Rakitan Rig PC AMD Ryzen Threadripper Terbaik Tahun 2017

AMD kini memiliki Ryzen Threadripper sebagai senjata pamungkas untuk pilihan rig PC impian semua orang, dan ia kini hadir dengan pilihan harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan saingan terdekatnya dari Intel. Jadi, jika anda berencana untuk membangun sebuah rig berdasarkan prosesor AMD Ryzen Threadripper, maka biarkan kami membantu anda dalam memilih komponen terbaik untuk memulai.

Dulu, sebuah rig PC terbaik mungkin bisa hadir dengan pilihan prosesor yang benar-benar mewah untuk memulai dengan harga yang benar-benar begitu mahal untuk dicapai. Namun kini, pilihan komputer desktop impian bisa hadir dengan kisaran harga yang cukup terjangkau dan memiliki performa yang jauh lebih baik. Itu karena kehadiran prosesor AMD Ryzen Threadripper yang benar-benar mengesankan. Dengan kisaran harga sekitar 14 jutaan untuk pilihan konfigurasi termahal, anda akan mendapatkan sebuah prosesor dengan kekuatan 16 core dan 32 thread didalamnya.

Jadi, jika anda benar-benar tertarik membangun sebuah Rig terbaik untuk segala hal yang bisa anda hadirkan hari ini dengan pilihan Threadripper, maka dibawah ini ada beberapa pilihan komponen lain yang layak sebagai pendamping salah satu prosesor terbaik hari ini.

Baca juga : Rakitan Rig PC Ideal Untuk Intel 8th Gen Coffee Lake

Rakitan Rig PC AMD Ryzen Threadripper Terbaik Tahun 2017

1. Prosesor

AMD Ryzen Threadripper

Ok, yang pertama adalah pilihan prosesor. Tentu saja pilihan yang hadir adalah Ryzen Threadripper, namun perlu diketahui bahwa anda juga perlu menentukan pilihan jajaran prosesor  Ryzen Threadripper yang tepat dan sesuai dengan anggaran anda. Mengapa begitu? itu karena jajaran Threadripper memiliki 3 pilihan yang disesuaikan dengan anggaran dan performa yang dihadirkan. Lebih lengkapnya anda bisa melihat dalam daftar tabel dibawah ini beserta spesifikasi dan harga yang telah disediakan.

AMD Ryzen Threadripper Line UpCores/ ThreadClockspeed / TurboTDP Harga
AMD Ryzen™ Threadripper™ 1950X16/323.4 Ghz/ 4.0 Ghz180WRp 14,799,000
AMD Ryzen™ Threadripper™ 1920X Processor12/243.5 Ghz / 4.0 Ghz180WRp 11,749,000
AMD Ryzen™ Threadripper™ 1900X Processor8/163.8 Ghz / 4.0 Ghz180WRp 8,399,000

Sebagaimana apa yang telah disebutkan diatas, Ryzen hadir dengan 3pilihan, dimana pilihan terbaik ada pada 1950X dengan kekuatan 16 Core, 3.4 Ghz base clockspeed dan mampu diboosting hingga 4.0 Ghz, dimana anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga sekitar 14 jutaan. Pilihan kedua adalah 1920X dengan kekuatan 12 core, 3.5 Ghz Base clockspeed dengan kisaran harga 11 jutaan lebih. Dan yang terakhir adalah pilihan terendah dari jajaran Threadripper, yakni 1900X. Meskipun begitu, ia masih memiliki performa yang sangat baik untuk urusan kinerja, ini tidak lain karena kehadiran 8 core dengan tingkat clockspeed sebesar 3.8 Ghz dan kisaran harga sekitar 8.3 jutaan.

Jadi, untuk merakit sebuah rig PC terbaik, maka langkah awal untuk memastikan segala sesuatu berjalan lancar ada memilih prosesor yang ideal sesuai dengan anggaran dan kebutuhan anda dari ketiga pilihan diatas. Jika anda memiliki anggaran lebih dan kebutuhan anda untuk prosesor ini cukup tinggi, apalagi jika melihat pekerjaan anda sangat menuntut, maka pilihan Ryzen Threadripper 1950X menjadi pilihan terbaik untuk pergi.

