Facebook Hadirkan Fitur Baru Untuk Lawan Hoax

Facebook kini memiliki fitur baru yang akan memberikan manfaat bagi pengguna untuk bisa melawan penyebaran berita palsu dan viral hoax. Jika ada sebuah post pada Facebook yang ditemukan berulang kali berbagi cerita palsu, perusahaan akan melarang halaman tersebut beriklan di Facebook termasuk juga akan memblokirnya.

Perusahaan tersebut akan menggunakan organisasi pengecekan fakta pihak ketiga untuk menandai cerita yang salah. Berdasarkan peraturan Facebook, pengiklan sudah tidak diizinkan lagi menjalankan iklan yang memiliki pranala cerita palsu juga termasuk viral hoax, namun akan juga hadir update terbaru yang akan membawa beberapa fitur tambahan untuk bisa hadir selangkah lebih maju.

Dalam sebuah posting blog, perusahaan tersebut mengatakan bahwa hal ini akan menindaklanjuti  juga melawan halaman khusus yang menggunakan iklan Facebook yang tengah membangun khalayak ramai untuk bisa bisa menyebarkan berita palsu secara lebih luas. Upaya ini juga termasuk mereka yang memiliki tujuan untuk menjaga agar halaman berita palsu menghasilkan lebih banyak uang. Dengan hadirnya upaya dari Facebook untuk memberantas iklan palsu dan viral hoax yang sangat berbahaya, maka secara otomatis juga halaman yang menyebarkan berita ini secara tidak langsung hanya bisa berjalan pada satu tempat saja. Mereka akan berhenti berbagi cerita palsu, sehingga ini bisa sesuatu yang sangat baik bagi pengguna Facebook.

Sebagaimana kita tahu bahwa kehadiran berbagai berita palsu dan Hoax yang secara sistematis disebarkan melalui perorangan atau halaman khusus pada dasarnya sangat berbahaya bagi semua pihak, termasuk juga untuk negara. Seperti halnya yang terjadi baru-baru ini yang dilakukan oleh group atau pihak yang menamakan diri mereka sebagai Saracen. Mereka menjadikan Hoax dan berita palsu sebagai peluang bisnis yang bisa mencapai ratusan juta rupiah setiap bulannya. Ketika mereka membagikan berita buruk tentang seseorang atau perusahaan, mereka menikmati hasilnya dalam bentuk keuntungan yang luar biasa.

Ini harusnya juga menjadi momen penting bagi pengguna media sosial untuk selalu berhati-hati dalam berbagi sesuatu, selalu mengecek terlebih dahulu mengenai kebenarannya, fakta yang hadir sesungguhnya dan hal-hal lain yang perlu diketahui secara pasti, apalagi jika ini menyangkut dengan khalayak ramai. #AyoLawanHoax



 Baca Juga :

Loading…

Comments