Rakitan Komputer Multimedia Terbaik Dengan Anggaran Terbatas

Katakanlah anda akan membangun rig yang dikhususkan untuk kebutuhan gaming dan multimedia secara bersamaan, anda mungkin perlu untuk memiliki anggaran yang cukup untuk hal tersebut, karena faktor utama yang biasanya menentukan untuk rig ini adalah pilihan prosesor yang ideal. Ketika keterbatasan anggaran menjadi sisi hambatan anda, misalkan anda memiliki budget kisaran 10 sd 12 jutaan, maka anda bisa mempertimbangkan pilihan kami dibawah ini mengenai rakitan komputer multimedia terbaik dengan anggaran terbatas.

Ya, anda bisa membangun sebuah rig workstation kecil tanpa harus mengalami perjalanan panjang untuk hal tersebut. Walaupun membangun rig komputer pada dasarnya membutuhkan pengalaman dan pemahaman yang tepat agar hasil yang dicapai sesuai dengan tujuan anda untuk membangun rig tersebut. Oleh karena itu, segala masukan dan saran orang-orang yang berpengalaman juga bisa menjadi langkah pertama anda sesudah anda membaca artikel kami kali ini. Jadi, mari kita lihat pilihan apa saja untuk membangun rakitan komputer multimedia terbaik dengan anggaran terbatas dibawah ini.

Pilihan rakitan komputer multimedia terbaik dengan anggaran terbatas

Komponen MerkHarga
ProsesorAMD Ryzen™ 5 1600 6 Core 12 Thread (3.2 Ghz up to 3.6 Ghz) RP. 2.997.000 (Beli)
Motherboard MSI B350M BAZOOKARP.1.997.000 (Beli)
RAMCorsair Vengeance 8GB 2400MHz RP.1.085.000 (Beli)
Kartu GrafisZotac Geforce GTX 1050 Ti 4 GB GDDR5RP.2.350.000 (Beli)
Storage 1Sandisk SSD 120 Gb RP.772.000 (Beli)
Storage 2WD Blue 1 TBRP.715.000 (Beli)
PSU Corsair VS450W RP.588.000 (Beli)
CasingBitfenix ATX Nova RP.753.000 (Beli)
Total 11257000

Prosesor

Ok, yang pertama tentunya adalah pilihan prosesor, karena perangkat ini yang akan menentukan hasil yang baik sebagai rig workstation kecil dengan sempurna. Dulu kita sering melihat pilihan yang baik adalah prosesor Intel yang megah dan fitur terbaiknya, namun sisi harga menjadi salah satu faktor utama yang menjadi hambatan tersendiri bagi mereka yang memiliki keterbatasan anggaran. Namun hari ini, hadirnya pilihan murah dan terbaik AMD Ryzen telah mengubah semuanya. Ya, Ryzen merupakan salah satu prosesor yang sempurna bagi mereka yang memiliki keterbatasan anggaran, namun menginginkan kinerja terbaik untuk rig multimedia yang baik.

rakitan komputer multimedia terbaik
Hasil benchmark Ryzen 1600 via tomshardware.com

Salah satu yang ideal untuk pilihan ini adalah kehadiran Ryzen 5 1600. Prosesor ini memiliki 6 core dan 12 thread yang ideal untuk kebutuhan multimedia. Disisi lain, ia memiliki base clock 3.2 Ghz dan Turbo Core hingga 3.6GHz, apalagi fitur unlocked pada procie ini bisa anda angkat dengan mudah hingga 3.9 Ghz tanpa banyak hambatan. Dengan jumlah total L3 cache 16 MB serta pilihan TDP yang terhitung cukup rendah, hanya 65W saja, prosesor ini merupakan pilihan terbaik untuk semua hal yang akan anda hadirkan pada rig workstation kecil hingga tingkat menengah.

Motherboard

Nah, ketika pilihan prosesor sudah anda ketahui, maka langkah selanjutnya adalah memilih motherboard yang ideal untuk rumah terbaik bagi prosesor. Motherboard soket AM4 memiliki tiga tiga kelas chipset yang berbeda, namun ketika anda terbentur pada anggaran yang terbatas, chipset B350 merupakan langkah pertama anda untuk pergi. Dari sekian banyak pilihan pada chipset ini, salah satu yang terbaik untuk kinerja dan keuangan adalah MSI B350 Bazooka.