2. Motherboard

  • Asus ROG Zenith Extreme : Rp 8,579,000
  • Asrock X399 Taichi : Rp 5,899,000

Pilihan motherboard X399 untuk Threadripper sebenarnya cukup rumit untuk memilih yang terbaik dan biasanya harus juga ideal dengan kebutuhan anda dari segi kapasitas, desain dan tentu saja pilihan harga. Jika anda menginginkan sesuatu yang terbaik dari semuanya, pilihan mewah dan benar-benar memberikan sisi kualitas, konektivitas dan pilihan yang benar-benar elegan maka kehadiran Asus ROG Zenith Extreme menjadi salah satu jawabannya. Motherboard ini memiliki segala sesuatu didalamnya, dan ini akan menjadi pilihan yang benar-benar lengkap dengan konsep bentuk desain terbaik dari yang pernah ada. Motherboard ini memiliki salah satu fitur terbaik dengan kehadiran dukungan untuk memori Quad Channel DDR4 hingga 3600, SSD M.2 NVMe yang sangat cepat, dan pilihan konektivitas extra WiGig 802.11AD WiFi, USB 3.1, serta tentu saja kehadiran AURA Sync RGB Lighting. Semua ini dibalut dengan kisaran harga sekitar 8 jutaan.

Namun jika anda menginginkan kisaran harga yang jauh lebih terjangkau, maka pilihan dari Asrock X399 Taichi akan memberikan sesuatu yang jauh lebih murah tanpa harus mengorbankan banyak hal didalamnya. Selain itu, ia juga memiliki desain bentuk yang benar-benar unik dan menjadi salah satu ciri khas jajaran seri Taichi dengan desain hitam putih yang memilik nilai tersendiri didalamnya. Pilihan beberapa fitur inti didalamnya juga terhitung sangat baik dan memiliki harga sekitar 5 jutaan lebih.



3. RAM

  • Corsair Vengeance LPX 32gb (4x8GB) DDR4 2666 Mhz : Rp 4,905,000

Jika anda sangat bergantung sekali pada pilihan aplikasi yang membutuhkan RAM besar dari kinerja yang cukup menuntut, pilihan RAM sama sekali tidak boleh sembarangan untuk hadir, apalagi Ryzen Threadripper tampaknya sangat hati-hati sekali dalam pemilihan RAM untuk memberikan kinerja yang optimal. Untuk itulah, AMD menyarankan pengguna untuk melihat pilihan ram yang kompatibel dan bisa memberikan performa terbaik untuk seri prosesornya, khususnya Ryzen. Salah satu yang terbaik dan direkomendasikan adalah tentu saja pilihan Corsair. Nah, jika anda menginginkan pilihan terbaik untuk mendukung performa Ryzen Threadripper, maka pilihan Vengeance LPX 32gb (4x8GB) DDR4 2666 Mhz bisa menjadi pilihan ideal. Namun jika anda ingin kisaran harga yang jauh lebih baik, selalu ada pilihan merk memori lainnya yang bisa menjadi alternatif, atau kapasitas RAM 16 Gb juga sudah bisa memenuhi kebutuhan anda hari ini dan esok.

4. Kartu Grafis

  • Gigabyte Radeon RX VEGA 64 8GB HBM2 : Rp 10,950,000

Pilihan GPU selalu menjadi salah satu faktor bagaimana sebuah rig bisa memiliki performa terbaiknya. Dan jika anda bear-benar memerlukan sebuah kartu grafis, maka sebaiknya lihat terlebih dahulu kebutuhan utama anda. Namun jika anda menginginkan sesuatu yang baru dan sangat baik untuk segala kebutuhan anda, entah itu untuk performa gaming, rendering dan sebagainya, pilihan RX Vega 64 bisa menjadi sesuatu yang sangat baik untuk memulai. Meskipun pada awalnya gpu ini memiliki beberapa kendala dalam hal performa, namun produsen tampaknya memberi perhatian besar dan selalu memperbaiki segala sesuatu agar menjadi jauh lebih sempurna. Dan pilihan tepat untuk pergi adalah Gigabyte Radeon RX VEGA 64 8GB HBM2 dengan kisaran harga 10 jutaan lebih. Pilihan RX Vega 64 kini bisa menjadi pilihan terbaik, meskipun masih dibawah performa GTX 1080 Ti dalam gaming, namun ia bisa menjadi pilihan ideal untuk segala kebutuhan komputasi pekerjaan anda.

