MSI Z370 Gaming Plus : Motherboard High-end Dengan Pilihan Harga Low-End

Kita tahu bahwa Intel chipset Z370 merupakan satu-satunya pilihan chipset saat ini yang mendukung jajaran prosesor Intel Coffee Lake generasi ke-8. Namun bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan harga yang terjangkau, karena hari ini ada beberapa pilihan motherboard yang cukup ramah anggaran,apalagi jika anda berencana untuk menghadirkan rig yang cukup ideal dengan anggaran yang tidak terlalu mahal. Salah satu yang benar-benar memberikan nilai yang sangat baik untuk keuangan anda adalah kehadiran motherboard dari MSI Z370 Gaming Plus.

Sebagaimana kita tahu bahwa seri chipset Z370 merupakan pilihan motherboard kelas atas, dimana pilihan motherboard ini akan memberikan fitur terbaiknya serta dukungan penuh untuk fitur OC yang biasa hadir pada jajaran prosesor Intel seri K. Ketika pilihan motherboard ini memiliki kisaran harga yang cukup mahal, produsen juga tampaknya mengerti berbagai kebutuhan dan anggaran konsumen yang bervariasi, sehingga mereka memberikan pula nilai yang terbaik pada seri mobo ini, khususnya untuk segmen konsumen dengan anggaran yang terbatas.

Salah satu yang benar-benar memberikan nilai yang cukup terjangkau dari segi harga adalah kehadiran dari MSI Z370 Gaming Plus, dimana ia akan memberikan performa yang sangat baik dengan segala fitur yang cukup mewah didalamnya, dan hebatnya, itu semua dibungkus dengan kisaran harga sekitar 2.5 jutaan saja. Penasaran apa saja yang ditawarkan mobo ini? mari kita ungkap sekilas mengenai MSI Z370 Gaming Plus dibawah ini.

Baca juga : 3 Pilihan Motherboard Z370 Terbaik Dari ASUS

MSI Z370 Gaming Plus : Spesifikasi & Desain

MSI Z370 Gaming Plus pada dasarnya hampir sama dengan seri gaming plus sebelumnya, khususnya dari bentuk desain. Motherboard ini cukup besar dengan ukuran 30.5 cm x 24.4 cm dan memiliki bentuk ATX Form Factor. Ia hadir dengan paduan warna hitam yang dibalut dengan garis warna merah disekitar bagian tubuhnya dan memberikan kesan yang cukup baik dari segi estetika.  Tidak ada sesuatu yang terlalu mewah didalamnya, namun ia sudah hadir dengan kebutuhan ideal sebagai sebuah motherboard Z370 yang cukup tangguh.

   

Ada 4 buah slot RAM yang hadir didalam motherboard ini, dimana slot ini juga dipadukan dengan dua buah slot warna hitam dan dua buah slot berwarna merah. MSI memberikan pilihan yang cukup baik pada fitur RAM dengan hadirnya DDR4 Boost, apalagi motherboard ini mampu mendukung performa memori  hingga DDR4-4000+ (untuk fitur OC). Ia juga sudah hadir dengan dukungan dual channel memory architecture dan dukungan untuk Intel® Extreme Memory Profile (XMP). Pilihan ini bisa meningkatkan performa sistem jauh lebih baik untuk kebutuhan extra anda.

Setiap komponen yang dihadirkan juga terhitung cukup ideal untuk semua kebutuhan anda dalam hal overclocking, apalagi MSI pada dasarnya menghadirkan pilihan komponen dengan kualitas militer grade 5 yang benar-benar teruji untuk setiap kapasitas dan daya tahan yang sangat baik. Inilah yang bisa membuat stabilitas dari sistem bisa terjaga sepanjang waktu, meskipun anda mencoba melakukan proses OC tingkat lanjut. Salah satu yang juga sangat baik adalah kehadiran heatsink untuk kapasitor disekitar prosesor yang bisa memberikan pendinginan maksimum, apalagi motherboard ini juga mendukung semua fitur pendingin terbaik yang bisa anda dapatkan hari ini dengan area yang cukup besar disekitarnya.

