Xiaomi Mi Notebook Air : Ultrabook Premium Berkualitas Dengan Pilihan Harga Termurah

Ultrabook dengan desain super tipis pada dasarnya memang hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang  serba cepat, fleksibel dan memiliki tingkat mobilitas tinggi. Sehingga, hadirnya notebook jenis ini layak untuk memenuhi berbagai pekerjaan mereka tanpa harus mengalami berbagai hal yang cukup rumit. Ketika pilihan ultrabook premium bisa hadir dengan cukup mahal, Anda yang sedang mencari notebook ini bisa cukup lega dengan kehadiran Mi Notebook Air dari Xiaomi pada harga yang jauh lebih murah dan cukup terjangkau. Selain harga yang ramah anggaran, notebook ini juga sebenarnya tidak kalah dalam hal kualitas dan performa yang dihadirkan. Mari kita lihat apa saja yang ditawarkan Ultrabook ini.

Xiaomi  pada dasarnya masih terhitung baru dalam dunia laptop, namun ia memiliki modal yang sangat baik untuk urusan kualitas barang yang ditawarkan, termasuk performa kinerja yang dihadirkan. Contohnya kita lihat pada jajaran smartphone dari mereka, produk ini sangat populer di negara kita dengan pilihan harga yang ramah anggaran, namun memiliki kualitas yang sangat baik. Inilah yang menjadi modal utama bagi Xiaomi dalam menghadirkan produk terbaru dengan bentuk mesin yang lebih besar, yakni Mi Notebook Air.

Dengan berbekal spesifikasi yang cukup baik, desain yang sempurna, serta fitur yang cukup lengkap, ultrabook ini layak untuk anda pertimbangkan ketika sedang mencari notebook premium yang fleksibel dengan pilihan harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan merk lainnya. Jadi, mari kita mulai sedikit lebih detail mengenai notebook ini.

Mi Notebook Air : Desain

Mi Notebook Air 13.3″ hadir dengan bentuk desain putih dan gading yang jauh lebih sempurna dan sangat baik untuk sebuah ultrabook. Sisi elegan dan keindahan yang dihadirkan notebook ini bahkan disempurnakan dengan bahan tubuh yang terbuat dari logam ringan. Ultrabook ini hadir dengan ukuran 309.6mm x 210.9mm, dengan tingkat ketebalan hanya sekitar 1.4 cm dan memiliki bobot tubuh 1.2 Kg. Dengan lapisan logam penuh, anda akan dihadirkan desain yang benar-benar biasa hadir pada ultrabook premium yang cukup mahal harganya.


Faktor desainlah yang menjadi sisi keunggulan ultrabook ini dengan desain yang begitu ramping, elegan, dan tentu saja mudah untuk dibawa kemana-mana tanpau harus mengalami beban yang cukup berat. Anda bahkan tidak akan merasa membawa sebuah laptop pada tas anda.

Ketika anda membuka tutup notebook ini, nampak kehadiran sebuah layar hitam 13.3″ dengan bezel yang hampir menuju ke tepi membuatnya tampak jauh lebih mempesona dengan ukuran layar yang tampak lebih besar dari ukuran sebenarnya. Selain itu, ia juga dilengkapi dengan perlindungan kaca tepi ke tepi dengan cakupan kaca meluas ke tepi layar dengan sebuah logo kecil ditengah-tengah bawah layar yang sederhana namun memiliki simbol yang superior.

Hamparan keyboard backlit yang serba putih juga melengkapi keindahan notebook ini, yang menjadikannya paduan yang sempurna antara layar hitam dengan warna putih sebagai background utamanya. Anda mungkin hanya akan menonton bentuk desainnya saja ketika anda membeli notebook ini pada awal, dan tidak akan pernah bosan untuk melihatnya.

SpesifikasiXiaomi Mi Notebook Air
HargaRp 10,999,000
ProsesorIntel Core i5-6200U up to 2.8 Ghz
RAM8GB DDR4 2133
GPUNVIDIA GeForce 940MX 1 GB DDR5
Display13.3" Full HD ultra high resolution
Storage256GB PCIe NVMe SSD
NetworkIntel Dual Band Wireless-AC 2x2 Network
Supports 2.4GHz and 5GHz dual-band WiFi
Supports 802.11ac network protocol; compatible with 802.11b/g/n
867Mbps max
Webcam1 megapixels camera HD Camera
AudioRealtek ALC255 with Custom AKG dual speakers
Battery40W (typ) ultra thin and light battery with 4-cell lithium ion battery 
PortUSB Type-C port, transfers up to 5Gb/s
USB 3.0 port X 2, transfers up to 5Gb/s per port
Full-sized HDMI port X 1
3.55 mm headphone jack
Dimensions & weightLength: 309.6mm, Width: 210.9mm, Thickness: 14.8mm
Weight: 1.28kg
Display opens up to 135°

Display

Mi Notebook Air memiliki ukuran display 13.3″ Full HD dengan resolusi maksimal 1920×1080 yang sangat baik. Kualitas display yang dihadirkannya pun memiliki sisi keunggulan lain, selain kehadiran bezel 5.59mm dengan perlindungan kaca yang sangat baik, ia juga memiliki panel IPS dengan tingkat pixel per inci (PPI) sekitar 166 ppi dengan tingkat kecerahan sekitar 300 nits. Sehingga, layar yang dihadirkan pada notebook ini cocok juga untuk pemakaian indoor dan outdoor.