5. Power Supply

  • Corsair HX Series 1000W : Rp 3,210,000

PSU adalah tulang punggung bagaimana stabilnya sebuah sistem dengan pilihan daya yang benar-benar ideal untuk semua kebutuhan rig anda, khususnya dalam hal kelistrikan. Memilih PSU yang baik tentu saja akan memberikan jaminan masa depan yang jauh lebih panjang untuk semua komponen anda. Nah, jika melihat dari semua komponen yang hadir, maka anda perlu memiliki PSU dengan minimal 850W untuk pergi, namun idealnya adalah 1000W untuk menjamin semua hal bisa jauh lebih baik. Jika anda sedang mencari mana yang sangat baik dari segi performa dan daya tahan, maka Corsair seri HX 1000W akan memberikan sesuatu yang benar-benar membuat semua orang nyaman. Produsen bahkan menjamin dan memberikan garansi panjang hingga 10 tahun untuk perangkat ini.

6. Casing

  • Thermaltake Core X71 TG : Rp 2,350,000

Ketika semua pillihan hampir siap untuk dibangun, maka anda perlu sebuah rumah yang sangat baik untuk memulai, bahkan jika anda memilki casing dengan pilihan terbaik, maka ia akan menajadi pusat keramaian semua orang yang melihatnya. Dan berbicara mengenai yang terbaik, Thermaltake View 71 TG RGB bisa memberikan pilihan yang terbaik dengan kisaran harga yang jauh lebih terjangkau untuk casing sekelasnya.

Casing ini hadir dengan bentuk desain Full Tempered Glass yang benar-benar mengesankan, selain itu, ia juga sudah memiliki dukungan untuk semua pilihan pendingin terbaik hari ini, termasuk custom liquid cooling yang bisa anda bangun sendiri. Chassis Full Tower ini berukuran 592 x 274 x 577 mm sehingga cukup besar untuk semua perangkat anda. Pengguna dapat memasang radiator 360mm atau 420mm di bagian depan dan atas, dan bahkan memiliki ruang untuk radiator 240mm pada bagian bawah.

7. CPU Cooler

  • Corsair – H100i v2 70.7 : Rp 1,785,000

Anda perlu memiliki CPU Cooler terbaik untuk memulai, dan pilihan Corsair – H100i v2 70.7 masih menjadi pilihan yang ideal, apalagi kini ia hadir dengan bracket untuk soket TR4 dengan dukungan Ryzen Threadripper sebagai pilihan tambahan. Apa yang terbaik dari perangkat ini nyatanya ia masih menjadi pendingin yang bagus dan membuat segala sesuatunya tetap baik dan dingin. Selain itu, proses pemasangan juga cukup mudah bagi pembangun yang terhitung masih pemula, dan ia hadir dengan kisaran harga yang tidak terlalu mahal.

8. Storage 

  • Samsung SSD 950 PRO M.2 256GB : Rp 2,695,000
  • WDC 2TB SATA3 64MB : Rp 995,000

Hari ini, anda wajib memiliki kapasitas penyimpanan yang besar untuk semua kebutuhan pekerjaan anda. Dan jika menginginkan yang terbaik dan ideal, pilihan kombinasi antara SSD dan HDD tradisional masih menjadi efek terbaik untuk pergi, bahkan kombinasi ini akan memberikan paduan yang benar-benar ideal saat bekerja. Yang pertama adalah pilihan SSD, dan tentu saja karena pilihan mobo sudah mendukung fitur SSD tercepat hari ini, SSD dengan tipe NVMe akan menjadi sesuatu yang benar-benar mengesankan untuk dimiliki, sehingga kehadiran Samsung SSD 950 PRO M.2 256GB akan menjadi pilihan pertama yang cukup menjanjikan. Dan jika anda membutuhkan pilihan kapasitas besar, maka HDD tradisional dengan kehadiran WDC 2TB SATA3 64MB akan menjadi kombinasi terbaik untuk pergi.

Kesimpulan

Nah, itu dia pilihan untuk komponen Rakitan Rig PC AMD Ryzen Threadripper Terbaik Tahun 2017 ini, anda bahkan bisa membawa segala sesuatu jauh lebih baik dengan hadirnya pilihan ini dirumah anda atau bahkan ditempat kerja anda. Entah anda seorang gamer, streamer, desain grafis, editing tingkat dewa dan sebagainya, pilihan AMD Ryzen Threadripper akan memberikan sesuatu yang benar-benar menggembirakan dan membuatnya menjadi salah satu prosesor terbaik hari ini. Jadi, tidak salah jika kami menganjurkan kepada anda sebagai salah satu bagian komponen untuk membangun rig terbaik hari ini dan impian semua orang.

 Baca Juga :



Comments