, jadi semuanya bisa “bekerja ” tanpa ada hambatan. Microsoft bahkan memamerkan versi Windows 10 Professional di ARM, dan mengatakan bahwa ia mendukung semua fitur canggih yang biasa kita temukan di Windows 10 Professional.

Adakah Hambatan Yang Mungkin terjadi pada sistem ini?

Emulasi ini bekerja sepenuhnya secara transparan bagi pengguna dan program yang mereka jalankan. Dengan Menggunakan teknologi WOW (Windows on Windows) yang sama dan digunakan Windows untuk menjalankan aplikasi 32-bit pada versi Windows 64-bit hari ini. Namun, emulasi x86-ke-ARM seluruhnya terjadi pada perangkat lunak dan itu bisa menjadi masalah. Sementara Microsoft mendemonstrasikan Windows 10 pada ARM yang menjalankan versi desktop Photoshop, dengan mengatakan bahwa hal itu “berjalan dengan sempurna” pada prosesor Qualcomm, hampir pasti ada kinerja yang cukup lambat untuk aplikasi desktop jika dibandingkan dengan menjalankannya pada sistem Intel atau AMD. Kita harus menunggu untuk melihat apakah tolok ukur kinerja saat Windows 10 di ARM dirilis.

Windows 10 di ARM

Kapan perangkat yang tersedia Dirilis?

Perangkat pertama  yang menghadirkan Windows 10 ARM adalah Asus NovaGo, yang siap dihadirkan  sebelum akhir tahun 2017, artinya bulan ini. Hanya saja, sebagian besar perangkat berbasis ARM ini, seperti HP Envy x2 dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 835, akan tersedia musim semi tahun 2018. Kita akan update informasi lebih lanjutnya sambil menunggu kepastian kapan perangkat ini akan hadir di negara kita.

 Baca Juga :




Comments