Hadir pula pilihan PCI-E Steel Armor untuk memberikan perlindungan terbaik bagi Kartu grafis disekitar slot PCIe dari segala hal yang bisa menyebabkan pembengkokan dan EMI. Selain itu, motherboard ini juga mendukung 2-Way AMD® CrossFire™ Technology yang bisa memberikan performa terbaiknya dalam hal gaming ataupun segala hal yang anda lakukan untuk kinerja grafis terbaik. Ada dua slot PCIe  3.0 yang akan bekerja penuh pada X16, sedangkan sisa Slot PCIe X1 lainnya memiliki total 4 buah untuk kebutuhan multifungsi yang bisa berguna di masa depan.

SpesifikasiMSI Z370 gaming plus
Harga Rp 2,700,000
CPU socketLga1151
ChipsetIntel Z370
ColorBlack / red
Form factorATX
Memory slots4 x 288-pin dimm
Memory typeDDR4-2133 / 2400 / 2666 / 2800/ 3000 / 3200 / 3300
/ 3333 / 3400 / 3466 / 3600 / 3733 / 3866 / 4000
Maximum supported memory64gb
Raid supportYes
Onboard videoDepends on cpu
Crossfire supportYes
SLI supportNo
Sata 6 gb/s6
Onboard ethernet1 x 10/100/1000 mbps
Onboard usb 3.0 header(s)Yes




Konektivitas

 MSI Z370 Gaming Plus hadir dengan pilihan fitur port konektivitas yang cukup baik, walaupun terhitung sederhana. Untuk fitur multi display, apalagi jika anda berencana untuk memakai grafis onboard , 3 pilihan port display akan memberikan konektivitas yang ideal, dimana ia sudah hadir dengan sebuah port  VGA yang mendukung resolusi maksimum hingga 2048×1536@50Hz, sebuah port DVI-D  yang mendukung resolusi maksimum hingga 1920×1200@60Hz, dan sebuah DisplayPort yang mendukung  resolusi maksimum hingga 4096×2304@24Hz.

Sedangkan untuk konektivitas USB, ada 8 buah port USB 3.1 yang hadir dimana 4 port diantaranya tersedia pada bagian belakang dan sisanya tersedia melalui internal USB konektor. Lalu pilihan 6 buah port USB 2.0 juga tidak lupa hadir sebagai pelengkap dan masih banyak orang memakainya hingga hari ini. Hanya sayangnya, tidak ada pilihan port USB Type C yang benar-benar bisa membuat segala sesuatunya menjadi sempurna pada motherboard tersebut.

Hadir pula pilihan LAN dengan kehadiran Intel I219-V Gigabit LAN controller yang akan memberikan performa yang sangat baik, khususnya seri gaming plus pada dasarnya hadir untuk memaksimalkan stabilitas konektivitas internet yang jauh lebih ideal untuk kebutuhan gamer. Apalagi, MSI juga menghadirkan aplkasi Gaming Lan Manager yang akan secara otomatis mengklasifikasikan dan memprioritaskan aplikasi sensitif latensi untuk game online, memberi pengguna pengalaman bermain game terbaik dengan latensi rendah.

Storage

Motherboard ini hadir dengan 6 pilihan port SATA 6Gb/s untuk kebutuhan ideal anda yang juga mendukung PCIe 3.0 x4 dan SATA 6Gb / s serta dukungan untuk RAID 0, RAID 1, RAID 5 dan RAID 10 untuk perangkat penyimpanan SATA. Untuk melengkapi fitur penyimpanan yang lebih fleksibel dan lebih baik, ia juga sudah hadir dengan sebuah slot M.2, meskipun tipe NVMe bisa menjadi pilihan terbaik. Hanya sayangnya, bukan itu yang dihadirkan pada pilihan motherboard ini, apalagi jika melihat dari segi harga yang ditawarkan, beberapa pengorbanan yang cukup mewah mungkin harus dipangkas agar pilihan harga bisa tetap terjaga. Untungnya, produsen sudah memberikan dukungan bagi Intel Optane Memory sebagai salah satu fitur terbaiknya.

Audio

MSI Z370 Gaming Plus juga memiliki dukungan audio yang cukup baik dengan kehadiran Realtek® ALC892 Codec yang mendukung 7.1-Channel High Definition Audio. Pilihan ini bisa memenuhi kebutuhan audio dengan fitur suara yang sangat ideal, apalagi jika anda memiliki perangkat audio terbaik dalam rig anda. Codec Realtek ini mungkin cukup lama, namun memiliki performa seperti ALC1150 yang terbaru, dan itu terdengar cukup bagus untuk sebagian besar orang.