Selain itu, ia juga memiliki sudut lebar alias viewing angle sekitar 170 derajat, teman anda mungkin masih bisa melihat jelas pada tingkat sudut yang berbeda. Untuk melengkapi kesempurnaan yang dihadirkan pada layar ini, produsen melengkapi rasio Kontras 800:1. Semakin tinggi tingkat rasio kontras maka layar yang dihadirkan bisa jauh lebih terang.

Konektivitas & Port

Untuk urusan konektivitas, Mi Notebook Air juga hadir dengan pilihan yang cukup lengkap. Untuk mendukung jaringan internet yang lebih baik, ia hadir dengan Intel Dual Band Wireless-AC 2×2 Network, dukungan WiFi dual-band 2.4GHz dan 5GHz,  dukungan protokol jaringan 802.11ac (kompatibel dengan 802.11b / g / n) dengan maksimal kecepatan bisa mencapai hingga 867Mbps.

Untuk urusan port, notebook ini juga lengkap dengan kehadiran Port USB Type-C yang berfungsi penuh dengan maksimum kecepatan transfer hingga 5Gb / s. Selain itu juga port jenis ini sudah mendukung pengisian baterai, transfer data, dan output video. Sedangkan pilihan port lainnya sudah ideal dengan hadirnya USB 3.0 x 2, Port HDMI x 1, dan tentu saja Jack headphone 3.55 mm. Selain itu, hadir pula pilihan Bluetooth 4.1 untuk teknologi nirkabel yang jauh lebih baik.

Mi Notebook Air : Spesifikasi Internal

Untuk melengkapi performa kinerja yang terbaik, notebook ini hadir dengan spesifikasi yang sudah cukup untuk memenuhi segala pekerjaan anda. Mi Notebook Air hadir dengan pilihan prosesor Intel Core i5 6200U Skylake generasi ke-6, RAM 8GB DDR4, GPU diskrit dari Nvidia Geforce GT 940MX  serta pilihan kapasitas storage hingga 256 GB SSD.

Prosesor

Untuk pilihan prosesor, tampaknya kita harus puas dengan kinerja yang dihadirkan pada prosesor Intel Skylake Core i5 6200U yang memiliki tingkat clockspeed sebesar 2.3 Ghz dan maksimal turbo boost hingga 2.8 Ghz. Prosesor ini sudah hadir cukup lama, namun masih ideal dan bisa diandalkan untuk beberapa tugas yang cukup menuntut.  Untuk melengkapi performanya, prosesor ini dilengkapi dengan jumlah cache sebesar 3mb dan jumlah thread 4serta dukungan memori hingga DDR4-2133. Walaupun bukan yang terbaik, ini sudah layak untuk memenuhi kebutuhan anda dalam hal komputasi sederhana.

Grafis

Sedangkan untuk pilihan grafis, ultrabook ini sudah hadir dengan pilihan grafis yang cukup kuat. Anda bisa melakukan berbagai pekerjaan grafis yang cukup menuntut, hanya sayangnya, ia tidak bisa terlalu diandalkan untuk kinerja gaming yang sesungguhnya. Itu karena kehadiran VRAM  GPU hanya sebesar 1 GB saja, walaupun sudah memiliki tipe memori DDR5. Tapi jangan khawatir, anda masih bisa melakukan kegiatan gaming casual dengan tingkat FPS yang lumayan, apalagi jika anda sering bermain game e-sport yang tidak terlalu menuntut seperti DOTA dengan pengaturan antara low hingga medium.

Keyboard & Touchpad

Notebook ini hadir dengan pilihan keyboard yang terhitung standar, walaupun ia memiliki ukuran penuh dengan tombol backlit individual. Antara kesenangan menulis dan pengalaman yang nyaman mungkin hadir pada pilihan keyboard ini, namun tidak ada keunggulan lain selain dari warna yang putih yang indah didalamnya.

Mi Notebook Air

Kemudian juga untuk urusan touchpad, dengan desain yang cukup lebar dan memiliki fungsi yang ideal. Ia hadir dengan jenis trackpad kaca yang mendukung kontrol kursor yang tepat dan gerakan multi-jari untuk memungkinkan segala sesuatu yang anda lakukan pad ajari anda melalui touchpad ini. Tidak ada keunggulan lain yang dihadirkan dan termasuk dalam ukuran rata-rata touchpad yang biasa hadir pada fitur ini.

