Cara Untuk Memperbaiki Masalah Suhu Prosesor Yang Tinggi

Cara Untuk Memperbaiki Masalah Suhu Prosesor Yang Tinggi

Kita tahu bahwa setiap pemilik desktop PC biasanya tidak terlepas dari semua masalah yang sering kali hadir, dan salah satu yang sering menghantui pengguna adalah Masalah Suhu Prosesor yang cukup tinggi. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan masalah tersebut, sehingga mari kita analisis beberapa hal yang sering menjadi penyebabnya dan cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

Entah anda memiliki masalah PC yang sering hang, restart sendiri, atau bahkan ia hanya bisa bertahan beberapa menit saja kemudian mati, ini semua bisa jadi karena masalah suhu yang tinggi, baik itu pada sistem, namun umumnya disebabkan karena suhu prosesor yang bisa mencapai diatas 80° atau bahkan lebih. Ketika semua hal tersebut terjadi, ataupun jika anda pada dasarnya belum mengetahui mengapa semua masalah tersebut hadir, maka beberapa langkah untuk mengetahui dan memperbaiki masalah suhu tersebut kami hadirkan dibawah ini. Dan mungkin saja bisa membantu semua masalah yang anda hadapi saat ini.

Baca juga : Tutorial : Membangun Rig PC Yang Ideal Untuk Pemula

Cara Untuk Memperbaiki Masalah Suhu Prosesor Yang Tinggi

Langkah Pertama : Cari tahu apakah PC benar-benar bermasalah dalam suhu

 Untuk memastikan bahwa masalah yang anda hadapi sekarang adalah karena masalah suhu yang tinggi di dalam sistem, cara yang paling mudah adalah mengecek sistem melalui bios ataupun aplikasi ketiga seperti CPUZ, CPU termometer dan sebagainya. Biasanya, suhu normal sebuah CPU berkisar antara 30 sd 40°, atau bahkan lebih saat idle. Saat ia bekerja penuh seperti bermain game ataupun menjalankan aplikasi tertentu yang cukup berat, idealnya ia harus memiliki kisaran antara 50 sd 70°, namun beberapa CPU bisa memiliki suhu diatas 70°, meskipun anda perlu waspada mengenai hal tersebut.

Nah, ketika anda melihat suhu PC  diatas 80° atau bahkan lebih dari 90° hanya dalam waktu beberapa menit, apalagi setelah PC baru saja dinyalakan, maka anda bisa dipastikan memiliki masalah suhu prosesor yang tinggi, dan ia akan memberikan dampak yang tidak baik bagi sistem anda, seperti crash, hang, atau juga sistem akan mati sendiri. Saat semua hal tersebut terjadi, maka ada beberapa hal yang perlu anda lakukan dan bisa mengembalikan suhu pada keadaan normal atau bahkan jauh lebih baik. Sehingga, sistem benar-benar akan merasa fresh dan memiliki kinerja yang jauh lebih baik.

Langkah Kedua : Kembalikan Suhu prosesor seperti sediakala

Untuk mengembalikan suhu prosesor seperti sediakala, ada beberapa hal yang perlu anda lakukan, mulai dari pilihan mudah hingga pada pilihan yang sebenarnya cukup merepotkan dan memerlukan banyak waktu. Namun begitu, ini justru akan menjadi sesuatu hal yang sangat penting agar sistem bisa kembali berjalan dengan baik tanpa harus menghadapai masalah lainnya, khususnya yang disebabkan oleh suhu yang tinggi.




Beberapa langkah tersebut diantaranya :

  • Kembalikan semua pengaturan dalam keadaan semula : Entah anda telah melakukan proses overclock, sistem konfigurasi yang terlalu berlebihan, atau bahkan anda pernah melakukan sesuatu pada bios, maka anda bisa mengembalikannya sepeti semula dengan cukup mudah. Setiap Bios biasanya memiliki pengaturan yang akan mereset (walaupun bisa berbeda pilihan konfigurasi) dan mengembalikan sistem secara default, termasuk proses OC yang pernah anda lakukan pada prosesor. Jadi, cari tahu di Bios mengenai pegaturan default tersebut, kalau perlu pakai buku manual anda sebagai panduan untuk memulai.
  • Ubah pengaturan power plan ke mode balanced : Pilihan high performance pada pengaturan power plan mungkin saja akan memaksimalkan performa mesin anda, sehingga juga menyebabkan suhu sistem yang cukup tinggi. Sebaiknya, atur kembali pilihan power plan pada mode Balance. Cara untuk melakukannya juga cukup mudah, anda hanya tinggal mengetik “powe plan” pada start menu, kemudian klik opsi “Choose A Powe Plan” disitu akan ada opsi Balanced.
  • Bersihkan semua debu yang menempel pada hardware : Jika anda memiliki sebuah komputer yang memiliki banyak debu, apalagi jika casing anda selalu terbuka, maka itulah salah satu alasan mengapa suhu menjadi tinggi. Jika anda tidak menyadarinya, maka segera lakukan proses pembersihan debu yang benar-benar menjadi masalah utama yang biasa hadir dalam suhu prosesor yang tinggi, terutama pada kipas alias fan.Selalu lakukan proses ini minimal sebulan sekali agar sistem selalu jauh baik, dan pastikan bahwa anda memiliki sirkulasi udara yang baik pada casing serta selalu menutup casing setiap saat.
  • Ganti Thermal Pasta : ini merupakan sejenis senyawa konduktif termal (tapi biasanya elektrik), yang umumnya digunakan sebagai jembatan penghubung antara heat sink dan panas. Pastikan untuk melapisi kembali thermal pasta pada CPU, atau menggantinya dengan merk yang lebih baik dalam hal urusan thermal. Namun sebaiknya, bersihkan terlebih dahulu thermal pasta sebelumnya agar thermal yang terbaru jauh lebih efektif.

Masalah Suhu Prosesor

  • Periksa CPU Fan, apakah ia masih layak atau tidak : Sebuah CPU fan alias kipas prosesor biasanya memiliki putaran yang sangat cepat, jika anda melihat kipas ini sangat lambat, atau bahkan tidak bekerja sama sekali, maka perisa CPU Fan tersebut, apakah ia masih layak untuk bekerja atau tidak. Jika anda melihatnya sudah tidak layak, pilihan kipas terbaru akan memberikan jawaban yang jauh lebih ideal dan efektif.
  • Ganti CPU Cooler dengan pilihan yang jauh lebih baik : Jika ternyata semua hal yang anda lakukan tidak efektif, apalagi pendingin CPU anda ternyata tidak layak untuk kekuatan prosesor yang besar, maka sebaiknya ganti pilihan CPU Cooler dengan pilihan yang jauh lebih baik.

Nah, itu dia beberapa langkah mudah yang bisa anda lakukan jika sedang menghadapi masalah suhu prosesor yang tinggi. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com