Konsumen Tampaknya Perlu Memiliki Mobo Baru Pada Intel Coffee Lake

Konsumen Tampaknya Perlu Memiliki Mobo Baru Pada Intel Coffee Lake

Jika anda berencana untuk mengupgrade CPU anda dengan prosesor Intel Coffee Lake tahun ini, tampaknya anda harus membeli motherboard terbaru untuk hal tersebut. Padahal, rumor yang beredar sebelumnya mengatakan bahwa pengguna tidak harus mengupgrade mobo dengan chipset seri 200 bisa atau compatible dengan Coffe Lake. Berita ini cukup mengejutkan, apalagi dikonfirmasi oleh salah satu vendor rekanan Intel, Asrock lewat media twitter-nya.

Ya, ASRock men-tweet dari akun resminya, sebagai tanggapan atas permintaan pengguna bahwa prosesor Coffe Lake yang akan diluncurkan Intel tidak akan bekerja dengan motherboard seri 200 yang ada. Dan itu juga dipastikan oleh situs tomshardware yang berbicara langsung dengan perwakilan ASRock. Jadi nampaknya anda harus membeli motherboard baru untuk mendukung Intel generasi ke-8 ini..

Intel’s tampaknya memiliki irama yang tidak pasti, ketika disatu sisi ia mampu membahagiakan penggemarnya dengan kemampuan berbagai prosesor terbaik yang dimiliki mereka, namun disisi lain mereka “seolah” tidak konsisten dengan terlalu banyak memberikan solusi yang dihadirkan pada jajaran prosesornya (apalagi hadirnya chipset yang semakin bertambah).  Itu berarti kita akan melihat beberapa desain baru berdasarkan setiap langkah pada tangga litografi. Itu berlanjut dengan prosesor Coffee Lake yang akan diluncurkan pada proses 14nm ++. Revisi ketiga dari proses teknologi Intel 14nm ini juga konon membawa lebih banyak core untuk ditanggung;, tentunya ini bisa dilihat sebagai respon juga sebagai langkah upgrade yang diperlukan untuk menangkis persaingan Ryzen dari AMD.

Hadirnya chip Coffee Lake kedelapan di klaim akan memiliki kinerja 30% lebih banyak dari prosesor Kaby Lake generasi ketujuh. Intel menurunkan metrik kinerjanya dari tolok ukur pra-silikon, yang berarti biasanya memiliki margin of error sangat besar. Perusahaan juga membandingkan Coffee Lake dengan prosesor generasi sebelumnya dengan lebih sedikit benang, sehingga sebagian besar perbaikan mungkin tidak berasal dari peningkatan IPC / arsitektural yang signifikan.

Lebih banyak core dan performa pada dasarnya sangat bagus, tapi alasan untuk mengupgrade ke motherboard yang lebih baru tentunya perlu dipertanyakan, seperti yang telah kita lihat pada  X299. Kami mengharapkan fitur baru untuk memacu siklus penyegaran, seperti PCIe 4.0, namun perubahan radikal jarang terjadi. Kami belum melihat indikasi bahwa prosesor Coffe Lake mendukung spesifikasi PCIe 4.0 yang terlambat atau teknologi jagoan baru lainnya (mungkin saja bisa berubah.

Berbeda halnya disisi lain, mengingat komitmen AMD untuk mendukung Socket AM4 untuk semua prosesor sampai tahun 2020. Itu sama dengan upgrade yang lebih mudah dan lebih murah di masa depan, yang mungkin sangat penting bagi mereka yang berada di pasar upgrade ketika Intel Coffee Lake akhirnya hadir di penghujung tahun ini. Nampaknya prosesor Intel Coffee Lake tidak akan bekerja dengan motherboard Z170 dan Z270. Dan apa artinya itu bagimu? Nah, jika Anda berencana untuk melangkah ke prosesor enam inti tersebut, anda harus membeli motherboard baru, dan mungkin juga pendingin baru.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com