AMD Threadripper Siap Hadir 10 Agustus Mendatang

AMD Threadripper Siap Hadir 10 Agustus Mendatang

AMD Threadripper akhirnya akan mendarat pada tanggal 10 Agustus mendatang dan mulai tanggal 1 agustus kemarin pre-order sebenarnya sudah dibuka. Prosesor terbaru seri high-end dari AMD ini akan melengkapi semua barisan termasuk beberapa rincian tambahan mengenai salah satu prosesor yang sebelumnya tidak diumumkan, kit aksesori baru, dan frekuensi XFR Threadripper dan TDP.

Jika melihat kembali jejak rekam mikroarsitektur Zen yang pertama kali tersedia pada awal Maret, ini telah benar-benar merevitalisasi jajaran prosesor perusahaan. Desainnya ini bisa diimbangi antara kekuatan dengan sisi harga, bahkan perusahaan tersebut akan menghadirkan model ponsel berkekuatan rendah ke pusat data bertenaga tinggi. Jadi tampaknya hanya masalah waktu saja sebelum AMD memperluas serangannya ke benteng desktop high end untuk Apple.

Ryzen Threadripper 1950X tampaknya akan dipilih sebagai seri tertinggi dengan jumlah muatan 16 core dan 32 benang, dan arsitektur Zen ini memiliki banyak pilihan konektivitas PCIe untuk keseluruhan lineup. Lebih penting lagi, Threadripper telah menetapkan panggung harga untuk dengan model unggulan 16-core dinilai seharga $ 999 atau kisaran 13.5 jutaan.

Harga yang lebih rendah dan segmentasi yang kurang adalah musik yang sangat berarti untuk pendengar setia mereka atau pelanggan yang benar-benar baru, namun kita masih memiliki banyak kesempatan untuk mengeksplorasi dalam hal kinerja. Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang kami ketahui hingga sekarang.

Lineup

SpesifikasiThreadripper 1950XThreadripper 1920XThreadripper 1900X
Interface/ChisetTR4 / X399TR4 / X399TR4 / X399
Cores/Threads16/3212/248/16
TDP180W 180W180W
Base Frequency (GHz)3.4 3.5 3.8 
Boost Frequency (GHz)4.0 (4.2 XFR)4.0 (4.2 XFR)4.0 (4.2 XFR)
L3 cache (L2+L3)40 MB38 MB20 MB
Memory SupportDDR4-2667DDR4-2667DDR4-2667
Memory ControllerQuad ChannelQuad ChannelQuad Channel
Unlocked MultiplierYesYesYes
PCIe Lanes646464
Harga (dalam Dollar)$999$799$549

AMD tampaknya menargetkan jajaran Threadripper untuk pengembang perangkat lunak, insinyur video / audio, dan tentu saja gamer tingkat tingga, terutama mereka yang melakukan pekerjaan streaming atau multitask dengan beban yang sangat berat. Rangkaian Ryzen 7 yang sudah hadir sebelumnya lebih kompetitif dalam membahas spektrum aplikasi profesional yang lebih rendah, dimana memori dual-channel membatasi jangkauannya. Sehingga, untuk melengkapi dan menyempurnakan kekurangan Ryzen 7, Threadripper hadir dengan pengontrol memori quad-channel, dimana ia menyediakan memori yang cukup untuk menangani aplikasi profesional yang jauh lebih berat. Dan ketika kita melontar pada slot PCIe, ia hadir dengan fitur yang gemuk serta menyediakan banyak port penyimpanan NVMe, selain itu juga mendukung hingga empat GPU untuk komputasi heterogen.

AMD Threadripper
Lisa Su, CEO AMD bersama AMD Threadripper




AMD Ryzen Threadripper akan memiliki 3 model, dimana salah satunya merupakan seri yang sebelumnya tidak diumumkan. Untuk yang tertinggi ada Threadripper 1950X dengan tag harga 13.5 jutaan, ia memiliki kekuatan 16C / 32T yang sangat mengganggu. Lalu ada pula 1920X dengan kisaran harga $ 799 atau sekitar 11 jutaan, ia akan menanggung kekuatan 12C / 24T dengan base clock yang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan 1950X. Sedangkan yang terakhir hadir sisi terendah pada barisan prosesor ini, yakni 1900X dengan tag harga sebesar $549 atau sekitar 7.5 jutaan dengan kekuatan 8C /16. Mungkin ia mirip dengan Ryen 7 1800X, namun memiliki fitur pembeda yang sebenarnya jauh lebih besar, seperti dukungan quad channel memori, XFR yang lebih besar serta PCIE Lane hingga 64.

AMD juga menyediakan slide yang menggambarkan keuntungan sumber daya Threadripper jika dibandingkan dengan jajaran prosesor Intel. Secara keseluruhan, inti AMD, cache, dan keunggulan PCIe memang sangat mengesankan. Meski faktor ini tidak selalu menyamai untuk performa yang lebih baik, mereka pasti setidaknya bisa menata fondasi yang kuat. AMD juga mengingatkan kita bahwa ia mendedikasikan empat jalur 64 PCI Threadripper ke chipset X399.

Jadi, jika anda benar-benar menunggu kehadiran prosesor ini untuk pilihan upgrade tertinggi, tunggu saja kehadiran Threadripper pada tanggal 10 agustus mendatang. Mungkin kita akan menunggu lebih lama untuk bisa sampai ke negara tercinta ini.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com