Penyimpanan

Mi Notebook Air memiliki pilihan penyimpanan yang terbaik dengan hadirnya SSD dengan kapasitas 256gb . Pilihan penyimpanan ini bahkan memiliki tipe PCIe X NVMe yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan SSD biasa tanpa fitur NVMe. Hasilnya, proses transfer data bisa jauh lebih cepat dengan kecepatan baca maksimal hingga 1.5GB / s, apalagi anda juga bisa memperluas pilihan SSD dengan 1 slot lainnya yang tersedia.




Audio 

Untuk urusan audio, Mi Notebook Air memiliki fitur suara yang sudah cukup untuk memenuhi persyaratan. Walaupun bukan yang terbaik, namun ia sudah memiliki Realtek ALC255 dengan fitur Custom speaker dual AKG yang dilengkapi dengan 2Wx2 speaker profesional, dan mendukung fitur Dolby Advanced Audio. Ini tentunya cukup baik, namun jika anda menginginkan fitur suara yang lebih mengelegar dalam ruangan anda, tentu pilihan perangkat pihak ketiga yang jauh lebih baik akan memberi sesuatu yang bermanfaat.

Webcam

Bagaimana dengan webcam? Sebenarnya kehadiran webcam masih terhitung layak untuk kebutuhan sederhana anda. Kehadiran webcam dengan spesifikasi sebesar 1 megapixels camera, tangkapan layar HD 1280 x 720 untuk video calls juga sudah cukup. Hanya sayangnya, untuk urusan ini, kualitas layar yang dihadirkan jauh lebih rendah dengan pilihan webcam merk lainnya, apalagi jika anda berencana untuk streaming. Sebaiknya juga pilihan perangkat ketiga akan menjadi pilihan terbaik untuk pergi, namun jika anda hanya membutuhkan webcam untuk kegiatan biasa saja tanpa memperdulikan masalah kualitas, ia akan hadir baik-baik saja.

Baterai

Kehadiran baterai juga merupakan salah satu keunggulan notebook ini. Mi Notebook Air  hadir dengan pilihan baterai 40W (typ) dengan bentuk desain ultra tipis dan ringan. Baterai ini merupakan jenis baterai lithium ion 4 sel dengan tingkat kepadatan energi sampai 578Wh / L.

Anda bisa mendapatkan dukungan fitur fast charging yang cukup cepat, dengan hanya waktu 30 menit, anda bisa mencapai pengisian hingga 50%. Apalagi dukungan pengisian melalui USB Tipe-C tentu akan memberikan kemudahan tersendiri.

Notebook ini mampu bertahan hingga sekitar 7.5 jam untuk waktu video lokal dan browsing web. Dan itu sudah cukup layak sebagai salah satu yang ideal walaupun bukan yang terlama dalam hal urusan baterai. Apalagi jika anda melihat tawaran harga yang cukup menggiurkan, anda tentu tidak akan melihat merk lain jika memiliki melihat keunggulan yang ditawarkan pada laptop ini.

Kesimpulan

Kehadiran Xiaomi Mi Notebook Air seolah mengasumsikan bahwa anda tidak perlu ultrabook yang mahal untuk melengkapi segala kebutuhan anda, karena hadirnya notebook ini sangatlah ideal dengan segala fitur yang dihadirkan termasuk untuk urusan portabilitas dan desain yang sempurna. Disamping itu, kualitas yang dihadirkan pada notebook ini juga sangat baik dengan desain sepenuhnya terbuat dari logam ringan dan cukup kuat.

Namun, dari semua sisi sempurna yang dihadirkan, ada beberapa minus yang perlu anda perhatikan. Yang pertama tentu adalah pilihan prosesor Skylake, walaupun sudah cukup ideal, namun generasi terbaru dari Kaby Lake jauh lebih baik untuk memenuhi segala kebutuhan anda. Kemudian pilihan webcam tentu bukan yang terbaik, dengan kualitas sebesar 1 mb piksel tentu anda tidak bisa mengharapkan lebih dari sekedar videocall sederhana saja. Yang terakhir, dimana pilihan kensington lock saya? Pilihan keamanan hari ini harusnya lebih baik, tapi fitur sistem anti pencurian seharusnya ada pada laptop premium ini, atau mungkin saya lupa? saya cek lagi dan cek lagi, masih tidak melihat fitur ini.

Namun secara keseluruhan, Xiaomi Mi Notebook Air 13.3″ merupakan yang terbaik untuk anggaran anda. Dengan semua fitur premium yang biasa dihadirkan ultrabook kelas atas, anda akan memiliki hampir semua fitur tersebut pada notebook yang hanya memiliki harga kisaran 11 jutaan saja. Apalagi ia juga hadir dengan bentuk desain yang super tipis, ramping dan sangat ringan. Ini tentu sangat ideal bagi mereka yang membutuhkan sebuah notebook yang sangat fleksibel untuk semua kebutuhan anda dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Sumber referensi & gambar : www.mi.com



 Baca Juga :

Loading…

Comments