Motherboard ini bukan saja memiliki harga terbaik untuk keuangan anda, namun hampir semua fitur dan dukungan untuk kebutuhan multimedia bisa anda dapatkan pada mobo ini. Selain mendukung prosesor AMD Ryzen Series, dukungan untuk memori DDR4-3200 + (OC) serta  DDR4 Boost,  Turbo M.2 dengan dukungan lecepatan Hingga 32Gb / s, dan pilihan port yang banyak.

RAM

Ketika kebutuhan multimedia hari ini cukup besar, maka anda setidaknya perlu memiliki memori yang mencukup, tidak kurang dan tidak lebih. Maka dari itu, pilihan RAM 8Gb dari Corsair 2400MHz  bisa memenuhi kebutuhan anda. Dan anda bisa kapan saja untuk mengupgrade pilihan ini dengan lebih baik atau menambahkan kit yang sama untuk kinerja yang lebih cepat.




Kartu Grafis 

Pilihan lain yang tidak kalah penting adalah kartu grafis alias GPU. Pilihan high-end tentu bukan yang terbaik ketika anggaran adalah keterbatasan anda, dan pilihan kelas mid-end untuk anggaran 10 juta masih tidak mencukup untuk ini. Maka untuk pilihan ideal adalah GPU dari Nvidia Geforce GTX 1050 Ti, dan salah satu yang terbaik untuk harga adalah Zotac.

Ya, Zotac Geforce GTX 1050 Ti sudah memiliki kapasitas VRAM sebesar 4Gb DDR5, dan ia sudah cukup untuk memenuhi semua kebutuhan multimedia anda termasuk untuk gaming yang ideal. Dengan clockspeed yang cukup besar pada 1303 Mhz dan Boost 1417, GPU ini akan menjadi pilihan yang ideal untuk memenuhi semua kebutuhan workstation kecil anda.

Penyimpanan

Pilihan storage alias penyimpanan untuk semua file penting anda termasuk sistem operasi tentunya jangan asal sembarang pilih. Apalagi kebutuhan anggaran rig multimedia biasanya mengharuskan segala sesuatu cukup cepat, hanya saja dengan keterbatasan anggaran tentu segala sesuatu akan menjadi berubah. Namun, selalu ada pilihan terbaik untuk anggaran, dan Sandisk SSD 120 Gb bisa memenuhi kebutuhan anda. Disisi lain, hardisk pilihan tradisional masih menjadi pilihan utama untuk penyimpanan besar yang murah, maka dari itu, selain Sandisk, anda juga bisa memilih Western Digital dengan kapasitas 1 Terabyte Hardrive.

Power Supply

Nah, untuk menjaga semua pasokan listrik tetap aman dan memadai, pilihan Power Supply alias PSU tentu tidak sembarangan. Sehingga, PSU Corsair VS 450W sangat ideal untuk pilihan terbaik dengan sisi anggaran yang cukup terjangkau. Anda bahkan tidak perlu kapasitas Watt yang besar untuk semua perangkat dalam rig ini, apalagi EVGA 450W sudah memiliki sertifikasi resmi 80+ yang menjamin semua pasokan listrik akan lebih hemat hingga 80% dan kekuataan yang dimilikinya akan menjaga semua perangkat keras anda hingga waktu yang cukup lama untuk rakitan komputer multimedia terbaik  anda.

Casing

Pilihan terakhir adalah Casing. Tentu saja anda tidak perlu yang mewah, hanya saja sisi estetika mungkin bisa menjadi salah satu faktor penting lainnya selain dari fungsi yang dihadirkan. Untuk memenuhi semua kebutuhan ini, Bitfenix ATX Nova layak untuk anda pertimbangkan. Casing ini sudah hadir dengan bentuk mid tower yang ideal, serta pilihan glass side panel bisa menambah keistimewaan rig anda untuk sekedar “show off” pada beberapa kolega atau teman anda. Namun yang terpenting adalah casing ini memiliki ventilasi udara panjang yang mengalir di sepanjang sisi depannya, tersembunyi di balik strip mesh yang ramping, memberi banyak aliran udara untuk mendinginkan sistem. Hasilnya, Novas Top dan Front panel benar-benar tertutup untuk memblokir suara kipas agar tidak keluar dari kandang, dan debu tidak terbentuk di dalamnya. Ini bisa menjadi casing terbaik dengan anggaran terbatas.

Nah, itu saja mungkin yang bisa kami hadirkan mengenai rakitan komputer multimedia terbaik dengan anggaran terbatas yang bisa anda pertimbangkan sebagai rig workstation kecil baik untuk di kantor maupun dirumah anda. Semoga bermanfaat. 




 Baca Juga :

Loading…

Comments

Related Posts