Konektor I/O

Pilihan konektor I/O juga terhitung cukup lengkap, dan tidak tanggung, anda akan dihadirkan dengan 1 x 24-pin ATX main power connector dan 1 x 8-pin ATX 12V power connector. Beberapa pilihan lainnya yang terhitung cukup ideal sebagai sebuah motherboard kelas high-end dengan kisaran harga yang terjangkau adalah :

  • 1 x 4-pin CPU fan connector
  • 1 x 4-pin water pump fan connector
  • 4 x 4-pin system fan connectors
  • 1 x Front panel audio connector
  • 2 x Front panel connector
  • 1 x RGB LED connector
  • 1 x TPM module connector
  • 1 x Chassis Intrusion connector
  • 1 x Parallel port connector
  • 1 x Serial port connector
  • 1 x Clear CMOS jumper

Pilihan diatas mungkin cukup lengkap dan bisa memenuhi segala kebutuhan anda untuk membuat rig jauh lebih mewah dan sempurna didalamnya.

Software & Fitur Overclocking

MSI Z370 Gaming Plus

MSI Z370 Gaming Plus juga dilengkapi dengan pilihan software yang benar-benar ideal untuk kebutuhan pengguna mainstream, termasuk juga untuk fitur OC yang mudah. Beberapa aplikasi terbaik yang hadir diantaranya :

  • X-BOOST : Perangkat lunak unik dan eksklusif ini memungkinkan kita untuk meningkatkan kinerja penyimpanan atau perangkat USB yang terhubung ke sistem. Kita hanya cukup menggunakan mode X-BOOST’s Easy atau Advanced untuk menyempurnakan sistem, hasilnya, kita bisa melihat bagaimana sistem bisa bekerja lebih baik hingga 20% untuk peningkatan kecepatan, responsivitas sistem yang lebih tinggi dan pemuatan level game yang lebih cepat.
  • MSI Command Center : Aplikasi ini layaknya sebagai Pusat Komando dalam satu fitur. Ini merupakan alat yang sempurna untuk memaksimalkan fitur motherboard tersebut. Dengan antarmuka yang intuitif, Command Center memungkinkan kita untuk menyetel berbagai pengaturan untuk meningkatkan stabilitas sistem, memaksimalkan kinerja, bahkan mampu mengoptimalkan fitur pendinginan sistem.
  • MSI Fast Boot : Dengan sistem operasi terbaru yang mendukung metode booting UEFI yang sangat cepat, MSI tampaknya telah menambahkan opsi “Fast Boot” untuk memanfaatkan sepenuhnya fitur tersebut. Anda hanya tinggal mengaktifkan “Fast Boot” di BIOS atau dengan aplikasi yang mudah digunakan, maka waktu boot yang dihadirkan bisa jauh lebih cepat.

Kesimpulan

MSI Z370 Gaming Plus bisa menjadi pilihan terbaik anda ketika anggaran menjadi kendala untuk pergi pada pilihan motherboard Z370 yang jauh lebih mewah. Meskipun ia terhitung sederhana, namun ada banyak fitur yang bisa melengkapi semua kebutuhan anda, bahkan anda akan menyadari bahwa segala sesuatu bisa cukup mudah dan terhitung ideal dalam hal performa maupun dari bentuk desain.

Walaupun begitu, anda mungkin ada melihat beberapa kekurangan yang hadir seperti USB Type C, dukungan GPU yang terhitung terbatas, sebuah slot SSD M.2 dan sebagainya. Pilihan harga tampaknya menjadi salah satu faktor dari segala kekurangan tersebut, apalagi untuk menjaga harga tetap terjangkau, kadangkala produsen harus mengorbankan beberapa fitur terbaik, walaupun itu nyatanya merupakan sebuah mobo kelas high-end.

Namun dari segala semua kekurangan yang hadir, MSI Z370 Gaming Plus masih tetap menjadi pilihan terbaik jika anggaran memang menjadi kendala tersendiri untuk membangun sebuah Rig yang solid dalam hal kinerja, performa dan bentuk desain. Apalagi, pilihan motherboard ini sudah siap mendukung prosesor terbaru dari Intel generasi ke-8 Coffee Lake yang begitu mengesankan. Jadi, Motherboard ini layak untuk anda pertimbangkan sebagai pilihan yang paling ideal untuk urusan harga yang terjangkau dari seri motherboard Z370.

 Baca Juga :



Comments