- Gaming Gear, Hardware, Keyboard, Tutorial

Apa Sih Ghosting & Anti-Ghosting Pada Keyboard Itu? Begini Penjelasannya

Kadangkala, ketika kita melihat sebuah produk keyboard, kadangkala produk tersebut juga menunjukan bahwa ia memiliki fitur Anti-Ghosting. Kebanyakan pengguna mungkin mengerti apa yang dimaksud dengan istilah ini, namun ternyata sebagian besar lainnya justru ingin mengetahui lebih dalam mengenai istilah tersebut. Jadi, dalam artikel ini kita akan membahas secara umum istilah Ghosting & Anti-Ghosting pada Keyboard.

Apa Sih Ghosting itu?

“Ghosting” merupakan masalah yang hadir ketika kita menekan beberapa tombol keyboard secara bersamaan, disaat yang sama ada salah satu atau semua tombol tidak berfungsi. Tekanan utama yang tidak muncul di komputer atau tampaknya telah lenyap dikatakan “ghosted”.

Ghosting adalah hasil dari satu atau lebih dari tiga keterbatasan, seperti perangkat keras yang tidak dapat membaca kombinasi tombol yang diberikan, perangkat lunak pada komputer tidak mendukung beberapa tombol secara simultan, atau protokol komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak membatasi jumlah maksimum dari kunci simultan yang dilaporkan

Baca juga : 7 Pilihan Gaming Keyboard Terbaik Tahun 2017

Mengapa ini terjadi, padahal saya memakai keyboard Anti-Ghosting?

Ketika sebuah keyboard dipasarkan sebagai “Anti-Ghosting” namun masih memiliki masalah tersebut, mungkin ia hanya mengacu pada subset tombol tertentu pada keyboard yang bekerja dengan baik, tapi hal ini  tidak menjamin bahwa pilihan tombol ini bisa menghindari ghosting bila digabungkan dengan tombol lain pada keyboard.

Dan perlu diingat bahwa setiap produsen keyboard menggunakan teknologi yang berbeda untuk mengatasi masalah ini dan hasilnya bisa bervariasi. Selain itu, mereka juga biasanya memiliki pilihan strategi pemasaran, misalnya fitur anti ghosting yang mereka kampanyekan hanya menyatakan bahwa keyboard tersebut memungkinkan fitur ini “sampai” sejumlah besar penekanan tombol.

Ini akan menjadi pernyataan yang benar tentang keyboard meskipun hanya kombinasi tombol tunggal dengan ukuran tertentu yang dapat ditekan secara bersamaan sementara banyak kombinasi tombol lain masih tetap hadir dengan masalah ghosting. Pengguna keyboard seperti ini mungkin mengaitkan kesalahan yang tersisa dengan sumber lain. Misalnya, pengguna yang bermain game mungkin berpikir bahwa dia belum berhasil menekan tombol dengan cukup cepat untuk mengatur permainannya.




Mengapa hardware keyboard tidak bisa membaca beberapa tombol?

Sebagian besar keyboard terbuat dari setumpuk lembaran plastik yang dicetak dengan tinta perak di kolom-kolom dan kabel baris, yang semula tidak terhubung, dan ini persis hadir di bawah kuncinya. Sebuah tombol ketika ditekan kemudian dapat dideteksi sebagai koneksi yang dibuat antara pasangan kolom dan kabel baris tertentu dari tekanan tombol di atasnya.

Biasanya, saat keyboard mendeteksi tombol apa yang ditekan, sensor akan terlihat pada masing-masing kolom, satu per satu, dan melihat kabel baris mana yang terhubung . Bila hanya satu tombol ditekan, akan ada persis satu kawat kolom yang hadir melalui satu kawat baris. Pola ini secara unik mengidentifikasi tombol mana yang ditekan; hanya ada satu titik kontak yang bisa menyebabkan hasil tes ini.

Anti-Ghosting

Saat dua tombol ditekan bersamaan, sekali lagi, keyboard akan melihat setiap kolom kawat untuk melihat kabel baris mana yang terhubung dengannya. Bila baris dan kolom keduanya berbeda di antara dua tombol, maka akan ada dua kabel kolom yang masing-masing menghasilkan satu baris kawat pendek, dan kabel baris tersebut tidak akan sama. Ini hanya bisa terjadi dengan satu tombol penekanan tombol, sehingga keyboard bisa melaporkan tombol mana yang tertinggal.

 

Namun, ketika tiga tombol ditekan bersamaan, belum tentu benar bahwa setiap kunci yang ditekan menghasilkan pola yang dapat ditentukan secara unik. Misalnya, ketika tiga tombol berbagi baris dan kolom, ada lima set kunci yang berbeda yang masing-masing akan menghasilkan pola pendek yang sama: dua kolom yang sama masing-masing terhubung ke dua baris yang sama. Dan perlu diingat bahwa, kebanyakan keyboard hanya bisa memeriksa apakah sebuah kolom terhubung ke satu baris. Bila ini terjadi, pola itu ambigu, tipikal keyboard berhenti melaporkan penekanan tombol baru, namun disisi lain juga tidak melaporkan kunci yang salah. inilah yang disebut sebagai penekanan tombol yang tidak dilaporkan alias “ghosted.”

Bagaimana Produsen Keyboard memperbaiki hal ini?

Perubahan yang mudah dan biasanya ini juga dilakukan oleh produsen keyboard adalah mengatur ulang kabel sehingga pilihan kombinasi tombol penting tidak menunjukkan masalah ini. Namun, semua ini dilakukan dengan memindahkan masalah ke perangkat kunci lainnya, di mana pengguna cenderung tidak memperhatikan atau tidak terlalu banyak menggunakannya. Kemungkinan lain adalah menambahkan kabel tambahan untuk menciptakan lebih banyak kasus yang tidak ambigu. Namun, fitur ini biasanya jauh lebih mahal karena lebih banyak sirkuit yang dibutuhkan untuk membaca kabel tambahan.

Yang paling ekstrem adalah keyboard telah dibuat ulang dengan dioda di setiap tombol sehingga masing-masing kunci bisa dideteksi secara terpisah. Seperti yang telah kita bahas di atas, bila hanya menekan tiga tombol pada konfigurasi tertentu, kunci keempat akan tampak juga ditekan karena sirkuit akan selesai untuk ‘berjalan mundur’ di sepanjang rute normal yang ditetapkan oleh masing-masing dari ketiga kontak. Dioda mencegah rangkaian semacam ini dan terbentuk karena dioda melakukan arus hanya dalam satu arah. Namun, karena ini memerlukan pencetakan papan sirkuit dengan lebih dari seratus dioda, maka harga yang dihadirkan untuk sebuah keyboard dengan fitur ini relatif mahal.

Jadi, ketika anda melihat sebuah keyboard dengan ftur “Anti-Ghosting” dengan harga yang relatif murah, atau juga mereka dihadirkan pada bundled keyboard laptop kelas entry level, biasanya pilihan tersebut hanya berlaku untuk beberapa kombinasi tombol penting. Kenyataanya masalah “Ghosting” masih tetap akan ada pada mereka, hanya saja anda tidak tahu hal tersebut sampai anda tidak sengaja menekan beberapa tombol kombinasi tertentu yang diluar pilihan fitur utama.

Nah, itu dia sekilas mengenai “Ghosting” dan fitur “Anti-Ghosting” yang biasa hadir pada keyboard. Dari semua penjelasan yang telah kami bahas diatas mungkin bisa membuat anda mengerti, ataupun juga tidak. Hanya saja kami harap apa yang telah kami bagikan bisa bermanfaat untuk semua orang.

Sumber referensi & Gambar : microsoft.com

 Baca Juga :




Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat